Bahaya Makan Apel Berlebihan

Waspadai-5-Bahaya-Makan-Apel-Berlebihan-Setiap-Hari

Buah apel memang mengandung banyak manfaat yang dapat menyehatkan tubuh. Meskipun menyehatkan, sangat tidak dianjurkan mengonsumsi apel dalam jumlah besar pada satu waktu saja. Dampak negatif dari kebiasaan makan apel secara berlebihan ternyata dapat memicu masalah kesehatan.

Memang sudah banyak penelitian yang menunjukan bahwa buah apel, mulai dari kulit sampai daging buahnya banyak mengandung zat-zat yang baik bagi tubuh kita.

Kandungan yang terdapat dalam kulit apel mengandung zat fitomia yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker usus. Kandungan yang terdapat di dalam daging apel mengandung banyak flavonoid dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya. Zat ini bisa menghambat dan mencegah berkembangnya sel kanker paru-paru, menyembuhkan radang prostat , serangan jantung hingga stroke.

Sedangkat manfaat apel untuk kecantikan adalah mampu mencegah keriput dan penuaan. Ini karena zat fitomia yang terdapat pada kulit apel dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan pembuluh darah.

Disamping memiliki banyak khasiat dan manfaat pada tubuh, apel juga memiliki efek samping buruk. Apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak sesuai aturan. Berikut beberapa bahaya terlalu banyak makan buah apel , diantaranya :

  • Dapat merusak gigi

Kandungan asam dalam apel dapat merusak gigi, apalagi jika Anda terlalu lama mengunyahnya. Efek samping buah apel pada kesehatan gigi ternyata menunjukkan peningkatan empat kali lebih besar dibandingkan minuman bersoda.

  • Tidak baik untuk penderita diabetes

Buah apel memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi oleh penderita diabetes tentu sangatlah tidak baik, malah bisa memperburuk keadaan. Untuk itu hindari konsumsi buah apel jika Anda menderita penyakit diabetes.

  • Gangguan pencernaan

Ternyata konsumsi apel dalam jumlah besar dapat menyebabkan susah buang air besar alias sembelit. Jika Anda tidak minum cukup air, serat makanan akan menyerap semua kelembaban di usus besar Anda. Kondisi inilah yang akan membuat Anda susah BAB.

Itulah beberapa efek samping buah apel jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun, jangan biarkan efek samping tersebut menakut-nakuti Anda dari makan apel. Satusatunya hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga jumlah konsumsi buah apel yang Anda makan agar tidak menjadi berlebihan.

Mengonsumsi apel saat bangun tidur atau menjadi camilan menuju siang akan sangat baik. Dengan cara tersebut manfaat apel yang baik bagi pencernaan, nutrisi, diet, dan kehalusan kulit akan didapat.

Sebaiknya hindari waktu malam, sebab akan memberikan efek yang berkebalikan. Apel yang dikonsumsi malam hari mengganggu fungsi usus sebab menghasilkan gas yang akan membuat waktu istirahat tidak nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *