Tips Mengontrol Gula Darah Tanpa Obat

Tips Mengontrol Gula Darah Tanpa Obat – Mengontrol kadar gula darah adalah penting dilakukan. Karena jika gula darah tinggi dan tidak terkontrol maka bukan tidak mungkin akan menyebabkan gangguan kesehatan bagi tubuh Anda.

tips-mengontrol-gula-darah-tanpa-obat

Memiliki kadar gula darah yang normal merupakan salah satu hal yang harus Anda miliki, karena gula darah ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk kinerja tubuh Anda. Glukosa ini yang dialirkan melalui darah merupakan sumber energi untuk sel sel dalam tubuh.

Tips Mengontrol Gula Darah Tanpa Obat

 

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung serat

Makanan serat yang larut dalam air mampu menstabilkan kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan karbohidrat dan meningkatkan regulasi darah serta menurunkan kebutuhan insulin dan membantu kondisi sembelit. Makanan dengan kandungan serat tinggi diantaranya yaitu kangkung, kacang polong, kacang-kacangan, kancang lentil, biji-bijian dan sereal.

  • Menjaga berat badan agar tetap ideal

Kelebihan berat badan akan berkontribusi terhadap resiko menderitanya diabetes suatu penyakit yang ditandai dengan abnormalnya kadar gula darah tinggi serta ketidak seimbangan insulin. Sebaiknya ikuti diet dan porsi makan yang kaya buah segar, sayuran biji-bijian, ikan, daging tanpa lemak, susu rendah lemak dan lemak tak jenuh.

  • Olahraga teratur

Olahraga jangka pendek membantu sel-sel di otot Anda mengambil lebih banyak glukosa yang mengubahnya menjadi energi, sehingga mampu menurunkan gula darah. Sedangkan olahraga jangka panjang akan membuat sel-sel lebih responsif terhadap insulin dan membantu mencegah resistensi.

Luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30 menit sampai 60 menit dalam sehari selama 3 kali seminggu seperti berlari, bersepeda, berenang, atau hanya sekedar jalan santai.

  • Istirahat yang cukup

Selain mengkonsumsi makanan sehat dan juga olahraga teratur, Anda juga bisa mengontrol kadar gula darah Anda secara alami dengan beristirahat dengan cukup, apabila Anda sering beristirahat cukup maka Anda bisa mengurangi resiko untuk terserang penyakit salah satunya kadar gula darah tinggi.

  • Mengonsumsi ikan

Ikan kaya akan protein yang tidak mempengaruhi kadar gula darah sama seperti nutrisi dan karbohidrat lainnya. Berbagai jenis ikan seperti ikan tenggiri, salmon dan herning tingi asam lemak omega 3 yang bisa menurunkan lemak dan menikatkan kesehatan jantung juga.

  • Kayu manis

Ilmuwan jerman menujukan bahwa kayu manis memiliki efek samping yang baik (seperti mirip insulin) untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Selalu konsultasikan pada dokter jika Anda ingin menambahkan ¼-½ sendok teh kayu manis per hari dalam menu diet Anda. Meski ada banyak penelitian yang menyatakan bahwa kayu manis menurunkan kadar gula darah, tetapi dokter Anda juga wajib tahu tambahan makanan dalam menu diet diabetes Anda.

  • Teh Hijau

Ganti minuman bergula dengan teh hijau merupakan cara yang baik untuk mengurangi kalori, menghemat karbohidrat dan mengendalikan kadar gula darah karena dapat meningkatkan sensitvitas insulin, meski buktinya tidak cukup kuat untuk dijadikan rekomendasi pada faktanya sejumlah besar orang telah mencoba bahwa mereka melihat peningkatkan/penurunan kadar gula darah dan kesehatan keseluruhan setelah meminum teh hijau selama beberapa hari.

Itulah beberapa tips mengontrol gula darah tanpa obat. Mengontrol gula darah tidak seharusnya membuatmu merasa tersiksa dan stres. Karena stres dapat meningkatkan kadar glukosa darah dan bukan tidak mungkin beresiko pada terjadinya penyakit diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *