Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Radang Usus

Salah satu penyebab terjadinya radang usus adalah akibat pola makan ataupun konsumsi makanan yang tidak sehat. Mengetahui beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita radang usus akan membantu proses penyembuhan dan perawatan yang dilakukan dapat lebih cepat.

makanan-yang-harus-dihindari-penderita-radang-usus

Tidak semua makanan baik untuk tubuh termasuk bagi penderita radang usus, pasalnya ada beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi mereka dan justru malah akan memperparah kondisi radang usus yang terjadi.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Radang Usus

1. Makanan Pedas

Makanan pedas memang dapat mebangkitkan nafsu makan bagi para pecintanya. Tapi jika berlebihan ada bahaya yang akan mengintai diri Anda. Saat makan makanan pedas seperti cabai, tubuh seseorang akan bereaksi lebih cepat dari biasanya. Makanan pedas ini akan mengaktifkan sistem saraf simpatik, yang membantu mengendalikan sebagian organ dalam tubuh, yang bisa mengeluarkan lebih banyak energi.

Beberapa bahan aktif dalam makanan pedas juga akan menyebabkan peradangan jaringan sehingga mukosa lambung atau usus mungkin dapat rusak. Maka dari itu penderita radang usus sebaiknya menghindari makanan pedas ini untuk meminimalisir resiko kondisi yang lebih parah.

2. Makanan Berlemak

Makanan ini seperti mentega, margarin, saus krim, dan makanan yang digoreng dapat menyebabkan diare. Terutama jika Anda memiliki radang usus, Anda tidak akan mencerna lemak dengan normal.

Hindari juga makanan yang mempunyai kandungan asam trans-fatty karena mereka dapat mengiritasi lapisan lambung, meningkatkan tekanan darah, menyebabkan obesitas dan penyakit jantung. Makanan dengan asam trans-fatty termasuk makanan olahan, margarin, dan makanan lainnya seperti kerupuk, kue, dan donat.

3. Makanan/Minuman Yang Mengandung Kafein & Alkohol

Kandungan kafein seperti didalam kopi tidak baik dikonsumsi secara berlebihan oleh penderita radang usus karena dapat merusak saluran pencernaan. Sedangkan alkohol memiliki kandungan zat yang dapat memperparah kondisi radang usus besar.

4. Makanan Mengandung Serat

Banyak buah-buahan serta sayuran yang mengandung serat yang tidak baik bagi penderita radang usus besar. Makanan yang mengandung serat ini diantaranya, biji gandum, kacang-kacangan, serta selalu mengkonsumsi buah tanpa kulit. Selain itu sayuran seperti, brokoli, kubis, kembang kol dan kubis brussel. Makanan ini dapat menyebabkan gas. Gas dalam sayuran tersebut bisa memicu terjadinya iritasi pada usus.

5. Produk Susu

Peradangan yang terjadi pada usus besar, perut Anda menjadi tidak memiliki kemampuan untuk mencerna lemak dan asam dengan baik. Oleh karena itu, batasi asupan susu, termasuk susu penuh lemak, keju, yogurt, dan es krim. Namun Anda bisa mengganti produk susu olahan lainnya yakni susu kedelai dan susu almond.

6. Makanan Cepat Saji / Junkfood

7. Makanan yang mengandung santan

8. Makanan yang mengandung garam, gula, dan vitsin yang tinggi

9. Makanan dan minuman yang mengandung senyawa karsinogen

10. Makanan instan, seperti mie instan, mie ayam, dan mie bakso

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari penderita radang usus. Jika penderita tetap memaksa mengonsumsi makanan tersebut bukan tidak mungkin akan memiliki dampa besar yang berbahaya dan memperparah kondisi radang usus yang terjadi.

Untuk membantu memperbaiki kondisi dan proses penyembuhan radang usus besar, Anda juga harus mengimbanginya dengan kebiasaan/gaya hidup yang lebih sehat. Gunakan waktu untuk istirahat yang cukup dan lakukan kebiasaan olahraga ringan secara rutin dan teratur.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *