Pantangan Makanan Penderita Abses Anus

Memperhatikan asupan makanan bagi penderita abses anus adalah penting. Pasalnya ada beberapa pantangan makanan penderita abses anus yang wajib dihindari, karena dapat membuat kondisi abses anus menjadi semakin buruk.

Adanya abses anus memang sangat menganggu, terlebih bagi mereka yang diharuskan untuk duduk saat bekerja. Tak hanya itu penderita juga akan merasa tidak percaya diri. Siapapun bisa terkena penyakit ini, namun umumnya terjadi pada orang dewasa.

Abses anus sendiri merupakan suatu kondisi ketika rongga pada rektum terisi dengan nanah yang membentuk kantung nanah di sekitar anus. Kebanyakan abses merupakan jenis septik, yang artinya adalah merupakan hasil dari infeksi.

Seringkali adanya abses anus ini menimbulkan gejala berupa nanah dan darah kotor yang keluar dari anus, juga rasa panas, nyeri dan sakit pada rektum terutama setelah buang air besar. Jika telah didiagnosis menderita abses anus, cara menyembuhkan abses anus sendiri biasanya dokter akan menyarankan tindakan pembedahan kecil untuk mengeluarkan nanah dan menghilangkan kantung yang terbentuk.

Namun bukan berarti kondisi tersebut akan sembuh total, biasanya ada kemungkinan penderitanya mengalami kambuh kembali. Ada banyak faktor yang bisa membantu penyembuhan abses anus berjalan dengan total, salah satunya dengan menghindari beberapa pantangan makanan abses anus berikut.

Pantangan Makanan Penderita Abses Anus Yang Wajib Dihindari

  • Makanan asam dan pedas
pantangan-makanan-penderita-abses-anus

Makanan yang berjenis asam dan pedas, seperti rujak, cuka, cabai, merica dan sebagainya juga dapat merangsang perut dan merusak dinding rektum yang telah terdapat abses anus. Makanan yang terlalu pedas juga bisa meningkatkan radang pada abses anus dan membuatnya semakin sakit serta nyeri.

  • Makanan manis dan berlemak
pantangan-makanan-penderita-abses-anus

Makanan yang sulit diproses oleh organ pencernaan seperti makanan manis, berlemak, coklat, keju, makanan bersantan akan memperburuk kondisi orang yang mengalami abses anus karena dapat meningkatkan peregangan pada area rektum dan meningkatkan kadar asam sehingga meningkatkan resiko terbentuknya fistula.

  • Makanan yang mengandung serat tinggi
pantangan-makanan-penderita-abses-anus

Makanan yang mengandung serat terlalu tinggi seperti kedondong dan buah – buahan yang dikeringkan merupakan salah satu pantangan makanan untuk abses anus yang perlu dihindari.

  • Makanan yang mengandung gas
pantangan-makanan-penderita-abses-anus

Pantangan makanan untuk abses perianal berikutnya adalah makanan yang banyak mengandung gas seperti nangka, kol, sawi dan juga minuman bersoda.

Tak hanya itu Anda juga perlu menghindari beberapa makanan yang mengeluarkan asam pada abses anus seperti kopi, sari buah-buahan sitrus seperti jeruk dan lainnya juga minuman seperti anggur putih dan susu.

Belum banyak diketahui bagaimana cara mencegah abses perianal ini. Tapi ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, termasuk :

  1. Perlindungan terhadap IMS dan pengobatan segera ketika terdeteksi.
  2. Penggunaan kondom, terutama selama seks anal, adalah kunci dalam mencegah IMS yang dapat menyebabkan abses perianal.
  3. Kebersihan yang baik di daerah anus merupakan perlindungan penting bagi anak-anak dan orang dewasa.

Dengan melakukan pencegahan diharapkan Anda lebih terminimalisir untuk terkena abses anus ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *