Penyakit Berbahaya Yang Ditandai Dengan Nyeri Haid

Penyakit Berbahaya Yang Ditandai Dengan Nyeri Haid – Mengalami nyeri haid pada saat menstruasi memang sudah menjadi hal yang umum terjadi. Namun Anda perlu waspada, pasalnya nyeri haid ini bisa saja menandakan kondisi penyakit yang cukup serius dan berbahaya.

penyakit-berbahaya-yang-ditandai-dengan-nyeri-haid

Sakit pada saat menstruasi berasal dari peluruhan darah di dinding rahim. Kontraksi rahim yang terlalu intens mengakibatkan supply oksigen ke jaringan otot rahim terhambat. Inilah yang menyebabkan sakit yang luar biasa ketika haid.

Meski terbilang wajar, nyeri haid yang terlalu menyiksa juga harus diwaspadai, apalagi jika berlangsung lama dan melebiha masa haid itu sendiri. Jika begini, bisa jadi menjadi suatu pertanda Anda terkena penyakit yang cukup serius.

Berikut beberapa penyakit berbahaya yang ditandai dengan nyeri haid diantaranya yaitu :

1. Fibroid

Fibroid adalah tumor jinak yang tumbuh di dalam rahim. Tumor jinak ini biasanya berukuran sebesar biji apel atau biji jeruk. Selain nyeri kondisi ini ditandai dengan pendarahan yang berlebihan dan umumnya tidak akan berhenti 3-4 hari namun juga bisa mencapai berminggu-minggu.

2. Radang Panggul

Biasanya kondisi ini ditandai dengan kondisi dimana nyeri pada bagian perut bawah disertai dengan demam. Tak hanya itu, nyeri juga terjadi pada saat buang air kecil disertai dengan perubahan warna urine menjadi kehijauan. Radang panggul ini terjadi karena disebabkan adanya peradangan didekat saluran kemih.

3. Miom

Gejala umum yang menjadi tanda seseorang mengidap miom biasanya ditandai dengan siklus haid yang tidak normal. Seperti jumlah darah haid yang banyak hingga harus berganti pembalut berhari-hari juga disertai sakit yang sangat hebat.

4. Endometrosis

Endometrosis merupakan kondisi dimana saat lapisan yang seharusnya ada di rahim justru keluar dan tumbuh diluar organ terdekat. Kondisi ini sulit didiagnosis karena biasanya menyebabkan rasa nyeri diperut bagian bawah dan gejalanya mirip dengan nyeri menstruasi.

5. Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)

Seseorang yang mengidap penyakit ini ditandai dengan siklus haid yang tidak teratur. Selain itu, penderita PCOS juga dapat mengalami pertumbuhan rambut yang berlebihan pada tubuh dan dapat menyerang wanita pada masa subur dengan kisaran usia 16-24 tahun.

Jika Anda mengalami beberapa gejala penyakit yang telah dijelaskan diatas, maka segera temui dokter untuk mengetahui kemungkinan penyakit yang menyerang organ reproduksimu.

Beberapa bahan alami mungkin bisa Anda jadikan sebagai solusi cara menyembuhkan nyeri haid. Tak hanya itu sebaiknya Anda juga perlu menghindari beberapa makanan yang mungkin dapat memperparah kondisi nyeri haid yang ada, diantaranya :

  • Makanan dengan kadar gula yang sangat tinggi, yang dapat menyebabkan kadar gula dalam darah melonjak, mempengaruhi emosi dan mudah lesu.
  • Makanan berminyak seperti gorengan, yang dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh.
  • Minuman berkafein, yang dapat membuat pembuluh darah menyempit sehingga beresiko dehidrasi yang cukup parah.

Selain itu Anda juga perlu menjaga pola hidup yang sehat dengan menjaga kebersihan selama haid untuk mencegah penyakit berbahaya. Semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *