Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan

7-Manfaat-Penting-Vitamin-C-Bagi-Kesehatan-Tubuh-Dan-Kulit

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Maka dari itu tubuh manusia memerlukan asupan vitamin C yang cukup agar tidak rentan terkena penyakit.

Sumber vitamin C sendiri bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis sayuran dan buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, pepaya, lemon, buah kiwi, brokoli, stroberi dan cabai merah. Selain sayur dan buah, berbagai manfaat vitamin C juga bisa diperoleh dari tablet vitamin C kunyah, dan suplemen lainnya.

Namun untuk suplemen ini Anda harus mengikuti dosis yang tepat sesuai saran dari dokter. Dosis suplemen yang dianjurkan yakni 75 hingga 90 mg.

Apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari vitamin c ini?

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh ternyata dapat membantu penyerapan zat besi dan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

2. Mencegah penuaan dini

Vitamin C sangat penting untuk sel-sel di dalam atau diluar tubuh yang dapat membantu mencegah penuaan dini. Seseorang yang memiliki asupan vitamin C cukup memiliki resiko lebih rendah terkena keriput, kekeringan pada kulit, dan penuaan kulit.

3. Mencegah kanker

Vitamin c merupakan racun bagi penyakit kanker yang berfungsi dalam meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Semakin kebal daya tahan tubuh kita maka perkembangan sel kanker akan semakin terhambat.

4. Produksi kolagen

Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan kulit dalam proses penyembuhan luka, memperlambat penuaan, menjaga keremajaan dan mencerahkan kulit.

5. Mencegah tekanan darah tinggi

Mengonsumsi banyak buah dan sayuran yang mengandung vitamin C ternyata dapat membantu pengontrolan tekanan darah pada tubuh kita. Dengan adanya tingkat kestabilan dari tekanan darah maka resiko penyakit darah tinggi atau hipertensi akan semakin kecil.

6. Mencegah penyakit jantung

Vitamin C juga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung seperti jantung bengkak, jantung bocor, serangan jantung, jantung lemah dan penyakit jantung lainnya. Hal ini karena kandungan vitamin C akan membantu pembuluh darah arteri tetap stabil dan tidak akan menebal dengan sendirinya.

7. Mencegah stroke

Penelitian menunjukan bahwa orang yang memiliki asupan cukup vitamin C maka dapat menekan 42% lebih rendah terkena serangan stroke.

Itulah beberapa manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh dan kulit kita, Sebanyak 65-90 mg vitamin c per hari adalah takaran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Tidak ada manfaat lebih yang akan didapatkan jika mengonsumsi vitamin dan mineral diatas itu.

Jika seseorang mengonsumsi vitamin C berlebih maka dapat menyebabkan masalah kesehatan. Diantaranya sulit berkonsentrasi, kesemutan akibat gangguan syaraf, diare, nyeri ulu hati, insomsnia, batu ginjal, dan sakit kepala.

Pada kasus yang jarang terjadi seseorang yang mengonsumsi vitamin C dengan dosis tinggi setelah transplatasi ginjal bisa meninggal dunia akibat timbunan oksalat yang merusak ginjal barunya.

Maka dari itu Anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin C dengan dosis yang tepat, karena jika kekurangan pun akan menyebabkan gangguan seperti kulit kering, anemia, infeksi dan penyembuhan lambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *