Cara Mencegah Batu Ginjal Agar Tidak Kambuh

cara-mencegah-batu-ginjal-agar-tidak-kambuh

Siapapun bisa terkena penyakit batu ginjal. Bahkan orang yang dulunya mempunyai riwayat penyakit batu ginjal serta sudah divonis sembuh total bisa beresiko kembali munculnya batu ginjal/kambuh kembali. Nah, untuk itulah sebaiknya ketahui bagaimana cara mencegah batu ginjal agar tidak kambuh.

Proses terbentuknya batu ginjal diawali oleh fungsi penting dari ginjal itu sendiri. Ginjal menyaring semua mineral dan berbagai zat asam yang tercampur dengan darah dan urin. Ketika ada banyak zat berbentuk seperti kristal maka ini akan mendorong terbentuknya batu ginjal. Beberapa pendorong terbentuknya batu ginjal kambuh kembali adalah sebagai berikut :

  • Kalsium berlebihan yang tidak diserap oleh tubuh dan terdapat pada urin
    Asam urat yang terlalu tinggi
  • Urin yang mengandung asam sangat tinggi sehingga bersifat alkali
  • Gangguan sistem metabolisme karena tubuh mendapatkan kalsium dalam jumlah yang sangat tinggi
  • Konsumsi berbagai jenis obat tertentu yang bisa menyebabkan ginjal bekerja terlalu berat

Cara Mencegah Batu ginjal Agar Tidak Kambuh

1. Mintalah dokter untuk mengenali jenis batu ginjal Anda.

Sangat penting untuk mengetahui jenis batu ginjal manakah yang dimiliki sehingga upaya khusus dapat dilakukan untuk mencegahnya terbentuk kembali.

2. Selektif dalam memilih makanan dan minuman

  • Konsumsi banyak air putih
    Ketika anda banyak minum air maka ginjal akan terus bekerja untuk menyaring semua cairan itu. Hal ini mungkin akan membuat anda sering buang air kecil. Proses ini akan membuat semakin kecil jumlah mineral yang menumpuk pada ginjal karena keluar dari tubuh bersama dengan urin.
  • Konsumsi sumber kalsium dan oksalat bersama
    Hal ini terjadi ketika sebenarnya proses penyerapan kalsium dan oksalat memang terjadi dalam satu waktu. Usus dan ginjal akan mendapatkan sari makanan dari sumber makanan yang mengandung oksalat dan kalsium. Jadi konsumsi kedua jenis kebutuhan nutrisi ini bersamaan bisa mencegah batu ginjal.
  • Hindari makanan dengan purin tinggi
    Untuk mencegah batu ginjal maka harus menghindari konsumsi berbagai jenis makanan penyebab asam urat yang mengandung purin dalam jumlah tinggi seperti daging merah, jeroan, kerang dan beberapa makanan laut.
  • Konsumsi lebih banyak serat
    Beberapa penilitian menunjukkan bahwa serat yang tidak dapat larut akan menyatu dengan kalsium di dalam urine dan dikeluarkan melalui kotoran. Hal tersebut membantu mengurangi jumlah kalsium yang tersisa di dalam urine. Seperti gandum untuh, buah, sayuran bayam.
  • Batasi protein hewani
    berbagai jenis makanan yang mengandung daging merah, unggas, makanan laut, telur, dan berbagai jenis makanan dari hewan bisa meningkatkan pembentukan batu ginjal. Bahkan makanan yang mengandung protein terlalu tinggi juga bisa meningkatkan kadar asam sitrat. Kondisi ini biasanya terbentuk dalam urin dan tidak mampu disaring oleh ginjal. Jadi pilih jenis protein yang alami dari buah dan sayuran.
  • Batasi konumsi makanan yang mengandung gula tinggi
    jenis gula yang terbuat dari sirup gula atau pemanis buatan bisa menyebabkan batu ginjal. Gula pemanis bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal karena kandungan fruktosa yang sangat tinggi. Ginjal tidak memiliki kemampuan kuat untuk menyaring fruktosa secara terus-menerus dan ini menyebabkan batu ginjal terbentuk dalam ginjal

Tak hanya itu pencegahan juga harus diimbangi dengan perubahan gaya hidup sehat. Seperti rutin berolahraga dengan teratur minimal 30 menit sehari, istirahat yang cukup, menjaga pola makan yang sehat dan teratur, jauhi kebiasaan merokok dan menghindari stress berlebihan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *