Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat

10-Manfaat-Bawang-Putih-Untuk-Jerawat-Efektif-Dalam-1-Malam

Jerawat merupakan salah satu permasalahan wajah yang paling tidak disukai. Karena selain dapat menganggu penampilan juga dapat meninggalkan bekas noda hitam di wajah yang cukup lama. Banyak cara menghilangkan jerawat salah satunya dengan menggunakan manfaat dari bawang putih.

Perlu Anda ketahui, ternyata kandungan senyawa aktif dalam bawang putih mampu mempercepat proses keluarnya jerawat. Dengan menggunakan bawang putih, maka bakteri penyebab jerawat akan mati dan jerawat cepat sembuh. Sehingga tidak ada lagi bakteri yang mampu menyebar dan memicuh tumbuhnya jerawat di daerah lain.

Lalu bagaimana cara mengolah bawang putih untuk menghilangkan jerawat dalam 1 malam ?

  1. Anda bisa menyiapkan 1 siung bawang putih dan ditumbuk sampai halus
  2. Kemudian oleskan bawang putih tipis tipis ke jerawat
  3. Diamkan selama 5-10 menit
  4. Jika kulit terasa panas maka segera bilas dengan air sampai bersih.

Anda bisa mencoba cara diatas namun tidak dilakukan dengan rutin. Sebaiknya perhatikan dulu jenis kulit Anda.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan & Kecantikan Lainnya

  • Mengurangi gula darah

Bawang putih ternyata bisa menurunkan kadar trigliserida tinggi pada tubuh dan kadar tinggi glukosa dalam darah. Bawang putih mengandung berbagai kandungan kompleks seperti allicin yang bisa mencegah kadar gula darah meningkat.

  • Membantu mengobati anemia

Untuk penderita anemia kandungan bawang putih bisa memberikan nutrisi seperti vitamin B1, Vitamin C dan khususnya zat besi yang memang bisa mengurangi penderita anemia mengalami penurunan tekanan darah kambuhan.

  • Melancarkan pencernaan

Kandungan allicin pada bawang putih ternyata bisa meredakan perut yang menghasilkan enzim yang membuat tubuh nyeri dan juga kembung. Selain itu, allicin pada bawang putih bisa merangsang dinding perut dan usus sehingga dapat mencegah  bab yang keras.

  • Obat untuk sakit pernafasan

Di daerah china dan yunani bawang putih dipercaya sebagai obat yang bisa meredakan sakit pernafasan khususnya bronkitis dan asma . Di daerah china dan yunani bawang putih dipercaya sebagai obat yang bisa meredakan sakit pernafasan khususnya bronkitis dan asma.

  • Mencegah dan menyembuhkan flu

Bawang putih mengandung bahan yang berguna sebagai antibakteri , anti jamur dan anti virus. Dengan begitu konsumsi bawang putih secara rutin, maka anda akan segar kembali dan virus influenza akan menghilang.

  • Mengobati sakit gigi

Sifat antibakteri pada bawang putih akan bekerja dan membunuh bakteri penyebab sakit gigi . Anda bisa memotong kecil bawang putih dan menyelipkannya pada gigi yang bolong atau berkumur dengan menggunakan air rebusan bawang putih.

  • Mengobati maag

Penelitian menunjukan bahwa kandungan senyawa dalam bawang putih dapat melawan gas dalam lambung yang meningkat, mengobati maag kronis, serta menyembuhkan infeksi lambung.

Itulah informasi mengenai manfaat bawang putih untuk jerawat meradang dan kesehatan lainnya. Hati-hati dalam menggunakan bawang putih untuk mengobati jerawat anda karena efek sampingnya dapat membuat kulit wajah panas seperti terbakar terutama untuk yang mempunyai kulit sensitif. Jika terjadi iritasi sebaiknya hentikan pemakaian.

Tips Mencegah Efek Samping Akibat Bawang Putih

Dikarenakan kandungannya yang tidak biasa, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari bahaya akibat penggunaan bawang putih. Diantaranya yaitu :

  • Mengenali jenis kulit
  • Mencoba di bagian kulit lain dulu seperti telinga
  • Hanya menggunakan sarinya saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *