Penyebab Terjadinya Penyakit Gondongan

penyebab-terjadinya-penyakit-gondongan

Sebagian orang beranggapan bahwa penyakit gondongan adalah sama dengan penyakit gongok. Namun ternyata penyebab terjadinya penyakit gondongan dengan penyakit gondok jelas berbeda.

Gondongan adalah pembengkakan yang terjadi pada kelenjar parotis akibat infeksi virus. Kelenjar parotis merupakan suatu kelenjar yang berfungsi untuk memproduksi air liur dan terletak tepat di bawah telinga. Kebanyakan penyakit ini menyerang anak-anak yang berumur 2-15 tahun. Sangat jarang ditemukan kasus gondongan pada anak yang berumur kurang dari 2 tahun. Bukan hanya anak-anak, bahkan orang dewasa pun rentan terkena penyakit ini.

Penyebaran virus gondongan bisa terjadi melalui percikan ludah yang dikeluarkan oleh penderita gondongan ketika batuk atau bersin. Orang yang sehat dapat tertular gondongan apabila percikan tersebut masuk ke hidung atau mulut mereka, baik secara langsung atau pun lewat perantara. Misalnya akibat berbagi peralatan makan dengan penderita atau menyentuh permukaan benda-benda yang sudah terkontaminasi virus dari si penderita.

Penyebab Terjadinya Penyakit Gondongan

Penyebab utama gondongan ini adalah akibat infeksi virus paramyxovirus. Virus jenis ini menyebar seperti haknya virus flu biasa. Seperti yang telah kita ketahui penyebaran virus ini bisa saja melalui udara, barang, sentuhan ataupun makanan. Berbagi makanan yang sama dengan penderita akan memudahkan kita tertular virus gondongan termasuk juga minuman.

Sedangkan faktor penyebab lainnya yaitu :

  • Kekurangan Zat Iodium

Zat iodium berfungsi dalam menjaga pertumbuhan kelenjar gondok atau tiroksin. Manfaat zat ini sangat penting bagi tubuh, diantaranya yaitu :

  1. Membuat kinerja otak lebih baik dan lebih cerdas
  2. Mendukung dan menjaga kesehatan tumbuh kembang janin dalam kandungan
  3. Meningkatkan kesehatan kelenjar tiroid
  4. Mendukung pertumbuhan otak pada janin maupun anak

Itulah alasan mengapa kekurangan iodium dapat berakibat fatal pada tubuh kita. Tak hanya gondongan atau gondok saja yang bisa terjadi. Kurangnya zat ini di dalam tubuh dapat menjadi faktor pemicu keguguran pada wanita hamil. Bahkan kecerdasan anak yang rendah, bayi yang lahir cacat, serta keterbelakangan mental pun berpotensi.

  • Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Konsumsi obat tertentu juga dapat menjadi faktor risiko pemicu penyakit gondongan. Mengonsumsi obat tertentu akan memberikan efek pada hormon kelenjar tiroid, yang berakibat pada penyakit gondongan.

  • Melemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

Ada banyak penyakit yang bisa dengan mudah masuk dan menginvasi tubuh manusia jika pertahanan tubuh lemah, salah satunya penyakit gondongan. Karena penyakit ini berasal dari virus, maka untuk dapat mencegah virus tersebut menghampiri kita, kekebalan tubuh harus kuat.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang menjadi memicu penurunan daya tahan tubuh, yaitu :

  1. Kekurangan gizi atau nutrisi tertentu
  2. Terlalu sering mengonsumsi obat antibiotik
  3. Stres dan depresi berlebih
  4. Terlalu sering begadang atau tidur malam-malam
  5. Tidak pernah atau jarang melakukan olahraga

Itulah beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit gondongan. Untuk membantu mencegah penyebaran virus maka dapat dilakukan dengan menggunakan vaksin. Vaksin yang digunakan adalah paksin mumps atau parotitis. Vaksin ini biasanya dikombinasikan dengan vaksin campak dan rubella.

Pemberian vaksin pertama dilakukan saat anak berusia 12-15 bulan. Kemudian vaksin kedua diberikan antara 4-6 tahun, atau usia 11-12 tahun jika sebelumnya vaksin tidak diberikan. Selain itu Anda juga bisa mencegah gondongan dengan menerapkan pola hidup sehat. Seperti mengurangi makanan tinggi garam dan gula, menjauhi makanan bergoreng dan bersantan, berolahraga secara rutin dan istirahat yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *