Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Amandel Bengkak

Amandel memiliki fungsi yang begitu banyak dan cukup berpengaruh besar terhadap tubuh. Akan tetapi tetap saja bagian ini memiliki kelemahan tersendiri yakni amandel tidak tahan terhadap makanan yang menjadi pantangannya. Lalu apa saja pantangan makanan bagi penderita penyakit amandel bengkak?

Amandel sendiri merupakan jaringan limfoid yang berada di daerah faring/tenggorokan. Amandel berfungsi sebagai tempat memfilter kuman, bakteri dan mikroorganisme lain yang akan masuk kedalam tubuh melalui bagian saluran pernfasan, sebagai produsen antibody, sebagai pembentuk jaringan lokal dan juga sebagai pelawan infeksi selaput lendir.

Namun tetap saja amandel bisa mengalami gangguan tertentu. Salah satunya radang amandel. Kandungan pada makanan biasanya seringkali menjadi penyebab yang paling banyak membuat amandel harus bekerja ekstra dalam memerangi bakteri dan mikroorganisme yang dibawa kedalamnya.

Gejala yang umum dirasakan dan cukup menganggu yaitu timbulnya sakit kepala, dema, nyeri di bagian tenggorokna, bau mulut bahkan batuk. Pada kondisi yang umum biasanya gejala akan dapat pulih dalam kurun wakti kurang lebih 4 hari.

Lantas apa sajakah pantangan makanan yang wajib dihindari oleh penderita amandel?

Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Amandel Bengkak

pantangan-makanan-bagi-penderita-penyakit-amandel-bengkak

1. Makanan Pedas

Makanan pedas pada dasarnya dapat melukai bagian amandel. Memang cukup sulit menghindari makanan pedas, apalagi Indonesia sendiri dikenal dengan sajian makanan yang berbumbu dan bercita rasa pedas. Tidak lengkap rasanya jika dalam sebuah hidangan makanan rasa pedas tidak disertakan bersama-sama dengan masakan tersebut.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa makanan pedas bisa menggugah selera makan. Bahkan orang yang mengonsumsi makanan yang tidak pedas akan kurang bergairan pada saat menyantap makanannya. Contoh makanan pedas yang harus Anda hindari adalah saus, sambal cabai, dan merica.

2. Makanan Instan

Makanan instan mengandung bumbu-bumbu yang biasanya memiliki kandungan perasa dan pengawet yang berlebihan. Untuk itu selama Anda mengalami peradangan sebaiknya hidari mengonsumsi makanan instan seperti mie instan, makanan yang mengandung banyak micin, jajanan dan makanan ringan.

3. Buah Durian

Durian memiliki bau yang cukup menyengat, dan bila dimakan pun terkadang akan meninggalkan rasa sebah, itu sebabnya lebih baik hentikan makan durian ketika sedang terserang penyakit radang amandel ini.

4. Menghindari Konsumsi Alkohol

Minuman ini dapat merusak jaringan-jaringan pada amandel, sehingga amandel bisa saja infeksi karena tidak dapat menahan senyawa dan zat yang masuk melalui alcohol tersebut, bahkan dengan mengkonsumsi alkohol tidak hanya amandel yang akan rusak, namun semua jaringan tubuh bisa rusak akibatnya.

5. Ikan

Ada beberapa alasan mengapa tidak boleh mengonsumsi banyak ikan, selain kandungan yang ada didalam ikan, yang sangat sensitif pada amandel adalah karena ikan juga mengandung banyak duri. Dikhawatirkan duri-duri itu akan mengenai amandel bersama dengan nasi yang dimkan sehingga akan menambah luka pada amandel tersebut.

6. Menghindari Minuman Dingin

Minuman dingin sangat sensitif sekali pada amandel yang sedang meradang akibat suhu yang berbeda dengan kondisi amandel. Sehingga penyesuaian amandel akan menjadi radang yang bertambah parah. Selain itu juga sebaiknya hindari minuman instan/diseduh dan minuman bersoda.

7. Makanan Asam

Makanan asam seperti buah jeruk, lemon, permen karet dan lainnya harus dihindari oleh penderita amandel karena kandungan asamnya dapat menyebabkan gatal saat sakit tenggorokan.

Itulah beberapa pantangan makanan bagi penderita penyakit amandel bengkak. Pantangan makanan diatas sebaiknya dihindari agar peradangan amandel yang Anda alami semakin membaik dan sembuh. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *