Gerakan Olahraga Untuk Melancarkan Pencernaan

Apa yang terjadi jika pencernaan Anda mengalami gangguan, sangat tidak nyaman bukan? Selain sembelit Anda juga mungkin merasakan permasalahan saat buang air besar. Maka dari itu pentingnya bagi Anda mengetahui dan melakukan beberapa gerakan olahraga untuk melancarkan pencernaan.

Seperti yang telah diketahui olahraga memang mempunyai segudang manfaat untuk tubuh kita, salah satunya untuk melancarkan pencernaan. Proses pencernaan pada setiap manusia berbeda-beda termasuk juga frekuensi dari buang air besar.

Jika seseorang mengalami gangguan pencernaan, seperti pengerasan tinja atau feses maka dapat menyebabkan meningkatnya waktu dan menurunnya frekuensi buang air besar. Kotoran yang sulit dikeluarkan maka akan menempel di dinding usus dan berakibat fatal.

Pada banyak kasus terjadinya susah buang air besar karena menurunnya otot disepanjang saluran pencernaan, mengembalikan fungsi otot seperti semula bisa dilakukan dengan olahraga. Olahraga berhubungan erat dengan gaya hidup yang sehat dan secara tidak langsung sangat berguna untuk mencegah susah buang air besar atau melancarkan pencernaan.

Hal ini karena pada saat melakukan olahraga, kinerja otot-otot dapat terangsang sehingga membantu tinja untuk bergerak keluar dengan cepat. Olahraga juga dapat meningkatkan aliran darah ke usus dan meningkatkan motilitas gastrointestinal. Inilah yang menyebabkan olahraga dapat memperlancar buang air besar.

Gerakan Olahraga Untuk Melancarkan Pencernaan

1. Yoga

Beberapa pose yoga dapat mengurangi stres dan meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan sehingga bisa menstimulasi pergerakan usus. Ada beberapa pose yang dapat Anda lakukan baik pagi, sore, maupun malam hari di rumah.

  • Pose cat dan cow
gerakan-olahraga-untuk-melancarkan-pencernaan

Gerakan pose ini dimulai dengan posisi seperti bayi yang akan merangkak. Kedua telapak tangan dan lutut menempel di matras atau lantai. Ketika pose cat lakukan pembuangan napas. Sedangkan kerika sedang pose cow lakukan penarikan napas. Ulangi gerakannya bergantian cat, cow, cat, cow, dan seterusnya hingga 10 kali tiap pose.

  • Suspine twisting
gerakan-olahraga-untuk-melancarkan-pencernaan

Berbaringlah di atas matras. Pertama, tekuk kaki seperti pose wind relieving dengan satu kaki. Kedua, dorong kaki yang ditekuk ke sisi sebrangnya. Jika kaki kanan yang ditekuk, maka didorong ke kiri dan tahan di pose ini. Posisi bahu harus tetap menempel matras. Hanya kaki yang berpindah.

  • Wind relieving pose
gerakan-olahraga-untuk-melancarkan-pencernaan

Berbaring dengan punggung dan kedua tungkai lurus di atas lantai. Ambil lutut kanan dan tarik ke dada dengan kedua lengan. Tahan sampai 20 kali napas. Kembali ke posisi awal lalu tarik lengan kanan ke atas kepala untuk meregangkan tubuh sisi kanan dan tahan sampai 10 kali napas. Lakukan langkah tersebut untuk tubuh bagian kiri.

  • Downward-facing dog
gerakan-olahraga-untuk-melancarkan-pencernaan

Mulai dengan posisi merangkak, lalu kencangkan tapak kaki dan luruskan tungkai. Luruskan kedua lengan selebar bahu, sementara kaki dibuka selebar paha. Lakukan gerakan ini sampai membentuk huruf ā€œVā€ terbalik. Ambil napas dalam 10 kali akan membantu melepas ketegangan dan menenangkan pencernaan.

  • Standing Froward bend
gerakan-olahraga-untuk-melancarkan-pencernaan

Berdiri dengan kaki dan paha berjarak. Tekuk tubuh ke depan dan bawa ke bawah. Tempelkan perut dan dada sedekat mungkin ke paha. Jatuhkan kedua lengan ke bawah dan tekankan tangan ke telapak kaki, tekuk lutut jika diperlukan. Tarik napas dalam 10 kali sampai Anda merasakan area perut tertekan.

2. Olahraga Kardio

Olahraga ini dapat Olahraga kardio contohnya berjalan, berenang, zumba, dan jogging. Olahraga ini akan meningkatkan pernapasan, detak jantung dan merangsang otot dan saraf agar bekerja secara optimal.

Jika Anda bekerja atau memiliki aktivitas di luar, buatlah tubuh Anda untuk selalu aktif ketika bepergian, contohnya dengan berjalan cepat. Pertama, lakukan pemanasan dengan berjalan biasa selama 5 menit. Kedua, selama 30 menit berjalanlah dengan tempo yang cepat. Ketiga, ketika mendekati menit ke 30, kurangi kecepatan berjalan sambil melakukan stretching.

Itulah beberapa gerakan olahraga untuk melancarkan pencernaan yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah. Semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *