Waspada Benjolan Di Punggung Terasa Sakit

waspada-benjolan-di-punggung-terasa-sakit

Waspada Benjolan Di Punggung Terasa Sakit –  Sebaiknya Anda perlu waspada jika menemukan benjolan di sekitar punggung Anda, apalagi disertai dengan gejala rasa sakit yang cukup menganggu. Segera ketahui penyebabnya dan lakukan penanganan secepat mungkin.

Benjolan di punggung dapat muncul secara tidak normal dan tumbuh sendiri. Benjolan tersebut memiliki bentuk yang bervariasi. Banyak orang yang beranggapan bahwa benjolan tersebut adalah tumor, namun sebenarnya ada beberapa penyebab lainnya yang menyebabkan benjolan tersebut muncul.

Ada beberapa hal yang dapat memicu munculnya benjolan di punggung, yaitu :

  • Keratosis Seboroik – Kondisi ini tampak seperti bintik berbentuk bulat dan kasar pada kulit. Waran bintik tersebut bisa hitam ataupun coklat. Benjolan tersebut bisa muncul secara tunggal atau berkelompok, umumnya kondisi ini tidak menyebabkan rasa sakit dan tidak membutuhkan penanganan khusus.
  • Lipoma – Lipoma adalah jaringan lemak di bawah kulit diantara lapisan kulit dan otot. Selain di punggung lipoma juga dapat timbul di leher dan bahu.
  • Keratosis Pilaris – Benjolan ini tampak berwarna putih atau merah yang terasa kasar saat diraba.
  • Kista Epidemoid – Terjadi karena adanya infeksi dari jamur penyebab kista. Rasanya ada yang menimbulkan nyeri dan ada yang tidak serta tampak memerah.

Meski sebagian benjolan di punggung tidak berbahaya, namun benjolan ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Jika benjolan semakin membesar dan menyebabkan rasa nyeri sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Benjolan dipunggung yang ditandai dengan rasa sakit bisa jadi menandakan gejala kanker kulit. Warna benjolan juga terlihat seperti daging jadi. Jika rasanya gatal dan panas kemungkinan itu tumor jinak neuroma.

Ada beberapa cara menyembuhkan benjolan di punggung tanpa operasi, jika masih awal dan kecil benjolan pada punggung bisa sembuh dengan sendirinya dengan cara membersihkan badan dan area tempat tinggal. Mandi dengan antiseptik dan rutin membersihkan area yang benjol dengan ramuan air rebusan sirih ditambah garam dapat membuat benjolan cepat mengecil dan sembuh.

Jangan pernah Anda mencoba memecahkan benjolan sendiri di rumah karena dapat berisiko munculnya komplikasi dan bekas luka. Semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *