Manfaat Madu Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Terdapat banyak sekali manfaat madu yang memang sudah dikenal sejak dulu oleh nenek moyang kita, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Hal tersebut karena kandungan nutrisi, enzim, sifat antibakteri dan juga antiseptik madu yang terbukti sangat ampuh.

15-Manfaat-Madu-Untuk-Kecantikan-Wajah-Bibir-Dan-Kesehatan

Perlu Anda ketahui bahwa satu sendok madu mengandung sekitar 64 kalori dan tidak mengandung lemak atau kolesterol sama sekali. Terdapat juga kandungan vitamin B2, B3, B5, B6, B9, Vitamin C, karbohidrat, gula, protein, riboflavon, air, kalsium, asam pantotenat serta kalium.

Madu memiliki rasa manis yang sangat khas, meski manis namun kandungan gula di dalamnya tidak akan memberikan dampak buruk untuk tubuh Anda. Bahkan bagi Anda penderita diabetes tidak perlu khawatir penyakit Anda semakin parah.

Konsumsi makanan yang mengandung prebiotik alami seperti madu, ternyata dapat meningkatkan populasi bakteri ini sehingga dapat memberikan efek menguntungkan bagi kesehatan. Selain itu, madu juga memiliki efek memperlambat pengosongan lambung Anda. Hal ini membuat madu sering kali digunakan untuk terapi pengobatan dan pencegahan penyakit maag atau asam lambung.

Berikut beberapa manfaat madu yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan sebagai berikut :

  • Mencegah kanker dan penyakit jantung

Hal ini karena madu mengandung falvonoid. Kandungan inilah yang sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko berkembangnya sel kanker yang ada di dalam tubuh serta terkena penyakit jantung.

  • Meringankan alergi

Madu memiliki sifat antiinflamasi yang mampu membantu mengurangi gejala alergi seperti anafilaksis. Dalam hal ini madu bertindak sebagai vaksin karena mengandung sedikit serbuk sari. Anda bisa mengonsumsi madu minimal satu sendok teh setiap harinya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda terhadap serangan alergi.

  • Menjaga daya ingat

Antioksidan dalam madu dapat memberi asupan yang dibutuhkan sel-sel otak untuk berkembang. Fakta lain mengenai daya ingat, terdapat penelitian yang menunjukan bahwa dengan mengonsumsi satu sendok madu setiap hari dapat membantu menjaga kekuatan ingatan wanita pasca menopouse.

  • Meningkatkan energi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, madu mengandung 64 kalori per satu sendok makan. Karena itu banyak orang yang memanfaatkan madu sebagai sumber energi dikala mereka membutuhkan asupan energi secepat mungkin.

  • Obat batuk alami

Senyawa dekstrometirfan dalam madu ternyata dapat menenangkan batuk yang menyiksa Anda. Bahkan ketika Anda terus mengalami gejala batuk akibat penyakit tbc Anda. Dengan meminum madu maka batuk Anda akan hilang bahkan dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

  • Ampuh menghilangkan luka

Madu ternyata dapat membantu penyembuhan luka. Ini karena madu mengandung efek antibakteri dan antiseptik berkat kandungan hidrogen peroksida. Selain itu, pH madu yang bersifat asam (antara 3,2-4,5) dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Madu juga memiliki efek antiradang dan kemampuan untuk menyamarkan bekas luka. Hal ini karena madu memiliki kemampuan untuk mempercepat perbaikan pada pembuluh darah (karena terjadi kerusakan pada pembuluh darah saat luka), membantu mempercepat pertumbuhan lapisan kulit yang mengalami kerusakan, meningkatkan kolagen yang sangat baik untuk membantu perbaikan kulit, serta mencegah bekas luka dan keloid.

  • Mencegah rendahnya jumlah sel putih

Dalam satu percobaan kecil, 40 persen pasien kanker yang diketahui berada pada risiko neutropenia (jumlah darah sangat rendah) tidak memiliki penurunan sel lebih lanjut dari kondisi kemoterapi ini setelah mengkonsumsi dua sendok teh madu setiap hari selama kemoterapi.

  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Madu dipercaya sebagai salah satu sumber makanan penting untuk menjaga metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan madu merupakan salah satu makanan yang sangat kaya akan nutrisi sehat seperti vitamin, mineral, dan berbagai gizi lainnya.

  • Merawat kulit agar awet muda

Adanya radikal bebas akan membuat terjadinya gangguan pada sel-sel tubuh dan mengakibatkan penuaan pada kulit. Kandungan antioksidan pada madu mampu menangkal radikal bebas tersebut dan mencegah berbagai gangguan yang disebabkan oleh radikal bebas, termasuk penuaan dini.

Selain beberapa manfaat diatas, ada beberapa manfaat lain dari madu untuk kecantikan wajah, diantaranya :

  1. Mengatasi jerawat dan komedo
  2. Menghilangkan flek hitam
  3. Mengecilkan pori pori wajah
  4. Membuat kulit wajah tampak bersinar dan berseri-seri
  5. Membuat kulit wajah lebih halus
  6. Membersihkan kulit wajah dari radikal bebas

Untuk mendapatkan semua manfaat madu untuk wajah dan kecantikan di atas cukup mudah. Gunakan madu sebagai masker setiap hari baik untuk masker wajah maupun lulur tubuh. Lakukan dengan rutin dan rasakan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *