Pantangan Radang Tenggorokan

pantangan-radang-tenggorokan

Kondisi radang tenggorokan yang Anda derita akan dapat bertambah parah jika Anda mengonsumsi beberapa pantangan radang tenggorokan yang seharusnya dihindari. Dengan menghindari pantangan tersebut, selain untuk membantu proses penyembuhan juga dapat mencegah penyakit tersebut datang.

Pada kebanyakan masyarakat memandang bahwa penyakit sekelas radang tenggorokan tidak begitu berbahaya karena dapat segera sembuh dengan beberapa obat alami (tradisional). Bahkan sebagian masyarakat meyakini radang tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya. Padahal jika terus dibiarkan tanpa adanya perlakuan apapun akan berakibat fatal, dapat menular dan menyebar melalui udara pada saat batuk.

Gangguan pada tenggorokan memang tidak nyaman dan cukup menganggu. Apalagi saat menelan makanan atau minuman tentu akan terasa menyakitkan. Pada saat menderita radang tenggorokan hampir semua jenis makanan dan minuman favorit mesti dihindari atau dijauhi sampai benar-benar sembuh. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Makanan pedas

Makanan yang terasa pedas mungkin cukup ampuh untuk dapat meredakan gejala demam serta pilek yang sedang Anda alami. Namun sebaiknya jangan pernah coba-coba untuk mengkonsumsinya pada saat sedang mengalami sakit radang tenggorokan. Karena efek makanan yang pedas dapat membuat kondisi sakit radang tenggorokan Anda semakin bertambah parah.

Sebaiknya Anda berhenti sementara untuk mengonsumsi makanan pedas seperti cabai, cengkeh, lada, pala, paprika dan rempah-rempah lainnya.

  • Makanan asam

Buah jeruk, jus lemon, permen karet yang mengandung asam manis dapat memicu gatal ketika Anda sakit tenggorokan. Jangan pula Anda memakan makanan yang mengandung cuka atau vinegar, makanan jenis tersebut akan memperparah rasa sakit dikerongkongan pada saat menelan.

  • Makanan berminyak

Makanan berminyak memang bukan termasuk makanan yang menyehatkan, makanan seperti gorengan juga dapat membuat tenggorokan Anda akan semakin sakit pada saat menelannya. Selain gorengan, sebaiknya Anda juga menghindari berbagai makanan kering, misalnya seperti sereal, kacang dan juga biskuit ketika sedang sakit radang tenggorokan.

  • Produk Susu

Hal ini termasuk olahannya seperti keju, yogurt ataupun susu itu sendiri, berbagai macam produk seperti itu harus dihindari oleh para penderita sakit radang tenggorokan.

Jika ada kerabat yang menyarankan Anda untuk meminum segelas susu panas untuk menyembuhkan nyeri pada tenggorokan, jangan Anda minum. Banyak orang yang belum mengetahui bahwa susu akan memperburuk rasa sakit pada tenggorokan. Susu menyebabkan peningkatan produksi lendir di dalam tubuh, yang memicu rasa gatal pada tenggorokan.

  • Makanan/minuman yang mengandung kafein dan alkohol

Kafein dan alkohol memang tidak baik untuk kesehatan termasuk untuk radang tenggorokan, karena dapat menyebabkan tenggorokan gatal dan sakit. Anda bisa menggantikan kopi dengan meminum secangkir teh jahe herbal untuk membuat tenggorokan merasa lebih nyaman dan mengurangi rasa gatal.

  • Makanan berlemak

Makanan berlemak tidak hanya buruk bagi kolesterol namun juga berdampak negatif pada penderita faringitis. Kandungan lemak yang tinggi akan sulit dicerna oleh tubuh yang berdampak menurunnya sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh penting karena akan membasmi virus penyebab radang tenggorokan. Sebaiknya hindari makanan berlemak seperti daging merah, makanan laut, dan makanan kemasan.

  • Minuman bersoda

Minuman bersoda merupakan pencetus terjadinya GERD dan berpengaruh pada katup lambung dan tenggorokan yakni dengan menurunkan tekanan katup lambung dan menaikan asam lambung. Naiknya asam lambung tentu akan berdampak buruk pada tenggorokan Anda, jadi sebaiknya hindari minuman bersoda.

Itulah beberapa pantangan radang tenggorokan yang sebaiknya Anda hindari agar kondisi yang Anda secepatnya bisa pulih. Semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *