Perkiraan Biaya Operasi Batu Ginjal

Operasi batu ginjal merupakan salah satu alternatif cara menghilangkan batu ginjal jika kondisi yang ada sudah tergolong parah. Bukan tidak mungkin perkiraan biaya operasi batu ginjal ini tentu sangat tidak sedikit.

Ukuran batu ginjal yang masih kecil, sebenarnya tidak akan menimbulkan masalah. Namun masalah akan timbul jika batu ginjal tumbuh menjadi besar dan dapat mengganggu kinerja ginjal bahkan dapat menyumbat ureter.

perkiraan-biaya-operasi-batu-ginjal

Apa yang Anda rasakan ketika mendengar kata operasi, sangat mengerikan bukan. Memang langkah operasi memang terbilang menakutkan dengan segala risiko yang memang jauh lebih dapat mengancam jiwa. Lalu apa alasan seseorang perlu melakukan operasi batu ginjal? Bukankah hanya dengan melakukan pengobatan medis/alami saja sudah cukup?

Seseorang dikatakan perlu melakukan tindakan operasi batu ginjal jika :

  • Ukuran batu ginjal sudah cukup besar
  • Gagal dalam melakukan metode pengobatan lain
  • Terjadi kelainan bawaan sehingga berpengaruh terhadap sistem saluran kemih serta proses aliran urin menuju kandung kemih serta ginjal.

Jenis Operasi Batu Ginjal

1. ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy)

Prosedur operasi ini lebih kepada penghancuran batu ginjal yang memanfaatkan gelombang suara frekuensi tinggi atau ultrasound. Gelombang ini dapat menembus kulit dan menghancurkan batu ginjal menjadi ukuran yang lebih kecil lagi. Metode operasi ESWL biasanya tidak berlangsung lama, hanya sekitar satu jam lamanya. Pasien dapat pulang di hari yang sama dengan operasi tersebut. Metode ESWL tetap dapat dijadikan pilihan karena 99% efektif untuk menghancurkan batu berukuran diameter diatas 20mm.

2. Percutaneous Nephrolithomy (PCNL)

Metode PCNL dapat dilakukan dengan menggunakan alat berukuran teleskopik bernama nephroscope. Sayatan kecil akan dibuat di belakang tubuh pasien, kemudian alat nephroscope akan dimasukkan melalui sayatan ini hingga ke ginjal. Batu ginjal dapat ditarik menggunakan penyedot yang ada pada alat ini. Dapat juga dihancurkan dengan menggunakan laser yang ada pada alat. Metode PCNL memiliki presentasi keberhasilan hingga 86% pada batu ginjal yang memiliki diameter 21 – 30 mm.

3. Ureteroskopi

Cara kerja metode ini adalah dengan menggunakan scope yang kecil dan fleksibel. Dengan alat inilah dokter akan mengangkat batu ginjal dan memasukkannya ke dalam ureter lewat kandung kemih dan uretra. Keluarnya urine biasanya akan melewati uretra sebagai jalur terakhir yang datang dari kandung kemih kemudian menuju ke luar tubuh.

4. Electrohydraulic Lithotripsy (EHL)

Metode electrohydraulic lithotripsy ini cukup ampuh untuk menghancurkan batu ginjal yang berukuran kecil. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan gelombang yang terbentuk dari tenaga listrik. Metode ini cocok digunakan untuk menghancurkan batu ginjal yang ada dimanapun di saluran kemih.

5. Operasi Terbuka

Metode ini jarang sekali dilakukan. Kondisi yang memungkinkan dilakukannya operasi terbuka adalah jika menemukan batu ginjal yang ukurannya sangat besar, batu ginjal menyangkut di ureter dan menghalangi aliran urin. Cara ini cukup jarang dilakukan dizaman modern ini, namun tetap bisa dilakukan asalkan pengerjaan dilakukan oleh seorang dokter yang terpercaya.

Perkiaraan Biaya Operasi Batu Ginjal

Pelaksanaan operasi memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ada banyak biaya yang diperlukan mulai dari perawatan hingga pemulihan operasi batu ginjal.

Biaya operasi tersebut tergantung dari rumah sakit dan jenis pelayanan yang dipilih. Namun biasanya biaya operasi batu ginjal berada di kisaran antara Rp. 7.000.000 hingga Rp.25.000.000 atau diatas Rp7.000.000. Ini belum termasuk biaya obat, maupun biaya rawat inap. Sedangkan biaya untuk melakukan check-up berkisar antara Rp.100.000 sampai Rp.200.000. Bagaimana jumlah biaya yang dikeluarkan sangat tidak sedikit bukan?

Jika Anda berobat ke Amerika, biayanya akan lebih besar lagi. Dikutip dari NewChoiceHealth.com, rata-rata biaya operasi batu ginjal dengan metode ESWL adalah $17.400 atau sekitar Rp. 235.000.000. Ini sudah termasuk biaya obat, jasa dokter, hingga rawat inapnya.

Meskipun peralatan medis di zaman sekarang sudah sangat canggih, itu semua tidaklah menjamin 100% kesembuhan karena mau bagaimanapun canggihnya teknologi buatan manusia, tetap memiliki kekurangan dan dampak bahaya yang ditimbulkan. Berikut beberapa resiko/efek samping operasi batu ginjal :

  • Gangguan fungsi ginjal
  • Pendarahan yang cukup lama akibat pemakaian alat operasi yang tak steril
  • Hadirnya penyakit / komplikasilain pasca operasi
  • Infeksi darah

Demikianlah informasi mengenai perkiraan biaya operasi batu ginjal di rumah sakit besar di Indonesia beserta metode dan juga efek sampingnya. Semoga bermanfaat!

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *