Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

10-Manfaat-Kunyit-Untuk-Kesehatan-Dan-Kecantikan

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat. Manfaat kunyit sudah diketahuyi sejak dahulu oleh para nenek moyang kita, maka tak asing lagi jika kunyit sering digunakan sebagai obat tradisional bagi berbagai macam penyakit.

Salah satu zat phytochemical penting dalam kunyit adalah kurkuminoid. Zat ini juga biasa dikenal sebagai kurkumin, disebutkan memiliki banyak manfaat yang menguntungkan. Ada lebih dari 9000 penelitian ilmiah yang telah mengulas khasiatnya bagi kesehatan kita.

Kunyit juga memiliki sejumlah kandungan seperti minyak astiri, mineral dan beberapa zat penting lainnya. Kandungan inilah yang membuatnya memiliki manfaat dan banyak dicari serta dibudidayakan.

Berikut beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh secara umum adalah :

  • Membantu mengatasi masalah diare

Obat, keracunan makanan, virus, dampak alergi, dan makanan yang tidak sehat nyatanya dapat mengakibatkan diare. Dengan meminum ramuan herbal teh kunyit, diare Anda bisa disembuhkan. Kandungan magnesium dan kalium pada kunyit membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat serangan diare.

  • Anti Inflamasi (peradangan)

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang memiliki kekuatan anti-inflamasi yang paling kuat. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian dimana 117 orang yang mengalami masalah pencernaan diberikan 1 gram bubuk kunyit halus yang kemudian diseduh menjadi teh selama 8 minggu.

Setelah 8 minggu, hasil penelitian menyebutkan bahwa peradangan pencernaan yang mereka alami justru membaik jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi kunyit.

  • Membantu mengobati asam lambung

Penyakit asam lambung umumnya disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur atau bahkan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan tertentu yang memiliki sifat korosif sehingga dapat mengikis dinding lambung.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal study Systematic Reviews, menyebutkan bahwa masakan yang mengandung paling tidak satu sendok kunyit sangat berkhasiat untuk membantu masalah pada organ pencernaan terutama usus besar dan lambung.

  • Mencegah kanker

Mekanisme lain yang dilakukan oleh curcumin adalah dapat melindungi dari perkembangan kanker dengan menghambat sintesis protein yang dianggap berperan dalam pembentukan tumor dan mencegah perkembangan suplai darah tambahan yang diperlukan untuk pertumbuhan sel kanker.

  • Rheumatoid Arthritis (radang sendi kronis)

Penelitian membuktikan bahwa kurkumin dalam kunyit memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat. Sebagai antioksidan, kurkumin mampu menetralisir radikal bebas, bahan kimia yang dapat dalam tubuh dan menyebabkan berbagai kerusakan pada sel-sel sehat dan membran sel. Hal ini penting dalam banyak penyakit, salah satunya adalah radang sendi, di mana radikal bebas merupakan penyebab peradangan sendi yang menyakitkan dan kerusakan pada sendi.

  • Mengurangi mual

Ada banyak kondisi kesehatan yang bisa jadi penyebab timbulnya rasa mual, seperti stres, dehidrasi, atau bahkan infeksi pada pencernaan. Jika mual yang dirasakan disebabkan oleh masalah pencernaan, kunyit sebagai rempah alami bisa mengurangi rasa mual pada pencernaan.

  • Mengurangi gas pada pencernaan

Kentut sendiri memang sangat penting untuk mengetahui apakah pencernaan Anda baik-baik saja atau tidak. Namun, jika jumlah kentut Anda berlebihan, hal ini justru menandakan pencernaan Anda sedang tidak baik.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan kunyit dengan cara menuangkan satu sendok bubuk kunyit ke dalam satu gelas air hangat yang berukuran sedang. Konsumsi minuman yang satu ini selama 2 minggu untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

  • Menjaga gula penderita diabetes

Jika Anda mengalami diabetes maka Anda wajib mengonsumsi kunyit sebagai bahan yang bisa mengontrol gula darah Anda. Selain itu, diabetes membutuhkan insulin dan juga gliserol yang terkadang menaikan gula darah. Namun jangan sekali-sekali memadukan kunyit dengan obat karena gula darah akan turun drastis dan justru dapat membahayakan Anda.

Manfaat kunyit memang belum bisa dipastikan sepenuhnya, karena masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut. Anda juga perlu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menentukan takaran untuk dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *