Gejala Pembengkakan Kelenjar Tiroid Pada Anak

gejala-pembengkakan-kelenjar-tiroid-pada-anak

Gejala Pembengkakan Kelenjar Tiroid Pada Anak – Pembengkakan kelenjar tiroid merupakan salah satu masalah yang cukup serius, karena jika dibiarkan bisa menimbulkan berbagai bahaya komplikasi penyakit lainnya. Hal inilah yang menjadi perhatian sehingga penyakit tiroid perlu diwaspadai dan ditangai dengan serius cepat dan tepat sehingga hal buruk yang mungkin terjadi bisa kita hindari.

Kondisi ini bisa terjadi pada berbagai usia termasuk anak-anak. Maka dari itu sebagai orangtua Anda perlu waspada jangan sampai anak Anda terkena penyakit ini.

Kelenjar tirod adalah salah satu kelenjar yang memiliki peranan penting dalam tubuh kita yakni sebagai penghasil dan penyimpan hormon yang dibutuhkan dalam sistem metabolisme tubuh. Salah satunya adalah sebagai pengatur detak jantung, tekanan darah, suhu badan hingga proses mengubah makanan menjadi energi.

Dengan kata lain hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid sangat berpengaruh kepada fungsi tiap sel dalam tubuh. Kekurangan dan kelebihan hormon ini bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan dan metabolisme tubuh sehingga keberadaanya sangat diperlukan.

Ada beberapa penyebab, termasuk penyakit autoimun, pengobatan untuk hipertiroid, terapi radiasi, operasi tiroid dan obat-obatan tertentu. Gangguan tiroid juga dapat disebabkan oleh infeksi, seperti virus atau bakteri, yang bekerja dengan cara yang sama seperti antibodi menyebabkan peradangan pada kelenjar. Obat-obatan seperti interferon dan amiodarone, juga diketahui menyebabkan kerusakan sel-sel tiroid dan menyebabkan masalah tiroid.

Gejala Pembengkakan Kelenjar Tiroid Pada Anak

  • Mengalami Bengkak Atau Timbulnya Benjolan Dileher

Pembengkakan terjadi karena hormon yang dihasilkan tinggi adalah dapat menimbulkan benjolan di leher atau yang lebih dikenal dengan penyakit gondok. Selain timbulnya benjolan atau terjadinya pembengkakan gangguan tersebut juga biasanya diserta rasa sakit.

  • Gangguan pencernaan

Orang yang mengalami gangguan tiroid juga bisa mengalami gangguan pencernaan yakni sembelit ( susah BAB ) dan diare yang berkepanjangan.

  • Nyeri Otot Dan Tulang

Ketika hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid tidak seimbang maka bisa menyebabkan timbulnya tasa nyeri otot dan tulang walaupun tidak melakukan aktivitas yang berat.

  • Siklus Menstruasi Terganggu

Jika gangguan tiroid dialami oleh wanita maka bisa menyebabkan tidak teraturnya datang bulan jika mengalami hipertiroid dan menstruasi akan terasa sangat menyakitkan jika mengalami ganggan hipotoroid.

  • Kedinginan atau Kepanasan

Jika gangguan tiroid mengakibatkan hormon yang dihasilkan sedikit maka penderita akan mengalami kedinginan meskipun suhu disekitarnya normal dan sebaliknya penderita akan merasakan kepanasan jika gangguan tiroid mengakibatkan hormon yang dihasilkan berlebih.

  • Rambut Rontok

Secara perlahan seseorang yang mengalami gangguan pada tiroid bisa mengalami kebotakan akibat rambut rontok. Hal tersebut terjadi sebagai akibat dari kelenjar tiroid tidak berfungsi dengan normal. Untuk itu segera temui dokter jika anda mengalami kerontokan secara tiba-tiba atau tidak normal.

  • Berbagai Masalah Pada Tubuh

Pada pendreita gangguan tiroid biasanya akan mengalami banyak masalah tubuh sepeti tangan dan kaki sering kesemutan, kulit menjadi kering, kuku berubah menjadi rapuh, dan tampaknya bagian kulit yang membengkak.

Segera periksa ke dokter jika Anda mengalami beberapa gejala diatas. Terdapat tiga cara menyembuhkan penyakit kelenjar tiroid yang biasanya dokter lakukan yakni dengan pemberian obat-obatan, terapi ablasi iodium radioaktif, dan/atau prosedur operasi. Namun pilihan yang terbaik adalah dengan cara alami yang tentunya tanpa efek samping.

Demikian informasi gejala pembengkakan kelenjar tiroid pada anak yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *