Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain, Benarkah?

Makanan pedas memang menjadi suatu keharusan dalam setiap menu makanan bagi pecintanya. Tak hanya itu sebagian orang beranggapan bahwa makanan pedas bisa mengatasi sakit kepala migrain, benarkah demikian? Untuk mengetahuinya simak dulu penjelasan berikut.

Makanan Pedas UntukĀ  Sakit Kepala Migrain

makanan-pedas-bisa-mengatasi-sakit-kepala-migrain

Para ahli menyebutkan bahwa cabai yang merupakan bahan utama dari sambal kaya akan capsaicin yang bisa memberikan rasa pedas. Tak hanya pedas, capsaicin ini juga ternyata mampu membuat tubuh menjadi tak lagi sensitif pada rasa nyeri.

Dalam sebuat jurnal Nature Chemical Biology dijelaskan bagaimana tubuh merespon rasa pedas yang didapatkan dari makanan. Jurnal tersebut menyatakan bahwa mengonsumsi makanan pedas menimbulkan respon yang sama ketika tubuh mengalami luka, peradangan, atau infeksi akibat bakteri. Sehingga tubuh akan secara alami mengeluarkan semua senjatanya untuk menyembuhkan dan mengatasi peradangan atau infeksi yang terjadi.

Ketika mengonsumsi makanan dengan rasa pedas, saraf lidah akan memberikan sinyal rasa pedas dalam bentuk rasa sakit dan panas ke otak. Kemudian yang menerima sinyal rasa pedas ini disebut dengan transient receptor (TRP). Bagian otak ini berperan dalam merangsang berbagai sensasi, seperti sensasi panas, rasa sakit, dingin dan hangat.

Dengan adanya bagian otak ini maka tubuh Anda dapat mengetahui suhu sekitar dan bermacam-macam rasa. Sementara itu, saat rasa sakit menyerang, seperti migrain maka TRP yang aktif ini akan menekan rasa sakit itu muncul, sehingga gejala migrain akan berkurang.

Hal tersebut juga dibenarkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di American Academy of Neurology, bahwa menyemprotkan nasal spray yang berbahan capsicin bisa menyembuhkan sakit kepala berjenis migrain dan cluster dengan cepat.

Selain itu, mengonsumsi makanan pedas juga bisa mengatasi sakit kepala yang disebabkan oleh masalah sinusitis. Hal ini disebabkan oleh kemampuan makanan pedas dalam mengencerkan lendir sehingga menurunkan sumbatan pada saluran pernafasan yang secara efektif menurunkan sakit kepala.

Namun tidak semua sakit kepala bisa diredakan dengan makanan pedas. Anda pun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan, karena bisa memicu masalah pencernaan. Solusi terbaik cara menyembuhkan migrain Anda bisa dilakukan secara alami dan didukung dengan perubahan gaya hidup sehat.

Jika Anda mengalami migrain mendadak, Anda bisa mengompres kepala dengan es. Rasa sejuk tersebut akan membuat sakit kepala terasa lebih ringan. Anda juga bisa melakukan pijatan perlahan pada bagian kepala yang terasa sakit. Pijatan ringan dan lembut bisa membuat peredaran darah di sekitar kepala menjadi lebih lancar. Lakukan juga pijatan di sekitar leher, namun jangan menekannya terlalu kencang.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *