Pantangan Saat Sakit Cacar Air

Pantangan Saat Sakit Cacar Air – Penyakit cacar air memang tidak terdengar asing lagi di telinga kita. Pasalnya penyakit ini merupakan penyakit menular yang dapat menyerang siapa saja termasuk anak-anak sampai orang dewasa.

Penyakit ini memang tidak tergolong berbahaya, namun jika dibiarkan begitu saja tanpa perawatan yang benar makan virus penyebab cacar air ini akan semakin menyebar dan malah lebih sulit/lebih lama untuk sembuh. Nah, untuk meminimalisir hal itu ada baiknya Anda mengetahui apa saja pantangan saat sakit cacar air yang tidak boleh dilakukan/dihindari agar proses penyembuhan cacar air bisa cepat.

Pantangan Saat Sakit Cacar Air

pantangan-saat-sakit-cacar-air

1. Menghindari suhu dingin

Suhu dingin atau hawa dingin dapat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Hawa dingin juga akan membuat virus penyebab cacar air lebih mudah menyerang dan berkembang lebh banyak. Hawa dinginj juga akan membuat bintik pada kulit semakin bertambah banyak, tidak kunjung kering dan semakin lama sembuhnya.

2. Hindari terlalu sering terkena air

Jika terkena air, ruam atau luka yang disebabkan oleh cacar air akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengering. Oleh karena itu para penderita disarankan agar mandi satu kali dalam sehari.

3. Dilarang menggaruk bintil cacar

Jika digaruk maka akan memicu penyebaran virus semakin luas. Apalagi jika digaruk dengan keadaan tangan yang kotor, justru malah akan memicu penyakit baru yaitu infeksi.

4. Tidak berdekatan dengan orang lain

Hal ini dimaksudkan agar virus penyebab cacar air tersebut tidak mudah menular ke orang lain. Jadi sebaiknya jaga jarak atau menjauhkan diri agar orang lain atau orang terdekat tidak ikut mengalami penyakit cacar air.

5. Tidak memakai baju yang sama

Pakaian termasuk handuk, sapu tangan bahkan semua benda yang dipakai oleh si penderita, sebaiknya jangan digunakan oleh orang lain. Bila perlu, pakaian kotor yang akan dicuci haruslah dipisahkan dari pakaian yang lain.

Itulah beberapa pantangan saat sakit cacar air yang wajib Anda hindari. Bagi Anda penderita cacar air, disarankan juga untuk memilih makanan tertentu yang baik dikonsumsi. Perlu diperhatikan dan perlu Anda hindari makakan seperti makanan cepat saji, jeruk, makanan pedas, makanan bergaram tinggi, produk olahan susu, buah citrus, coklat, kopi, olahan dari terigu atau gandum, makanan berbau amis dan junkfood.

Tips Mencegah Agar Cacar Air Tidak Tertular

Upaya pencegahan cacar air agar tidak tertularpun sebaiknya perlu dilakukan. Berikut diantaranya :

  • Anak yang terkena cacar air harus berada di rumah dan tidak sekolah untuk sementara waktu
  • Anak-anak yang belum pernah menerima vaksin sebaiknya harus segera mendapatkan vaksin untuk mencegah cacar air
  • Jika salah satu anggota keluarga terkena cacar air, maka buatlah wilayah khusus untuk mereka. Hal ini untuk mencegah penularan agar tidak terjadi.
  • Anak-anak atau orang yang terkena cacar air harus mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi agar tubuh tetap kuat dan bis pulih dari infeksi dengan cepat.

Lakukan upaya pencegahan tersebut, agar Anda atau anak Anda tidak mudah tertular oleh penyakit cacar air ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *