Manfaat Bawang Merah Untuk Kista Ganglion

manfaat-bawang-merah-untuk-kista-ganglion

Manfaat bawang merah yang membuatnya fenomenal di dunia medis adalah kemampuannya dalam memerangi kanker dan berbagai penyakit berbahaya. Keistimewaan lainnya yaitu manfaat bawang merah untuk kista ganglion yang sudah dipercaya sejak dulu akan khasiatnya yang ampuh.

Pada umumnya bawang merah digunakan sebagai bumbu masakan, dan kerap menjadi bumbu wajib karena menjadi semacam penguat rasa bagi masakan. Bahkan bawang merah goreng atau biasa kita sebut dengan bawang goreng, menjadi favorit sebagian masyarakat karena rasanya yang gurih dan sangat lezat dipadukan dengan beberapa masakan. Padahal sebenarnya bawang merah akan lebih berkhasiat jika dikonsumsi dalam keadaan masih mentah dan belum dimasak.

Lalu bagaimana jika mengonsumsi bawang merah yang masih mentah? Sepertinya agak berfikir sejenak untuk memakannya bukan, tapi jangan dulu seperti itu, karena manfaat bawang merah yang akan kita peroleh, cukup mengobati ketidakenakan karena memakannya.

Bawang merah ternyata sudah lama dikenal dan dpercaya akan khasiatnya dalam mengempiskan benjolan ganglion. Ganglion adalah kista yang cenderung berkembang di sekitar tangan atau pergelangan tangan yang berisi cairan kapsul, tetapi kemungkinan akan tumbuh dalam ukuran yang lebih besar.]

Manfaat Bawang Merah Untuk Kista Ganglion

Bawang merupakan alium sayuran yang telah lama dibudidayakan selama berabad-abad dalam menambah lezat pada makanan, tetapi mereka juga membudayakan akan sifat obatnya. Bawang adalah makanan padat nutrisi, rendah kalori, bervitamin dan sifat antioksidan.

Satu cangkir cingcang mengandung sekitar 64 kalori, 15 gram karbohidrat, 0 gram lemak, 3 gram serat, 7 gram gula, 2 gram protein dan 10% atau lebih dari nilai harian vitamin C, vitamin B6 dan mangan. Bawang merah gufa mengandung sejumlah kalsium, zat besi, folat, magnesium, fosfor dan kalium serta antioksidan quercetin dan sulfur.

Kandungan antioksidan dan quercetinnya yang tinggi memiliki peran dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan pertumbuhan sel kanker, antijamur, antibakteri dan anti-inflamasi.

Lalu bagaimana cara mengolah bawang merah untuk mengempiskan kista ganglion?

  1. Anda cukup sediakan 1-2 siung bawang merah
  2. Kemudian kupas kulit luar bawang merah tersebut
  3. Lalu cuci terlebih dahulu dan tumbuh sampai halus
  4. Kemudian balurkan tumbukan yang sudah halus ke area ganglion
  5. Diamkan sampai beberapa menit.

Pemanfaatan bawang merah sebagai cara menyembuhkan kista ganglion ternilai sangat efektif, selain mudah dilakukan juga penyembuhan dapat berangsur secara alami.

Namun Anda perlu tahu, meskipun tidak sangat serius, makan bawang dapat menyebabkan masalah bagi sebagian orang. Karbohidrat dalam bawang dapat menyebabkan gas dan kembung. Menurut sebuah penelitian bawang terutama jika dikonsumsi mentah, dapat memperburuk mulas pada orang yang menderita sakit maag kronis atau penyakit refluks lambung.

Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan atau alergi terhadap bawang. Meskipun jarang terjadi, orang yang mengalami alergi bawang merah mungkin mengalami kemerahan, mata gatal, dan ruam jika bawang merah bersentuhan dengan kulit.

Tips Tambahan Untuk Mengatasi Kista Ganglion

  • Jangan membenturkan kista dengan benda berat karena dapat merusak kulit
  • Jangan mencoba meletuskan kista dengan menusukkan jarum, karena dapat menyebabkan infeksi
  • Jika kista di pergelangan tangan hindari gerakan berulang
  • Jika kista pada kaki hindari memakai sepatu yang tidak menyentuhnya.
  • Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter jika ukuran kista meningkat dengan cepat atau menyebabkan nyeri untuk waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *