Pencegahan Bursitis

pencegahan-bursitis

Bursitis memang terdengar asing bagi sebagian masyarakat kita. Padahal resiko bahaya penyakit ini lebih besar dari beberapa penyakit lainnya. Untuk itulah diperlukan tindakan pencegahan bursitis sedini mungkin, agar resiko terkena bursitis semakin terminimalisir.

Bursitis merupakan peradangan dan pembengkakan pada bursa. Bursa merupakan kantong cairan yang letaknya di bawah kulit atau biasanya diatas sendi, yang berfungsi sebagai bantalan diantara tulang dan tendon.

Penyebab buruk yang paling umum adalah gerakan atau posisi berulang yang memberikan tekanan pada bursa di sekitar sendi. Contohnya yaitu :

  • Terlalu sering menggerakan sendi, misalnya bursitis pada daerah siku yang terjadi pada pemain tenis
  • Bersandar pada siku untuk waktu yang lama
  • Berlutut luas untuk tugas seperti meletakan karpet atau menggosok lantai.

Siapapun bisa terkena penyakit bursitis ini, tetapi faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko Anda untuk terserang bursitis termasuk diantaranya adalah penuaan dan pekerjaan atau hobi yang membutuhkan gerakan berulang atau tekanan pada bursa tertentu.

Tergantung pada sendi yang bermasalah, tiap orang mungkin mengalami gejala yang berbeda. Beberapa tanda dan gejala umum diantaranya adalah rasa sakit, kekakuan, pembengkakan, kemerahan dan kesulitan menggunakan sendi yang bermasalah.

Jika Anda mengalami gejala bursitis disertai demam atau mengalami gejala bursitis yang tidak kunjung reda dalam waktu dua minggu, maka disarankan untuk menemui dokter. Biasanya bursitis dapat didiagnosis dengan mudah oleh dokter melalui pemeriksaan biasa pada bagian luar tubuh yang mengalami sakit dengan didukung keterangan pasien seputar gejala yang dirasakan dan penyebab atau apapun aktivitas mereka yang berkaitan dengan gejala.

Dokter kemungkinan akan mengambil sampel cairan dari bursa dan di teliti di laboratorium untuk mengetahui apakah bursitis disebabkan oleh infeksi bakteri atau komplikasi asam urat. Jika gejala tak kunjung sembuh dokter akan melakukan cara menyembuhkan bursitis dengan pemberian obat.

Selain dengan obat sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala nyeri dan pembengkakan, diantaranya yaitu :

  • Menempelkan kantung es pada area bursitis selama 10-20 menit, yang diulang tiap beberapa jam sekali
  • Topang bagian bursitis saat Anda tidur, misalnya dengan bantalan, untuk membantu mengurangi peradangan
  • Jangan berdiri terlalu lama jika bursitis Anda terjadi pada pinggul, lutut, atau pergelangan kaki
  • Menggunakan alat pelindung pada sendi yang bengkak untuk menghindari cedera kedua yang dapat memperparah kondisi, misalnya pelindung lutut.
  • Jika bursitis terjadi pada bagian salah satu sisi tubuh, hindarilah tidur miring dengan posisi permukaan kasur mengenai langsunga bagian yang sakit.

Cara Pencegahan Bursitis

Tentunya Anda tidak ingin gejala bursitis membatasi ruang gerak Anda sehari-hari bukan? Untuk itulah lakukan pencegahan sedini mungkin mulai dari sekrang. Cara pencegahannya yaitu :

  1. Melakukan pemanasan dan peregangan minimal selama 6 menit sebelum melakukan aktivitas berat untuk melindungi sendi Anda dari cedera
  2. Memperkuat otot dengan berolahraga agar dapat membantu melindungi sendi yang terkena
  3. Menggunakan pelindung lutut untuk mengurangi tekanan pada lutut Anda jika akan melakukan pekerjaan atau hobi yang membutuhkan banyak berlutut.
  4. Beristirahat secara teratur saat melakukan aktivitas fisik yang melibatkan gerakan berulang-ulang pada satu bagian otot
  5. Melakukan latihan yang dapat melenturkan dan menguatkan otot
  6. Menjaga berat badan ideal

Itulah beberapa cara pencegahan bursitis yang bisa Anda lakukan. Jika Anda ingin merasakan hidup sehat, Anda juga bisa melakukan pencegahan diatas sehingga Anda tidak akan merasakan keluhan apapun didalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Jangan lupa juga imbangi pencegahan dengan menjaga asupan nutrisi yang sehat dan gaya hidup sehat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *