Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat-Makan-Pisang-Setiap-Hari-Bagi-Kesehatan-&-Kecantikan

Selain mudah diperoleh, ternyata pisang memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh Anda. Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui jika pisang ternyata sangat kaya akan manfaatnya.

Buah pisang kaya akan kalsium, magnesium, zat besi dan zinc tapi juga tinggi kandungan gulanya. Saat memilih pisang, perhatikan kulitnya. Waktu terbaik untuk mengonsumsi pisang adalah ketika belum muncul bintik-bintik hitam atau kecokelatan.

Ketika baru matang, pisang tinggi akan karbohidrat. Tapi jika terlalu matang, karbohidrat berubah menjadi gula. Semakin matang dan lembek, jumlah karbohidrat dan kalorinya tetap sama namun mengandung gula lebih banyak.

Pisang yang baru matang dengan kondisi kulit masih bersih mengandung karbohidrat sehat yang memperlambat proses pencernaan. Ketika lambat dicerna, maka perut akan terasa kenyang lebih lama sehingga mencegah Anda mengasup kalori berlebihan.

Berikut beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan diantaranya :

1. Melancarkan pencernaan

Kandungan pektin buah pisang dapat menekan asam dalam saluran pencernaan, membantu proses peleburan makanan, mencegah sembelit, serta dapat mengurangi perasaan mulas. Pektin tersebut merupakan salah satu senyawa yang mengandung serat tinggi.

2. Menjaga kesehatan jantung

Satu pisang berisi 467 mg kalium, sangat baik dalam memberikan perlindungan kuat dari kardiovaskular. Selain manfaat ini, konsumsi rutin kalium dapat membantu dalam menstabilkan terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi, mencegah penyakit aterosklerosis dan stroke.

3. Memperbaik pertumbuhan tulang

Meskipun pisang tidak mengandung jumlah kalsium tinggu, ia dapat memberikan fructooligosaccharide melimpah. Fructooligosaccharides mampu meningkatkan tubuh dalam menyerap kalsium yang sangat baik bagi pertumbuhan tulang dan mencegah pengapuran tulang.

4. Memulihkan fungsi saraf

Fungsi saraf seseorang pun dapat dijaga kesehatannya dan dikembalikan keefektifannya dengan mengkonsumsi pisang. Saraf saraf yang rusak atau kondisi urat kejepit dapat diperbaiki dengan fungsi dari vitamin B yang ada dalam pisang.

5. Mencegah penyakit diabetes

Pisang dapat mencegah penyakit ini karena kandungan vitamin B-6 di dalamnya. Oleh sebab itu, konsumsilah pisang dengan rutin sebagai upaya pencegahan diabetes tipe II.

6. Menghaluskan kulit wajah

Anda dapat mengembalikan kehalusan kulit wajah Anda dengan menggunakan khasiat dari pisang. Konsumsilah pisang dengan rutin karena vitaminnya yang baik untuk kulit Anda.

7. Mengobati kutil dan penyakit kulit lain

Penyakit kutil dan kulit lainnya seperti kadas, kurap dan scabies ternyata juga dapat ditangani dengan menggunakan khasiat dari pisang. Konsumsilah pisang setiap hari untuk memastikan berbagai penyakit kulit Anda dapat diobati dengan mudah. Kulit Anda pun dapat kembali sehat.

8. Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin

Pertumbuhan dan perkembangan janin juga ternyata dapat didukung dengan kandungan makanan yang terdapat dalam pisang. Ibu hamil kemudian disarankan untuk dapat rutin mengonsumsi pisang ini. Pisang dapat membantu pembentukan sel sel tubuh bayi, sehingga bayi pun dapat terlahir lengkap dengan seluruh organnya.

9. Meningkatkan kadar glukosa saat program diet

Program diet merupakan upaya untuk mengurangi berat badan dengan mengurangi konsumsi makanan. Sayangnya, walau mengurangi konsumsi makanan glukosa tetap dibutuhkan oleh tubuh beraktivitas. Seseorang dapat mengonsumsi pisang untuk meningkatkan kadar glukosa tanpa membuat tubuh gemuk karena kalori dan lemak.

10. Mengobati rasa nyeri saat haid

Manfaat pisang lainnya yaitu efektif dalam meredakan dan menyembuhkan nyeri haid . Oleh sebab itu Anda dapat mengonsumsi pisang saat masa haid berlangsung.

11. Meningkatkan kecerdasan otak

Pisang diketahui memiliki kalium yang sangat baik untuk kecerdasan otak. Oleh karena itu, seringkali sebelum ujian anak-anak diberikan konsumsi pisang. Mengonsumsi pisang anak-anak menjadi lebih mudah mempelajari materi dan kapasitas otak pun terasa menjadi lebih pintar dari sebelumnya.

12. Meningkatkan jumlah hormon testosteron

Hormon testosteron diketahui sangat penting untuk mendukung kualitas seksualitas seseorang. Anda dapat meningkatkan jumlah hormon testosteron pada pria dengan mengonsumsi pisang. Konsumsi pisang ini pun diketahui mampu meningkatkan vitalitas pria dengan baik dan bermanfaat.

13. Mengobati penyakit maag

Penyakit maag merupakan penyakit pada lambung yang disebabkan meningkatnya zat asam lambung. Anda dapat memanfaatkan pisang untuk mengatasi kondisi ini. Konsumsi pisang diketahui mampu untuk mengurangi zat asam dalam lambung ini, sehingga sangat efektif dalam membantu menyembuhkan maag kronis dengan lebih mudah.

14. Menghilangkan jerawat di wajah

Jerawat di wajah timbul akibat pengaruh kotoran dan kandungan minyak berlebih. Anda dapat menghilangkan jerawat dengan mengkonsumsi pisang setiap hari. Hal ini dilakukan untuk membantu jerawat lebih mudah hilang dan tidak muncul kembali.

15. Mengatasi anemia

Anemia merupakan penyakit kekurangan darah yang dpaat diatasi dengan konsumsi pisang secara rutin. Pisang memiliki kandungan yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan membantu proses pembentukan sel darah merah. Tubuh pun kemudian dapat terbebas dari kekurangan sel darah merah seperti penderita anemia.

Namun bukan berarti Anda harus banyak makan pisang setiap hari, karena jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan efek yang cukup berbahaya seperti migrain, kelebihan kalium, sembelit dan ketidakseimbangan hormon.

Bagi Anda yang memiliki riwayat kesehatan tertentu, seperti masalah ginjal, gula darah tinggi, alergi, dan lainnya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter tentang boleh tidaknya konsumsi pisang apalagi setiap hari. Bila diperbolehkan, maka ketahui juga porsi yang tepat supaya tak mengancam kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *