Gejala Awal Penyakit Batu Ginjal

gejala-awal-penyakit-batu-ginjal

Gejala awal penyakit batu ginjal memang terkadang tidak pernah disadari oleh penderitanya. Untuk itulah Anda sebaiknya perlu waspada, dan lakukan pencegahan guna menghindari resiko buruk akibat dari penyakit batu ginjal ini.

Ginjal merupakan organ vital dalam tubuh manusia, maka dari itu organ ini rentan mengalami gangguan jika kita tidak bisa menjaga kesehatan ginjal. Batu ginjal merupakan penyakit berasal dari terbentuknya material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang dipisahkan ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.

Kondisi batu ginjal akan mengalami beberapa tahap yaitu, awal, lanjut, dan akut/kronis. Beberapa tahap tersebut memiliki dampak buruk bagi kesehatan ginjal akan tetapi kondisi yang lebih dikhawatirkan adalah kronis/akut maka dari itu sangat penting bagi kita semua untuk memahami beberapa gejala batu ginjal sedini mungkin.

Gejala Awal Batu Ginjal

  1. Rasa sakit yang sangat pada bagian punggung bagian samping, tepatnya pada bagian di bawah tulang rusuk
  2. Rasa sakit yang menyebar ke perut bagian bawah hingga pangkal paha
  3. Rasa sakit yang timbul saat menggerakan badan dan terjadi dalam kurun waktu yang sering
  4. Sakit saat buang air kecil
  5. Air seni berwarna kemerah-merahan, coklat pekat, atau merah
  6. Air seni berbau menusuk.
  7. Mual atau muntah
  8. Sering ingin buang air kecil
  9. Terjadi demam yang disebabkan oleh adanya infeksi
  10. Sering buang air kecil dengan air seni yang keluar sedikit

Rasa sakit sebagai gejala batu ginjal dapat berubah-ubah tempat, karena seiring berjalannya waktu batu ginjal dapat mengalami perubahan posisi di dalam sistem urin di dalam tubuh. Dan seiring dengan berjalannya waktu pula, gejala yang ditimbulkan batu ginjal dapat semakin parah.

Segera kunjungi dokter apabila gejalanya sudah seperti berikut:

  • Rasa sakit yang sangat yang mengakibatkan anda sulit untuk duduk, atau pun saat rasa sakit tersebut membuat tidak nyaman dalam posisi apapun
  • Terdapat darah di dalam urin

Jika anda sudah merasakan berbagai gejala yang mengindikasikan jika anda menderita batu ginjal, dokter akan melakukan beberapa tes untuk memastikan apakah benar anda mengalami batu ginjal atau tidak. Tes tersebut meliputi tes darah, tes urin dan menggunakan sinar x.

Penyakit batu ginjal memang memiliki kecenderungan berulang, tetapi pencegahannya sangat mudah. Anda harus memperhatikan dua hal berikut:

  1. Konsumsi air sesuai kebutuhan tubuh. Jika Anda mengonsumsi cukup air, warna urine akan terlihat cerah
  2. Perhatikan pola makan. Jika batu ginjal Anda adalah jenis batu kalsium, maka hindari makanan yang mengandung banyak oksalat. Oksalat akan menghalangi penyerapan kalsium. Namun, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengubah pola makan

Demikian informasi gejala awal penyakit batu ginjal dan pencegahannya. Semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *