Gejala Radang Paru Paru Pada Orang Dewasa

Radang paru-paru merupakan tergolong penyakit yang berbahaya dan dapat mematikan jika tidak ditangani dengan baik. Siapapun bisa terkena penyakit ini termasuk orang dewasa. Untuk itu Anda harus mewaspadai apa saja gejala radang paru paru pada orang dewasa agar bisa ditangani sedini mungkin.

gejala-radang-paru-paru-pada-orang-dewasa

Penyakit ini biasanya ditanda oleh infeksi pada bagian parenkim paru-paru. Umumnya virus atau bakteri tersebut akan menyerang bagian alveoli atau kantung udara kecil yang berada dalam paru-paru. Biasanya alveoli akan dipenuhi dengan cairan yang telah terinfeksi. Kondisi ini nantinya dapat mengurangi kerja paru-paru termasuk persediaan dari oksigen.

Kebiasaan hidup yang buruk khususnya pada orang Indonesia membuat orang dewasa ini rentan terkena penyakit radang paru-paru. Sebagai langkah pencegahan atau pembekalan dini tentunya Anda harus tahu apa saja gejala radang paru paru pada orang dewasa.

Gejala Radang Paru Paru Pada Orang Dewasa

  • Batuk berdahak

Gejala pertama yang paling umum akan di alami oleh mereka yang terkena radang paru paru adalah akan mengalami batuk. Batuk penderita radang paru paru ini akan mengakibatkan batuk yang parah seperti halnya batuk yang berlendir, jika penyakit ini di sebebkan karena virus atau bakteri mka bisa menyebabkan batuk berdarah.

  • Nyeri Dada

Mereka yang terkena radang paru paru umumnya akan mengalami nyeri dada. Hal ini diakibatkan oleh saluran pernafasan sudah mendapatkan efek dari bakteri atau virus yang berkembang cukup pesat sehingga tubuh akan lebih sulit mendapatkan oksigen.

  • Sakit Kepala

Sakit kepala bisa terjadi akibat dari bagian otak yang kekurangan oksigen. Saluran pernafasan telah mendapatkan serangan dari bakteri atau virus sehingga, kadar oksigen dalam otak juga sangat rendah. Kondisi bisa menjadi lebih buruk jika penderita tidak bisa beristirahat karena sulit bernafas.

  • Demam dan menggigil

Kondisi tubuh akan semakin drop jika kita mengalami infeksi virus dan bakteri. Demam yang terjadi akibat radang paru-paru bisa semakin parah dan membuat tubuh kita seperti menggigil. Apalagi pada malam hari, suhu tubuh kita cenderung semakin tinggi sehingga membuat tubuh menjadi menggigil.

  • Mengalami denyut jantung yang cepat

Dalam kondisi normal jantung bekerja untuk memompa darah ke semua bagian tubuh kemudian, darah mengedarkan oksigen ke tubuh. Namun ketika tubuh tidak mendapatkan cadangan oksigen yang cukup maka jantung juga akan bekerja sangat keras dan pompa jantung akan sangat cepat. Hal inilah yang berpengaruh pada denyut jantung yang cepat dari biasanya.

  • Nafas jadi lebih cepat dan berbunyi

Peradangan pada bagian kantung kecil di paru-paru membuat sistem pernapasan terganggu. Hal ini membuat kita jadi bernapas tidak teratur. Biasanya orang yang mengalami radang paru-paru akan jadi mudah lelah saat melakukan aktivitas fisik yang berat ataupun terlalu lelah. Hal ini juga disebabkan napas kita yang jadi lebih cepat akibat infeksi pada bagian paru-paru.

Tak hanya itu, karena nafas tidak bisa berjalan dengan baik dan hambatan virus dan bakteri yang sudah berkembang paru-paru maka nafas bisa berbunyi.

  • Nyeri otot

Otot tubuhpun akan terpengaruhi dan tidak bisa bekerja dengan baik. Akibatnya penderita akan merasakan nyeri otot bagian tertentu umumnya pada leher.

  • Berkurangnya nafsu makan

Kondisi peradangan paru-paru akan menyebabkan tekanan pada lambung yang berakibat asam lambung akan naik. Akibatnya penderita menjadi tidak nafsu makan dan berat badanpun dapat menurun secara drastis.

  • Mual dan muntah

Susahnya bernapas membuat paru-paru bekerja lebih keras dan membuat tekanan yang lebih berat kepada lambung. Kondisi ini membuat asam lambung menjadi naik dan akan berujung pada rasa mual bahkan hingga muntah.

Itulah beberapa gejala radang paru paru pada orang dewasa yang harus kita waspadai. Sebaiknya segera lakukan penanganan sedini mungkin jika Anda mengalami beberapa gejala diatas. Karena jika tidak segera diobati kondisi radang paru-paru Anda justru dapat bertambah parah bahkan dapat memicu komplikasi penyakit berbahaya lainnya seperti :

  1. Bakteri dan virus penyebab radang paru-paru bisa masuk ke dalam aliran darah sehingga menyebabkan infeksi menyebar ke semua bagian tubuh.
  2. Penumpukan cairan di paru-paru yang akan menyebabkan paru-paru tidak berfungsi dengan baik.
  3. Radang paru-paru bisa menyebabkan pembentukan nanah dibagian paru-paru.

Setelah mengetahui bahaya tersebut , maka ada bainya Anda selalu waspada dan melakukan pencegahan sedini mungkin akan terhindar dari penyakit yang berbahaya ini. Hindari paparan asap rokok/kebiasaan merokok, gunakan masker saat hendak keluar rumah untuk mencegah polusi udara masuk, lakukan pola makan yang sehat dan olahraga teratur.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *