Makanan Tinggi Serat Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Makanan Tinggi Serat Yang Baik Untuk Penderita Diabetes – Memperhatikan makanan adalah suatu keharusan yang wajib dilakukan oleh penderita diabetes. Karena pasalnya ada beberapa makanan yang justru menjadi musuh bagi penderita diabetes karena dapat memperparah kondisi diabetes yang ada.

Makanan-Tingg-Serat-Yang-Baik-Untuk-Penderita-Diabetes

Lalu, apakah ada makanan yang baik untuk penderita diabetes yang bisa dikonsumsi? Tentu ada salah satunya makanan yang megandung kadar serat tinggi. Serat adalah salah satu tipe dari karbohidrat. Namun serat tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Serat adalah bagian yang tidak dapat dicerna dari produk makanan nabati, dan serat memiliki peranan yang penting dalam proses pencernaan manusia.

Saat masuk kedalam tubuh, serat tidak dicerna oleh tubuh seperti makanan lainnya. Serat hanya melewati saluran pencernaan Anda. Hal tersebut lah yang membuat makanan berserat tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Selain itu serat juga dapat memperlambat proses konversi karbohidrat menjadi gula, sehingga peningkatan gula dalam darah dapat terkontrol.

Konsumsi serat juga dapat mengurangi lemak viseral/lemak perut. Lemak viseral dalam jumlah tinggi berhubungan dengan meningkatnya resiko diabetes. Menurut Insulin Resistance Atherosclerosis Study, peningkatan asupan serat larut air sebesar 10 gr setiap hari selama lima tahun dapat mengurangi jumlah lemak viseral sebesar 3,7%.

Berapa jumlah serat yang dibutuhkan bagi penderita diabetes?

Penelitian menyarankan agar penderita diabetes mengonsumsi 50 gr serat makanan per hari. Mengonsumsi 50 gr serat per hari dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan, bahkan dapat mengurangi kebutuhan akan obat diabetes.

Makanan Tinggi Serat Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

  • Sayuran

Sayuran merupakan sumber makanan dengan nilai tambah untuk diet diabetes, dengan kalori dan gula yang sangat rendah, nutrisi yang bermanfaat termasuk serat. Anda bisa mendapatkan asupan serat tinggi dari brokoli, wortel, bayam, jagung manis, tomat, dan kentang.

  • Buah-buahan

Buah mengandung serat larut air yang mampu mengontrol kadar gula darah. Tak hanya itu, serat larut air juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Beberapa buah kelompok beri-berian seperti raspberi dan strawberry termasuk buah yang mengandung serat tinggi. Selain itu alpukat, pir, apel, buah sitrys dan pisang juga mengandung serat tinggi.

  • Kacang-kacangan

Kacang merah, kacang hitam, almond, lentil dan kacang arab merupakan sumber makanan tinggi serat yang baik dikonsumsi penderita diabetes.

  • Gandum Utuh, Beras Merah dan Barley

Merupakan sumber makanan kaya serat. Bagi orang yang menderita diabetes, beras merah merupakan makanan yang paling disarankan untuk dijadikan makanan pokok dibandingkan dengan beras putih.

Penderita diabetes yang rajin mengonsumsi serat juga akan mendapatkan kebaikan dimana usus akan melakukan proses fermentasi yang memicu tubuh menjadi lebih baik dalam mengendalikan insulin dan menurunkan produksi glukosa yang terjadi pada hati.

Makanan yang kaya serat pun akan membuat kita lebih mudah merasa kenyang karena proses pencernaan yang cenderung lebih lambat, sehingga penderita pun tidak akan mudah menginginkan camilan di jeda waktu makan.

Melihat banyak manfaat serat untuk penyandang diabetes atau mereka yang berisiko terkena diabetes, ada baiknya selalu memasukkan makanan berserat ke dalam menu harian Anda. Selain melakukan cara menyembuhkan penyakit gula atau diabetes dengan anjuran dokter , para ahli menganjurkan Anda untuk mengonsumsi 25–35 gram serat dalam sehari. Semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *