Penyebab Radang Paru Paru Pada Anak

penyebab-radang-paru-paru-pada-anak

Radang paru-paru merupakan masalah kesehatan yang dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Kondisi fisik anak yang terbilang sangat mudah terkena penyakit dari pada orang dewasa sangat sering dijadikan faktor utama atas penyebab radang paru paru pada anak.

Paru-paru merupakan salah satu organ yang sangat penting yang dimiliki oleh setiap manusia. Mengingat fungsinya yang sangat penting, paru-paru ini rentan mengalamai masalah/gangguan salah satunya penyakit radang-paru.

Penyakit ini menyebabkan banyak kematian pada anak bila tidak di tangangi secara benar. Bahkan data yang di miliki oleh departemen ilmu kesehatan anak FKUI-RSCM setidaknya 1 anak dari setiap 4 menit mati karena penyakit radang paru-paru. Radang paru paru pada anak kebanyakan adalah komplikasi dari penyakit flu dan batuk.

Penyebab Radang Paru Paru Pada Anak

Radang paru-paru meruapakan salah satu gangguan pada paru-paru yang menyerang bagian tertentu paru-paru yang disebut alveolus. Alveolus sendiri merupakan kantong udara yang sangat kecil didalam paru-paru.

Berikut ini ada beberapa penyebabnya, yaitu :

  • Bakteri. Penyakit radang paru paru yang disebabkan oleh bakteri ini sering terjadi pada orang dewasa, bakterinya adalah hemophilus influenzae, staphylococcus, streotococcus pneumoniae, dan legionella.
  • Virus. Selain bakteri, penyakit radang paru paru juga bisa disebabkan oleh serangan virus, ada dua virus yang sering mengakibatkan terjadinya penyakit radang paru paru, yaitu virus penyakit influenza dan virus penyakit cacar air.
  • Jamur. Penyakit radang paru paru juga bisa disebabkan oleh serangan jamur, namun jamur yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit radang paru paru adalah jamur tertentu.
  • Organisme mirip bakteri. Biasanya orang yang memiliki resiko tinggi untuk menderita penyakit radang paru paru yang disebabkan oleh organisme mirip bakteri ini adalah mereka yang masih berusia anak anak dan remaja.

Masa inkubasi radang paru-paru pada anak terangung dari penyebabnya. Jika disebabkan oleh baktei masa inkubasinya cukup lama yaitu sekitar 7 hari. Namun jika disebabkan karena virus hanya memerlukan inkubasi sekitar 3-7 hari.

Gejalanya sendiri yang paling mudah dikenali adalah gejala demam yang tak kunjung sembuh, sesak nafas, dan campak. Namun ada cara mudah untuk mengetahui jika anak kita terserang radang paru-paru atau tidaknya yaitu dengan menghitung nafas setiap 1 menit. Berikut ini adalah acuannya :

  1. Pada anak usia 2 bulan bila menderita pneumonia nafasnya lebih cepat dari pada 60x/menit
  2. Pada penderita dengan usia 2-12 bulan nafasnya lebih cepat 50x/menit
  3. Pada penderita 1-5tahun nafasnya 4x/menit

Anda dapat menghitung nafas anak untuk melihat gejala awal radang sinusitis, sebab biasanya gejala awal tidak terasa sama sekali. Untuk mendapatkan hasil atau diagnosa yang jelas ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Tips Mencegah Radang Paru Paru Pada Anak

  • Menghindarkan anak dari polusi udara di sekitar
  • Mewaspadi perubahan cuaca
  • Menjaga kebersihan anak
  • Menjaga asupan nutrisi dan gizi yang cukup
  • Istirahat yang cukup
  • Memelihara kesehatan lingkungan
  • Melakukan pemeriksaan/cek kesehatan rutin
  • Memberikan anak pengetahuan sebanyak-banyaknya mengenai penyakit radang paru-paru

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *