Jus Untuk Jantung Bengkak

jus-untuk-jantung-bengkak

Jus Untuk Jantung Bengkak –┬áSelain melakukan pengobatan, penderita jantung bengkak juga perlu memperhatikan beberapa asupan makanan yang baik untuk dikonsumsi. Ada beberapa buah yang diketahui memiliki beberapa manfaat untuk membantu proses penyembuhan jantung bengkak.

Penderita jantung bengkak mau tidak mau harus mulai mengontrol asupan makanannya, karena tida semua makanan cocok untuk pasien jantung bengkak. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, makanan yang mengandung lemak, makanan dengan kadar garam berlebih, dan makanan yang mengandung gula.

Selain dengan menghindari pantangan makanan tersebut, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi beberapa jus buah yang dapat meringankan gejala jantung bengkak atau bahkan dapat mempercepat peyembuhannya.

Jus Untuk Jantung Bengkak Yang Baik Untuk Dikonsumsi

1. Jus Alpukat

Kandungan terbaik alpuat adalah kalium dan natrium yang dapat mengontrol ketegangan di arteri dan kolesterol sehingga meningkatkan kesehatan jantung. Ada baiknya Anda mengonsumsi jus alpukat pada sore hari setelah melakukan aktivitas agar tenaga kembali pulih.

2. Jus Apel

Apel banyak mengandung fitonutrien (fitokimia) dan pectin yang bertindak sebagai antioksidan dan berfungsi menurunkan kolesterol jahat (LDL). Sebaiknya Anda mengonsumsi jus apel di pagi hari sebelum mengawali aktivitas harian Anda.

3. Jus Pepaya

Pepaya mengandung vitamin C dan E yang baik untuk kesehatan jantung. Anda bisa membuat jus pepaya dan dikonsumsi secara rutin sehingga akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan jantung terutama penderita jantung bengkak.

4. Jus Tomat

Beberapa penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi jus tomat secara rutin dapat membantu proses metabolisme yang diikuti dengan penyembuhan area-area jantung yang mengalami pembengkakan.

5. Jus Anggur

Anggur terutama anggur merah dan ungu banyak mengandung falvonoid dan resveratrol yang dapat meningkatkan kesehatan sel-sel yang melapisi pembuluh darah. Anda hanya perlu menumbuk sekitar 10 butir anggur untuk sekali konsumsi, dan ada baiknya dikonsumsi pada pagi hari sebelum mengawali aktivitas Anda.

6. Jus Jeruk

Buah jeruk banyak mengandung hespedirin, vitamin C yang dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan meningkatkan fungsi endotel/dinding pembuluh darah. Kandungan vitamin C yang dikandung jeruk juga dapat meredakan pembengkakan jantung jika dikonsumsi secara rutin dan terus menerus. Sebaiknya Anda mengonsumsi jus jeruk pada malam hari sebelum melakukan aktivitas istirahat atau tidur.

7. Jus Kiwi

Kiwi kaya akan kandungan vitamin C dan sangat baik sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan elastisitas dan kekuatan pembuluh darah. Anda bisa membuat jus kiwi 2 buah dengan campuran bawang putih 1 butir dan tambahan sedikit gula.

8. Jus Mengkudu

Meskipun mengkudu memiliki rasa dan aroma yang tidak sedap, akan tetapi khasiat buah ini tidak diragukan lagi. Sudah banyak orang yang membuktikan khasiatnya salah satunya bagi penderita jantung bengkak. Anda dapat mengolahnya dengan menambahkan kayu manis untuk mengurangi rasa baunya.

9. Jus Delima

Buah delima kaya akan polifenol yang sangat bermanfaat untuk jantung, antara lain untuk mencegah dan menurunkan aterosklerosis (penebalan dinding arteri), mengontrol kolesterol dengan mengurangi LDL (kolesterol jahat dan meningkatkan HDL). Anda bisa mengonsumsi jus delima dengan rutin untuk membantu proses penyembuhan jantung bengkak.

10. Jus Strawberry

Buah strawberry kaya akan kalium, magnesium dan vitamin C yang dapat mengatur tekanan darah, bertindak sebagai antoksidan dan membantu dalam relaksasi otot arteri. Sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa jus diatas dapat Anda konsumsi secara rutin. Memang, cara menyembuhkan jantung bengkak memerlukan pemulihan dalam jangka waktu yang lama. Namun, bukan berarti Anda menyerah dan malah membiarkannya begitu saja. Sebaiknya barengi pengobatan dengan mengonsumsi makanan yang sehat agar proses penyembuhan berjalan optimal.

Walaupun tidak selalu dapat dicegah karena dapat disebabkan oleh berbagai hal dan kondisi, tetapi kita tetap bisa melakukan pencegahan untuk meminimalkan resiko terkena penyakit jantung bengkak.

Sebaiknya segera lakukan perubahan gaya hidup sehat sedini mungkin, jangan menundanya hanya kerena anggapan bahwa kita masih muda. Justru apa yang menjadi kebiasaan kita dimasa mudalah yang akan menentukan bagaimana kesehatan kita di hari tua nanti.

Usahakan Anda melakukan olahraga ringan minimal 2 kali dalam seminggu. Cukup dengan berjalan kaki selama satu jam, bersepeda atau jogging. Jika saat ini Anda memiliki berat badan yang berlebih sebaiknya segera lakukan upaya menurunkan berat badan yang benar agar tetap ideal, namun jangan sampai melakukan diet ketat tanpa mempertimbangkan resikonya.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *