Jenis Makanan Yang Sehat Untuk Penderita Cacar Air

jenis-makanan-yang-sehat-untuk-penderita-cacar-air

Beberapa makanan memang memiliki pengaruh buruk bagi kondisi penderita cacar air. Untuk itu pentingnya bagi Anda untuk memilih jenis makanan yang sehat untuk penderita cacar air apa saja yang sebaiknya dikonsumsi.

Penyakit cacar air ini bisa menyerang siapapun baik balita hingga orang dewasa. Bagi orang yang sedang mengalami cacar air, tidak hanya aktivitas yang dibatasi tetapi makanan juga menjadi salah satu tantangan utama. Jika ingin lekas sembuh dari penyakit cacar ini maka harus bisa memilah dan memilih makanan yang cocok dan mana makanan yang tidak baik dikonsumsi.

Memilih makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh akan jauh lebih baik lagi. Ketika penderita mengalami peningkatan dalam daya tahan tubuhnya, kesembuhan pun otomatis menjadi lebih cepat. Di bawah ini merupakan jenis makanan yang sehat untuk penderita cacar air, diantaranya yaitu :

  • Buah-buahan

Untuk melawan virus cacar air ini, tentunya diperlukan pasokan vitamin dan nutrisi yang tepat. Beberapa buah-buahan, terutama yang mengandung kadar vitamin C cukup tinggi, memang dikatakan baik bagi penderita cacar air. Selain itu, buah-buahan yang dimaksud juga mengandung efek anti-histamin guna mengurangi reaksi histamin -gejala alergi.

Itulah mengapa alasan buah-buahan menjadi makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita cacar air. Berikut adalah beberapa buah-buahan yang direkomendasikan untuk penderita cacar air yaitu pepaya, strawbeery kiwi, apel, mangga, alpukat, semangka, pir dan nanas.

  • Teh Herbal

Beberapa jenis teh herbal yang berasal dari chamomile, kemangi, dan kayu manis bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita cacar air. Paslnya, penderita cacar air ini, rentan sekali dengan kehilangan nafsu makan yang pada kelanjutnnya akan menyebabkan dehidrasi. Teh herbal ini bisa menjadi salah satu solusi alternatif yang baik untuk penderita.

  • Jahe

Tak hanya ampuh menjadi obat batuk alami dan aman, jahe pun mampu meningkatkan daya tahan tubuh penderita cacar air. Antimikroba diketahui terkandung di dalam jahe dan kandungan inilah yang begitu ampuh melawan berbagai jenis bakteri dan infeksi.

Jahe pun juga bersifat antioksidan yang siap melawan radikal bebas dan membuat tubuh senantiasa sehat. Kandungan di dalamnya juga ada mineral yang akan memenuhi asupan yang dibutuhkan tubuh penderita. Anda dapat mengkonsumsinya langsung atau diminum dalam bentuk wedang.

  • Yogurt

Penderita cacar air tidak boleh mengkonsumsi makanan yang bertekstur kasar, tentu mengonsumsi yogurt adalah pilihan yang baik. Ada banyak jenis makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, namun banyak dari makanan tersebut bertekstur keras sehingga tidaklah dianjurkan. Yogurt juga adalah jenis makanan baik yang mengandung bakteri baik sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan dan meringankan gejala cacar air.

  • Bawang Putih

Bawang putih adalah bumpu dapur yang dianjurkan untuk penderita cacar air karena merupakan salah satu makanan yang bisa menaikkan daya tahan tubuh. Kandungan allcin-lah bawang putih ini lebih terpercaya dalam membasmi segala infeksi dan bakteri yang menginvasi tubuh.

  • Sup Ayam

Sup ayam hangat adalah menu tepat bahkan untuk yang menderita flu serta demam. Semangkuk sup ayam setiap hari selama mengalami cacar air bakal sangat membantu dalam menormalkan kembali daya tahan tubuh yang sempat turun.

  • Tomat

Tomat adalah jenis sayur yang dianjurkan untuk memulihkan cacar air lebih cepat. Selain itu, tomat juga adalah sayur yang mengandung banyak air sehingga sangat bagus dalam menambah asupan cairan tubuh. Ketika asupan cairan dipenuhi, otomatis penderita cacar air juga akan merasa lebih baik. Konsumsi dengan menjadikannya sup atau memakannya langsung bisa dilakukan.

  • Ubi Jalar

Membentengi tubuh kita dari serangan berbagai virus dan bakteri, tentu ubi jalar yang direbus akan sangat baik. Sebaiknya ubi jalar tidak digoreng, Anda bisa menyajikannya dengan cara dibuat kolak.

  • Sayur Mayur Lainnya

Sayur juga merupakan makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita cacar air karena kandungan vitamin C dan daya anti-histamin tinggi juga diperlukan untuk mengurangi gejala cacar air. Terdapat beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan hal-hal tersebut. Sayuran seperti bayam, seledri air, paprika, brokoli, kubis dan juga wortel.

Selain megonsumsi jenis makanan yang sehat untuk penderita cacar air, ternyata mengonsumsi air putih yang cukup juga dapat mengurangi gejala cacar air. Karena cacar air datang ditemani dengan demam tinggi, dengan mendapatkan asupan cairan yang cukup gejala yang ada dapat mereda perlahan.

Hindari juga konsumsi makanan yang akan membuat rasa cacar air makin terasa seperti, makanan asin, makanan pedas, buah citrus, coklat, kopi, alkohol, junkfood, produk olahan susu, makanan berminyak, dan olahan dari terigu atau gandum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *