Cara Menjaga Gula Darah Agar Tetap Stabil

Cara menjaga gula darah agar tetap stabil memang merupakan hal yang tak mudah. Pasalnya, ada beberapa penyebab yang tidak pernah kita sadari yang mungkin dapat berpengaruh bagi kadar gula darah kita. Untuk itulah kita dianjurkan untuk memperhatikan asupan makanan sehari-hari, agar gula darah kita tetap stabil.

cara-menjaga-gula-darah-agar-tetap-stabil

Pada dasarnya kadar gula darah yang termasuk normal tidak dapat berpatokan pada angka, karena kadar bisa saja berubah seperti saat sebelum dan juga sesudah makan.

Glukosa adalah salah satu gula atau molekul yang dinilai penting untuk sel darah merah dan juga saraf otak. Darah yang mengalirkan zat gula akan menunjukan sel tubuh sehingga akan mengubahnya menjadi energi. Namun zat gula haruslah bisa melewati pintu masuk untuk bisa sampai di sel tersebut. Salah satu hormon yang akan berperan untuk membuka pintunya adalah zat insulin yang dihasilkan oleh organ tubuh pankreas.

Lalu berapakah kisaran kadar gula darah yang normal?

  • Kadar gula darah normal sebelum makan: 70 sampai 130 mg/dL
  • 2 Jam selesai makan: >180 mg/dL
  • Selama puasa: >100 mg/dL
  • Menjelang tidur berkisar antara 100-140 mg/dl

Terlalu tinggi atau rendahnya kadar gula dalam tubuh akan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Salah satunya menyebabkan penyakit diabetes. Kadar gula darah yang meningkat secara terus menerus juga akan mengakibatkan lemahnya sistem imun dalam tubuh. Sehingga kemampuan seseorang untuk melawan adanya infeksi dalam tubuh akan menurun drastis, akibatnya penderita akan sangat rentan untuk terkena infeksi

Jika kadar gula dalam tubuh berada dalam kisaran yang tidak normal kemudian tidak diatasi dalam waktu lama, biasanya akan memicu terjadinya masalah pada penglihatan, yang akan merusak bagian retina. Anda akan merasakan penglihatan yang kabur yang biasanya sering dianggap sebagai salah satu komplikasi diabetes yang akan mengakibatkan terjadinya kebutaan.

Mengingat akan hal itu, maka sebaiknya lakukanlah pencegahan sedini mungkin dengan melakukan berbagai cara menjaga gula darah agar tetap stabil.

Cara Menjaga Gula Darah Agar Tetap Stabil

1. Menjaga pola makan yang sehat

Upayakan untuk mengonsumsi makanan dalam bentuk aslinya, bukan olahan. Semua makanan yang mengandung protein, serat dan lemak sehat dapat membantu menstabilkan gula darah, terutama ketika Anda mengkonsumsi karbohidrat atau gula seperti kentang, buah atau biji-bijian. Hal ini mampu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, membantu mengontrol nafsu makan, dan juga berperan dalam proses metabolisme dan pencernaan.

2. Memperhatikan porsi makan

Mengontrol porsi makan akan membantu mengatur asupan kalori dalam tubuh, dan secara tidak langsung mampu menurunkan berat badan. Akibatnya, mengontrol berat badan dapat menghasilkan kadar gula darah yang sehat. Hal ini juga telah terbukti mengurangi risiko terkena diabetes.

Ketika Anda hendak makan sebaiknya perhatikan ukuran dan berat makanan, gunakan piring yang kecil, makan perlahan-lahan dan lihat label kandungan kemudian lihat juga seberapa besar porsinya.

3. Olahraga rutin secara teratur

Olahraga jangka pendek membantu sel-sel di otot Anda mengambil lebih banyak glukosa yang mengubahnya menjadi energi, sehingga mampu menurunkan gula darah. Sedangkan olahraga jangka panjang akan membuat sel-sel lebih responsif terhadap insulin dan membantu mencegah resistensi.

Luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30 menit sampai 60 menit dalam sehari selama 3 kali seminggu seperti berlari, bersepeda, berenang, atau hanya sekedar jalan santai. Lakukan olahraga yang Anda sukai yang memungkinkan Anda bergerak.

4. Istirahat cukup

Sebuah penelitian menunjukkan ketika ritme sirkadian (penentu jam biologis tubuh alami) terganggu, maka akan memicu gula darah tinggi atau meningkatkan risiko diabetes. Maka dari itu janganlah suka begadang, karena tidur yang terlalu sedikit akan menyebabkan kualitas tidur yang buruk dan menganggu sekresi insulin. Normalnya tidur yang baik berkisar antara 7-8 jam per malam.

5. Menghindari stress berlebih

Stres yang berlebihan dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat akibat peningkatan pelepasan kortisol alias hormon stres. Tidak hanya membuat gula darah meningkat, namun juga cenderung membuat keinginan untuk terus makan terlebih makanan yang manis.

Di samping itu, Anda juga perlu memantau kadar gula darah Anda. Lakukan pemeriksaan gula darah secara rutin untuk membantu usaha Anda dalam menjaga gula darah tetap normal, dan membantu Anda menentukan apakah Anda perlu melakukan penyesuaian dalam mengonsumsi makanan tertentu nantinya.

Adapun beberapa makanan yang disinyalir dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, diantaranya yaitu brokoli, bayam, kacang hijau, stroberi, oats atau gandum, kayu manis, daging tanpa lemak, minyak zaitun, yoghurt tanpa lemak, beras merah, bawang putih, dan acai berry.

Yang terpenting adalah bagimana Anda mengubah pola pikir tentang hidup sehat dan ada keinginan untuk menjalankannya dengan penuh komitmen. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *