Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

10-Makanan-Yang-Mengandung-Protein-Tinggi-Dan-Rendah-Lemak

Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk membantu proses pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan organ tubuh. Protein juga merupakan jenis molekul yang paling banyak dalam tubuh selain air.

Ada banyak di sekitar kita yang menjadi sumber protein tinggi dan baik untuk dikonsumsi khususnya untuk Anda yang menjalankan program diet. Protein akan membantu tubuh untuk membantu otot secara sempurna dan berbagai kegunaan lainnya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Berikut beberapa makanan yang mengandung protein tinggi serta rendah lemak, diantaranya :

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan dengan sumber protein tinggi dan sangat baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet atau membentuk otot tubuh. Berbagai kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi diantaranya tahu, tempe, kacang kedelai, kacang merah, kacang polong, kacang hijau, dan beberapa kacang lainnya.

  • Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan protein berkualitas tinggi, lemak sehat dan juga mengandung nurisi penting lainnya. Salmon juga kaya akan lemak omega 3 yang telah terbukti membantu mengurangi pearadangan dan dikenal memainkan peran penting dalam obesitas.

  • Daging ayam tanpa kulit

Daging ayam adalah salah satu makanan yang mengandung protein rendah lemak. Anda bisa mengolah daging ayam tanpa kulit dengan cara dipanggang, ditumis, atau dengan cara dimasak yang sehat lainnya (tidak digoreng).

  • Telur

Protein lebih banyak terdapat dalam kuning telur. Jika anda hanya mengonsumsi putih telur nya maka anda hanya mendapatkan sebagian proteinnnya saja. Selain protein telur juga mengandung asam amino esensial yang diperlukan tubuh.

  • Susu

Susu terkenal dengan kandungan protein, kalsium dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang. Sayangnya, selain kandungan di atas susu juga terkenal dengan kandungan lemak yang banyak, terutama pada susu murni. Jika Anda ingin mengonsumsi susu, tetapi takut dengan lemak nya, Anda bisa mengonsumsi susu UHT yang rendah lemak tinggi kalsium.

  • Greek Yogurt

Greek yogurt atau yogurt ala Yunani memiliki protein dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan yogurt biasa. Bakteri baik di dalam probiotik membantu meningkatkan sistem imun, dan yang paling penting dapat membantu menurunkan berat badan dengan memperbaiki metabolisme.

  • Bayam

Tidak hanya banyak mengandung protein, bayam juga mengandung vitamin A dan C, antioksidan, folid acid. Dan juga merupakan sumber kalsium yang bagus untuk zat besi dan magnesium.

  • Daging sapi tanpa gajih

Daging sapi yang termasuk dengan makanan protein rendah lemak adalah bagian daging sirloin, yang hanya terdiri dari dagingnya saja.

  • Buah alpukat

Buah alpukat menyediakan 5 gram protein per 8 ons. Buah alpukat juga mengandung serat yang bisa digunakan untuk menunda rasa lapar.

  • Jagung manis

Selain protein yang cukup banyak, jagung manis mengandung vitamin B kompleks dan menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Anda bisa menyajikannya dengan membuat sup jagung manis.

Itulah beberapa makanan yang mengandung protein tinggi namun juga rendah lemak. Makanan diatas bisa Anda konsumsi sebagai pendukung program diet. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *