Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kecantikan

Daun mengkudu memang sudah banyak dikenal orang dan dipercaya sebagai tanaman yang kaya manfaat terutama untuk permasalahan kesehatan. Tidak hanya itu daun mengkudu juga bagus untuk kecantikan dan kesehatan kulit Anda.

15-Manfaat-Daun-Mengkudu-Untuk-Kecantikan-Dan-Kesehatan

Daun tanaman yang memiliki nama latin Bancudus Latifolia Rumph ini mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi serta berbagai enzim, vitamin A, selenium dan nutrisi lainnya. Maka tidak heran jika tanaman mengkudu baik buah dan daunnya dikenal baik sebagai obat herbal alami yang efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit, baik penyakit ringan, hingga penyakit yang berbahaya bahkan yang berpotensi mengakibatkan kematian.

Berikut beberapa manfaat daun mengkudu secara umum untuk kesehatan tubuh, kulit dan kecantikan, diantaranya yaitu :

1. Membantu menyembuhkan ambeien

Daun mengkudu mengandung vitamin A yang cuku banyak dan mampu mengempiskan ambeien yang membengkak. Rebus dua lembar daun mengkudu dengan dua gelas air, setelah mendidih dan didinginkan rebusan minuman diminum untuk dua kali.

2. Menjaga kesehatan kulit

Dengan rajin mengonsumsi rebusan daun mengkudu, maka Anda akan memiliki kulit yang sehat. Karena daun mengkudu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat menjadikan kulit Anda lebih sehat, kenyal dan awet muda serta mencegah penuaan dini.

3. Melancarkan peredaran darah

Kandungan scopoletin dan fitonutiren dalam daun ini sangat bermanfaat bagi kelancaran peredaran darah. Sehingga saluran pembuluh darah tidak akan mengalami penyempitan.

4. Mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur

Terlambatnya siklus menstruasi atau haid berkepanjangan merupakan pertanda bahwa Anda mengalami suatu masalah kesehatan. Jika hal tersebut terjadi, salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun mengkudu.

5. Mencegah stroke

Kandungan antioksidan dan anti infalamasi dalam buah mengkudu sangat berguna bagi pencegahan penyakit stroke. Mengonsumsi air rebusan daun mengkudu secara rutin dapat menghindari pembengkakan pada pembuluh darah, dan resiko stroke akan terminimalisir.

6. Mencegah penyakit kanker

Daun mengkudu mengandung anti kanker yang berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Dan bagi yang sudah terinfeksi maka meminum ramuan ini pun bisa membantu proses pengobatan.

7. Mencegah dan Mengatasi Peradangan

Kandungan anti inflamasi dalam daun mengkudu bisa digunakan untuk mengatasi dan menyembuhkan radang paru-paru, radang sendi, radang usus dan jenis peradangan lainnya.

8. Mencegah terjadinya aterosklerosis

Aterosklerosis merupakan salah satu gangguan yang disebabkan menyempitnya pembuluh nadi. Gangguan ini jika tidak segera diatasi akan berdampak buruk terhadap kesehatan dan memicu terjadinya penyakit jantung koroner.

Manfaat daun mengkudu lainnya yaitu :

  • Mengatasi mual
  • Mengatasi alergi
  • Mengeluarkan racun dalam tubuh
  • Melancarkan pencernaan
  • Membantu menyembuhkan gagal ginjal
  • Menguatkan tulang

Itulah beberapa manfaat daun mengkudu yang bisa Anda peroleh. Namun hati-hati jika Anda memiliki alergi terhadap daun mengkudu, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *