Bahaya Penyakit Radang Tenggorokan Kronis

bahaya-penyakit-radang-tenggorokan-kronis

Pennyakit radang tenggorokan yang terjadi dan dibiarkan begitu saja tanpa adanya pengobatan justru malah akan sangat berbahaya dan masuk dalam tahap yang kronis. Bahaya penyakit radang tenggorokan kronis ini dapat mengintai dan bahkan dapat mengancam nyawa penderitanya.

Penyakit radang tenggorokan ini akan menyerang bagian batang tenggorokan dan mengakibatkan pembengkakan, sehingga warna tenggorokan atau pun amandel berubah warna menjadi lebih merah dari yang biasanya juga muncul bintik – bintik berwarna putih. Biasanya para penderita penyakit radang tenggorokan ini enggan untuk makan tau pun minum karena terasa sakit bahkan terasa nyeri saat sedang menelan makanan atau minuman.

Penyakit ini juga membuat suhu tubuh si pendirita agak sedikit naik dari suhu sebelumnya. Gejala lain dari penyakit bradang tenggorokan ini juga bisa membuat kepala anda terasa sakit bahkan kepala Anda terasa pusing, sehingga Anda malas untuk bekerja atau pun melaksanakan kegiatan dan juga aktivitas harian Anda.

Bahaya Penyakit Radang Tenggorokan Kronis

Jika tidak ditangani dengan baik, infeksi akut pada tenggorokan dapat menimbulkan komplikasi, hal ini karena bakteri atau virus penyebab radang tenggrokoan akan dapat menyebar luas ke bagian organ tubuh lain dan menyebabkan infeksi baru.

Berikut beberapa bahanya, diantaranya yaitu :

1. Rusaknya klep jantung

Bakteri yang sudah masuk ke organ jantung dapat merusak bagian klep jantung. Biasanya bagian dari group A betahemolitis streptococus. Salah satu gejalanya sore throat atau radang tenggorokan, namun beberapa penyakit jantung dipengaruhi oleh pola makan yang salah dan gaya hidup yang tidak sehat secra terus menerus.

2. Campak

Radang tenggorokan yang tak kunjung sembuh bahkan sampai 5 hari setelahnya disertai nafsu makan berkurang, batuk dan bisul kecil mungkin penderita juga terinfeksi virus lain, dan dimungkinkan terkena campak.

3. Sakit kuning

Ketika radang tenggorokan semakin parah bahan sampai 6 minggu tak kunjung sembuh, kemungkinan ada virus lain yang masuk kedalam tubuh dan menyerang bagian hati.

4. Radang ginjal

Terjadinya radang ginjal salah satu gejalanya adalah radang tenggorokan yang sudah semakin parah. Bakteri yang menyebabkan radang tersebut semakin menjalar dan merusak ginjal.

5. Bronkhitis

Radang tenggorokan yang semakin parah juga bisa menjadi komplikasi dari radang paru-paru atau bronkhitis. Hal ini dikarenakan bakteri yang sudah masuk merusak tenggorokan serta menjalar untuk merusak paru paru Anda.

6. Sinusitis

Bahaya penyakit radang tenggorokan kronis juga bisa menyebabkan penderitanya terkena sinusitis. Hal ini di sebabkan karena bakteri streptococcus sudah menyerang sinus dan merusaknya.

Tips Mencegah Radang Tenggorokan

  • Sebisa mungkin hindarilah kontak langsung dengan orang yang sedang mengalami radang tenggorokan. Karena ada kemungkinan penyakitnya disebabkan infeksi virus atau bakteri yang bisa menular.
  • Cuci tangan menggunakan sabun secara teratur sebelum dan sesudah makan. Cuci tangan juga setelah menggunakan toilet, sehabis menutup mulut dan hidung saat bersin dan batuk. Jika tak memungkinkan mencuci tangan dengan air seperti saat di perjalanan, sediakan alat cuci berbasis alkohol atau hand sanitizer yang mudah digunakan dimanapun kapanpun.
  • Jangan berbagi alat makan seperti piring, gelas, sendok dengan orang lain.
  • Gunakan masker saat membersihkan rumah atau saat mengendarai motor agar debu kotor tidak masuk ke hidung dan mulut.Berhentilah merokok dan jauhi asap rokok bagi Anda yang tidak merokok. Asap rokok bisa menjadi salah
  • satu sebab iritasi pada tenggorokan.
  • Jangan lupa jaga kesehatan tubuh dengan istirahat yang cukup, olahraga yang teratur dan makan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi.

Itulah beberapa tindakan sederhana yang dapat kita lakukan sebagai cara mencegah radang tenggorokan. Tidak sulit untuk melakukannya, hanya diperlukan komitmen. Dengan melakukan tindakan pencegahan diatas semoga kita terhindar dari ancaman bahaya radang tenggorakan kapanpun dan dimanapun kita berada.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *