Bahaya Amandel Kronis

bahaya-amandel-kronis

Amandel yang bengkak memang dapat menganggu, terlebih pada saat menelan makanan, tenggorokan akan terasa sakit dan nafsu makan menjadi berkurang. Kondisi ini jelas tidak boleh disepelekan, karena bisa bertambah parah dan masuk dalam tahap kronis.

Pada penyakit amandel kronis, penderita akan mengalami gangguan amandel terlalu sering bahkan bisa sebanyak 5 kali dalam setahun. Tanda atau gejala yang biasanya dirasakan adalah :

  1. Amandel mengalami pembengkakan
  2. Timbul bercak putih pada amandel
  3. Sakit tenggorokan
  4. Sakit perut
  5. Leher terasa kaku
  6. Nafas berbunyi saat tidur

Hampir sebagian besar kasus amandel dikarenakan faktor makanan. Seperti akibat pola makan yang tidak sehat, banyak mengonsumsi makanan pedas, makanan berlemak atau gorengan dan makanan dengan kandungan garam yang tinggi.

Jika Anda atau keluarga ada yang menderita amandel sebaiknya segera diobati, pasalnya amandel yang terus dibiarkan dan bertambah parah akan menimbulkan beberapa bahaya yang dapat mengancam keselamatan nyawa penderitanya. Berikut beberapa bahaya amandel bengkak dan kronis jika terus dibiarkan :

  • Komplikasi Saluran THT

Radang amandel yang semakin kronis dan membengkak dapat menyumbat sistem pernafasan dan berpotensi mengalami komplikasi pada saluran THT lainnya, seperti infeksi telinga dan radang tenggorokan.

  • Menurunnya Pasokan Oksigen

Semakin menyumbatnya saluran pernafasan maka suplai oksigen didalam tubuh akan semakin sedikit yang akhirnya sistem pernafasan akan semakin buruk.

  • Menurunkan Daya Konsentrasi

Oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan diikat oleh darah untuk disalurkan ke otak, namun jika pasokannya sedikit maka fungsi otak akan menurun dan membuat konsentrasi serta daya ingat semakin menurun.

  • Nafsu Makan Semakin Berkurang

Hal ini karena kondisi amandel yang bengkak dapat mengganjal tenggorokan dan membuat kesulitan saat menelan. Karena itu nafsu makan penderita akan semakin berkurang.

  • Kurangnya Asupan Nutrisi dan Gizi

Semakin berkurangnya nafsu makan justru berpengaruh besar pada asupan nutrisi penderita. Jika seharusnya penderita amandel mendapatkan gizi yang cukup, namun malah tidak banyak makan akibat nyeri pada saat menelan.

Penyakit ini sebenarnya bisa dicegah selama Anda menjaga pola makan yang seimbang dan sehat serta menjauhi beberapa pantangan makanan amandel seperti makanan pedas, makanan mengandung lemak tinggi, makanan dengan kadar garam tinggi dan makanan cepat saji.

Kesadaran akan perlunya menjaga kebersihan juga sangat penting, oleh karena itu sebaiknya mulai sadari bahwa betapa pentingnya kita terus menjaga gaya hidup yang tetap sehat. Karena selain menghindari kita dari berbagai penyakit dapat membuat tubuh kita lebih sehat dan fresh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *