Cara Melancarkan Bab Yang Keras

Cara Melancarkan Bab Yang Keras – Buang air besar yang keras memang menjadi masalah yang cukup mengaganggu. Buang air besar seharusnya dilakukan secara rutin setiap pagi hari. Tapi terkadang ada sebagian orang yang tidak melakukan ritual rutin ini di pagi hari. Bahkan lebih parahnya lagi ada beberapa orang yang melakukan buang air besar hanya 3 kali dalam seminggu.

cara-melancarkan-bab-yang-keras

Sembelit atau susah buang aur besar bisa terjadi pada siapa saja, baik itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Namun kondisi BAB yang keras seringkali dianggap masalah yang sepele. Padahal perlu Anda ketahui bahwa biasanya BAB yang keras menandakan bahwa ada sesuatu yang salah pada pencernaan Anda.

Cara Melancarkan Bab Yang Keras

1. Konsumsi Air Putih Cukup Setiap Hari

Terkadang masalah BAB keras pada kasus sembelit bisa jadi disebabkan oleh kurangnya asupan cairan di dalam tubuh. Nah, air putih ini akan membantu melancarkan BAB yang keras sehingga Anda bisa buang air besar tanpa harus tersiksa. Konsumsilah air putih 1-2 liter dalam sehari. Karena selain bisa membantu mengatasi BAB keras, konsumsi air putih cukup setiap hari juga bagus untuk kesehatan tubuh kita.

2. Mengonsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat ini sangatlah penting bagi kesehatan tubuh dan pencernaan, kekurangan asupan makanan berserat akan menyebabkan Anda terkena sembelit dan BAB keras. Maka dari itu perbanyaklah konsumsi makanan tinggi serat agar BAB Anda bisa lancar dan tidak keras. Adapun makanan berserat diantaranya seperti buah apel, aprikot, wortel, jeruk, roti gandum dan buah pepaya.

3. Berolahraga Rutin

Tubuh yang kurang gerak juga berpengaruh pada pencernaan kita sehingga menyebabkan Anda menjadi susah BAB. Maka dari itu rajin-rajinlah berolahraga, dengan berolahraga otomatis sistem pencernaan lebih dilancarkan karena juga ikut bergerak saat kita bergerak. Sebaiknya Anda lakukan olahraga minimal 15-30 menit setiap harinya.

4. Jangan Mengejan Terlalu Keras

Tetap rileks dan ikuti saja dorongan untuk buang air besar seperti biasa. Jika mengganggu dorongan alamiah buang air besar dengan mengejan secara paksa, malahan tinja akan semakin sulit dikeluarkan karena otot anus sebelah luar (external anal sphincter) justru mempersempit saluran pembuangan.

5. Gunakan Posisi Jongkok

Posisi duduk 90 derajat justru menambah beban otot anus dalam upaya mengeluarkan tinja yang keras karena saluran pembuangan tinja (dari rektum hingga anus) secara anatomi akan tertekuk dan menyempit. Untuk mengurangi beban ini, kita harus jongkok sehingga rektum dan lubang anus sama-sama tegak lurus 180 derajat dengan lantai. Karena tidak lagi mengalami penyempitan dan tidak lagi melawan gaya gravitasi, posisi jongkok akan mempermudah jalan keluar tinja.

6. Mengonsumsi Minyak Zaitun Dan Madu

Minyak zaitun ini berfungsi melicinkan saluran pembuangan dan permukaan tinja yang keras agar lebih mudah dikeluarkan lewat anus. Diperlukan beberapa hari atau minggu untuk merasakan khasiatnya, tergantung seberapa banyak porsi tinja yang sudah mengeras. Anus mungkin akan mengeluarkan rembesan minyak setelah buang air besar.

Sedangkan madu juga bisa Anda gunakan dengan cara hanya meminum 2 sendok teh madu murni sehari 3 kali agar BAB tidak keras dan mudah dikeluarkan.

7. Mengonsumsi Minyak Kastor

Anda juga bisa memanfaatkan minyak kastor sebagai pelancar BAB sekaligus penolong agar BAB tidak keras. Pada waktu perut dalam kondisi kosong setiap pagi, cobalah minum 1-2 sendok makan minyak kastor. Anda bisa coba mengonsumsinya bersama jus buah agar lebih terasa enak.

8. Mengonsumsi Jus Lemon

Anda cukup mengekstrak jus dari ½ buah lemon dan tambahkan ke segelas air hangat. Bisa juga ditambahkan lagi dengan sejumput garam meja serta sedikit madu sebelum kemudian diminum. Selain membuat BAB lebih gampang dikeluarkan, masalah asam lambung atau gangguan pencernaan lain juga dipercaya bisa diatasi dengan air lemon.

9. Minum Air Garam

Diketahui bahwa di dalam jenis garam ini terkandung magnesium sulfat yang rupanya memang terpercaya dalam hal mengatasi sembelit jangka pendek. Untuk anak di atas usia 12 tahun dan orang dewasa, dianjurkan untuk maksimum mengonsumsi 6 sendok teh saja, sedangkan anak usia 6-11 tahun hanya diperbolehkan sampai 2 sendok teh. Namun air garam tidak untuk digunakan dalam pemakaian jangka panjang.

10. Biasakan BAB Sesuai Jadwal

Jika Anda sudah terbiasa BAB di pagi hari maka pastikan bahwa setiap hari Anda wajib untuk BAB di pagi hari. Jangan sampai melewatkan BAB karena jika kita melewatkan BAB 1 hari saja maka keesokan paginya BAB akan menjadi keras. Jadi, sangat penting untuk membiasakan BAB sesuai jadwal dan dilakukan setiap hari.

Itulah beberapa cara melancarkan BAB yang keras yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Untuk pencegahannya sebaiknya Anda mengonsumsi cukup makanan yang mengandung serat. Semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *