Pijat Pengapuran Tulang

Nyeri sendi yang tertahankan merupakan salah satu gejala pengapuran yang paling umum terjadi. Pasalnya nyeri ini dapat diredakan dengan terapi pijat. Pijat pengapuran tulang bisa Anda lakukan untuk memberikan efek baik secara tradisional.

Pengapuran tulang adalah penyebab nyeri sendi yang paling sering terjadi di masyarakat, terutama bagi mereka yang sudah berusia lanjut. Penyakit ini disebabkan oleh pengapuran sendi akibat proses penuaan. Biasanya pengapuran tulang terjadi pada sendi-sendi besar yang menyokong tubuh seperti lutut dan pinggul.

Terapi Pijat Pengapuran Tulang

Sebuah penelitian menunjukan bahwa selain dengan terapi obat-obatan, ternyata cara menyembuhkan pengapuran tulang dapat Anda lakukan dengan jenis terapi pelengkap, salah satunya adalah pijat. Peneliti Amerika serikat melakukan penelitian terhadap hal ini dan menemukan pijat khusus yang dilakukan 2 kali seminggu selama 6 minggi dapat mengurangi nyeri dan kekakuan sendi pada penderita pengapuran tulang.

Walaupun belum cukup kuat, beberapa penelitian telah membuktikan adanya manfaat pijat untuk mengurangi rasa nyeri dan kaku pada penderita pengapuran tulang. Namun demikian, pijat tidak dapat menyembuhkan secara total, tetapi hanya mengurangi gejala yang timbul akibat pengapuran tulang.

Adapun terapi pijat yang bisa dilakukan, pakailah minyak zaitun atau minyak kelapa untuk dioles ke bagian yang nyeri. Kemudian pijat area tersebut dengan lembut sehari beberapa kali. Tetapi jika memang kondisi menjadi lebih buruk atau tak kunjung ada kemajuan segera hentikan.

Pijat memang memiliki manfaat yang sangat banyak, namun untuk melakukannya harus dilakukan oleh seseorang yang sudah mengerti dan paham akan pijat atau saraf saraf manusia. Karena jika tidak dilakukan dengan benar,pijat juga bisa menimbulkan resiko pada sebagian orang.

Manfaat pijat lainnya, yaitu :

  1. Meningkatkan energi
  2. Meningkatkan sirkulasi darah
  3. Meningkatkan fungsi saraf
  4. Sebagai relaksasi
  5. Mengatasi migrain dan sakit kepala
  6. Membuat tubuh menjadi lebih segar
  7. Menyembuhkan kaki yang keseleo

Itulah beberapa manfaat pijat lainnya yang bisa Anda rasakan. Nah, jika Anda ingin melakukan pijat pengapuran tulang ada baiknya harus dilakukan dengan benar dan oleh ahli di bidangnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko kesalahan dalam memijat dan manfaat yang dirasakan akan didapatkan.

Untuk menjaga pengapuran sejak dini kami menyarankan Anda untuk mengonsumsi banyak kalsium dan vitamin D, karena jika kekurangan zat tersebut tentunya tulang akan tidak sehat dan bisa keropos. Kalsiu dan vitamin bisa Anda dapatkan dari makanan sehari-hari yang dikonsumsi dan vitamin D bisa didapat dari berjemur di pagi hari. Semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *