Ternyata Yoghurt Memiliki Khasiat Untuk Redakan Amandel

Yoghurt termasuk sumber makanan tinggi probiotik yang mengandung bakteri baik dalam membantu melancarkan pencernaan. Namun ternyata yoghurt memiliki khasiat untuk redakan amandel juga lho! Benarkah?

ternyata-yoghurt-memiliki-khasiat-untuk-redakan-amandel

Yoghurt merupakan minuman fermentasi dari susu yang memiliki rasa asam dan sedikit tajam namun sangat menyegarkan. Pembuatan yoghurt memang tidak sama dengan minuman lainnya. Karena berasal dari susu dan harus melewati proses yang panjang.

Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yogurt. Yoghurt juga tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat

Manfaat Yoghurt Untuk Redakan Amandel

Yoghurt memiliki kandungan probiotik yang sangat penting salah satunya untuk meredakan gejala amandel dan mencegah amandel. Anda bisa mengonsumsi yoghurt alami atau yoghurt produksi rumahan. Hal ini untuk mencegah minuman probiotik dari campuran bahan perasa, pemanis dan pewarna.

Probiotik akan mambantu dalam membasmi bakteri dan virus penyebab amandel. Tak hanya itu dengan mengonsumsi yoghurt secara rutin maka gejala sakit tenggorokan dan gejala lainnya dapat mereda dengan perlahan.

Yoghurt juga memiliki manfaat untuk menjaga kebersihan mulut dan ggi yang menjadi faktor penting untuk mencegah timbulnya peradangan atau masalah di bagian amandel. Selain dengan mengonsumsi yoghurt Anda juga harus rajin menyikat gigi dan berkumur, untuk mencegah masuknya bakteri dan kuman berbahaya ke dalam tubuh.

Yoghurt bisa dikonsumsi siapa saja karena dinilai aman, terutama bagi orang dewasa yang memiliki kondisi kesehatan baik. Meski demikian, bagi orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti intoleransi laktosa dan alergi susu, sebaiknya tidak mengonsumsi yoghurt.

Manfaat Yoghurt Lainnya Untuk Kesehatan

  1. Menjaga Tulang Tetap Sehat
    Semangkuk yoghurt dapat memberi Anda banyak kalsium dan vitamin D. Kedua komponen ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium yang ada didalam yoghurt juga membantu menjaga kepadatan dan memperkuat tulang sepanjang hidup Anda.
  2. Baik Untuk Kesehatan Kulit
    Yoghurt membantu Anda untuk memiliki kulit bersih dan mulus. Asam laktat dalam yoghurt bertindak sebagai exfoliator, yang membantu menyingkirkan sel-sel mati. Selain dikonsumsi Anda juga dapat menggunakan yogurt sebagai masker agar kulit wajah lebih sehat.
  3. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
    Tak hanya kalsium, yoghurt juga mengandung banyak kalium. Kandungan kalium ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  4. Mengandung Berbagai Jenis Vitamin
    Satu porsi yoghurt dapat memberikan berbagai nutrisi seperti kalium, fosfor, vitamin B5, seng, yodium dan ribofalvin. Yoghurt juga kaya akan vitamin B12, yang diperlukan untuk menjaga sel-sel darah merah dan menjaga fungsi kerja sistem saraf.
  5. Membantu Menurunkan Berat Badan
    Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh International Journal of Obesity pada tahun 2005, asupan kalsium melalui yoghurt membantu tubuh menggunakan lemak yang tersimpan. Dengan demikian, hal ini membantu Anda memiliki tubuh yang lebih ramping.
  6. Meningkatkan Kesehatan Usus
    Kultur aktif yoghurt membantu meringankan kondisi pencernaan tertentu seperti intoleransi laktosa, konstipasi, diare, kanker usus besar dan penyakit usus.

Demikian beberapa khasiat yogurt yang bisa Anda dapatkan untuk redakan gejala amandel dan fungsi kesehatan lainnya. Selain itu karena rasanya yang enak yoghurt bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, baik langsung, menggunakan biskuit atau dicampurkan dengan buah. Yoghurt juga bisa dikonsumsi kapanpun baik pagi hari, siang, ataupun malam. Bagi Anda yang diet juga yoghurt bisa menggantikan makan malam dan menukar karbohidrat dengan mengonsumsi yoghurt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *