Penyebab Radang Tenggorokan Sering Kambuh

Penyebab Radang Tenggorokan Sering Kambuh – Gejala radang tenggorokan seperti sakit tenggorokan memang dapat membuat rasa tidak nyaman dan membuat penderitanya susah menelan. Penyakit ini juga akan membuat penderitanya sulit untuk bicara sehingga dapat menganggu aktivitas harian mereka.

Kondisi ini dapat memengaruhi semua orang, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Siapapun bisa mengalami radang tenggorokan baik anak-anak, orang dewasa, atau orang lanjut usia. Namun anak-anak berusia antara 5 sampai 15 tahun cenderung paling sering terkena penyakit ini.

penyebab-radang-tenggorokan-sering-kambuh

Penyebab Radang Tenggorokan Sering Kambuh

Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh beberapa jenis virus seperti virus flu, pilek, mononukleosis, campak, cacar air. Sedangkan beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan radang tenggorokan antara lain adalah bakteri Streptococcus pyogenes atau kelompok A streptokokus, gonorrhea, serta klamidia.

Namun ada pula beberapa faktor pemicu lain yang bisa menyebabkan radang tenggorokan yaitu :

  • Udara

Jika didalam ruangan memiliki udara yang sangat pengap dan panas, ada kemungkinan penyebab tersebut dapat memunculkan tenggorokan anda menjadi terasa gatal dan kasar.

  • Otot tenggorokan menjadi tegang

Otot didalam tenggorokan juga bisa menegang, karena diakibatkan penderita sering berteriak ketika sedang bernyanyi dan berbicara dalam jangka waktu lama tanpa istirahat.

  • Alergi

Jika sistem kekebalan tubuh sering sensitif terhadap debu, rumput, kotoran hewan, peliharaan, bakteri dari zat kimia yang dapat mengakibatkan hidung menjadi tersumbat, mata berair, bersin serta iritasi tenggorokan. Dari semua hal tersebut dapat menyebabkan penderita, lebih rentan terkena iritasi tenggorokan.

  • Bahan kimia

Sering berada didalam ruangan yang penuh dengan asap rokok, bahan-bahan kimia, sering minum alkohol dan mengonsumsi makanan pedas juga bisa memicu terjadinya radang tenggorokan.

  • Penyakit gastroesophageal reflux

Merupakan suatu kondisi dimana asam lambung menuju kerongkongan yang dapat membawa makanan dari mulut keperut serta dapat memunculkan rasa nyeri pada ulu hati. Hingga pada akhirnya dapat menyebabkan rasa rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Jika Anda mengalami radang tenggorokan, biasanya Anda akan mengalami rasa tidak nyaman dalam tenggorokan. Gejala lain yang muncul biasanya tergantung pada penyebabnya, gejala umum yang muncul pada radang tenggorokan adalah sakit tenggorokan, demam, sakit kepala, nyeri sendi/nyeri otot, ruam kulit, pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher.

Jika Anda mengalami gejala diatas sebaiknya lakukan pengobatan sejak dini untuk menghindari risiko KOMPLIKASI yang mungkin terjadi. Cara mengurangi gejala sakit tenggorokan pun bisa Anda lakukan di rumah, yaitu :

  1. Berkumur dengan air garam hangat untuk meredakan radang atau bengkak di tenggorokan
  2. Berkumur dengan perasan air lemon
  3. Minum cukup air putih, terutama jika Anda sedang demam
  4. Hindari iritasi tenggorokan dengan tidak mengonsumsi minuman atau makanan yang terlalu panas

Demikian informasi singkat penyebab radang tenggorokan sering kambuh dan penanganannya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *