Makanan Yang Baik Untuk Penderita Fistula Ani

Akibat makanan yang tidak terkontrol serta pola hidup yang tidak sehat dapat membuat seseorang rentan terkena penyakit, salah satunya penyakit fistula ani. Fistula ani ini memang sensitif terhadap beberapa makanan, maka dari itu jika Anda menderita penyakit ini ada baiknya memperhatikan beberapa makanan yang baik untuk penderita fistula ani.

makanan-yang-baik-untuk-penderita-fistula-ani

Fistula ani terjadi karena adanya abses yang timbul karena adanya infeksi dikelenjar anus yang bisa menyebabkan munculnya tumpukan nanah yang semakin membesar dan membentuk fistula sehingga ada rasa tidak nyaman ditubuh. Jika hal tersebut dibiarkan maka penderita bisa merasakan kesakitan terus-menerus.

Jika fistula ani hanya diabaikan, maka benjolan anus akan semakin membesar dan bertambah parah sehingga akan menimbulkan sejumlah komplikasi yang cukup serius. Dari beberapa kasus yang ada, fistula ani yang terus meradang dan membengkak akan berubah menjadi tumor/kanker anus yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Untuk itulah sebaiknya penderita harus memperhatikan beberapa asupan makanan yang mungkin bisa membantu proses penyembuhan fistula ani tersebut. Berikut beberapa makanan yang baik untuk penderita fistula ani.

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Fistula Ani

1. Makanan Yang Mengandung Serat

Makanan berserat bisa melunakan feses sehingga buang air besar bisa lancar tanpa adanya peregangan. Hal ini tentu akan membantu proses pembuangan pada penderita fistula ani, sehingga tidak terlalu menyakitkan.

2. Buah-buahan

Buah-buahan memiliki kandungan vitamin yang sangat banyak dan sangat baik untuk menstabilkan kesehatan tubuh dan memperbaiki organ didalam tubuh. Kandungan vitamin dalam buah-buahan ini sangat penting bagi penderita fistula ani sehingga dapat membantu meringankan gejala fistula ani.

3. Sayuran

Sayuran juga mengandung banyak vitamin yang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan secara alami dan menjaga daya tahan tubuh. Selain untuk meringankan gejala fistula ani, sayuran ini juga bisa mencegah peradangan fistula ani.

Namun ada juga beberapa makanan yang sebaiknya tidak boleh dimakan atau harus dihindari agar tidak memperburuk keadaan penderita, makanan dan minuman tersebut diantaranya :

  • Makanan dan minuman yang mengandung banyak gas seperti sawi, kol, nangka, alkohol dan minuman bersoda.
    Makanan asam atau pedas seperti cuka, cabai dan merica.
  • Makanan yang sulit dicerna seperti makanan berlemak (kue tar, coklat, keju), yang dapat memperlambat pengosongan fistula ani dan menyebabkan peningkatan peregangan di fistula ani yang akhirnya dapat meningkatkan asam pada fistula ani.
  • Makanan tinggi lemak dan gorengan yang dapat melemahkan klep ke kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan fistula ani dapat naik ke kerongkongan.

Itulah beberapa makanan yang baik dan makanan yang harus dihindari penderita fistula ani. Jika sudah tergolong parah biasanya tindakan menjadi salah satu rekomendasi cara menyembuhkan fistula ani untuk menekan benjoln anus masuk kembali ke tempat semula. Namun tindakan operasi ini memerlukan biaya yang sangat besar sekitar 20 jutaan dan juga efek samping yang harus dirasakan setelahnya.

Maka dari itu pengobatan secara alami biasanya lebih sering dipilih untuk menghindari beberapa resiko yang mungkin terjadi. Dengan adanya beberapa makanan yang dianjurkan untuk penderita fistula ani maka proses penyembuhan pun akan terbantu dan berlangsung cepat. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *