Jenis Hematoma

Hematoma merupakan salah satu penyakit dengan kondisi dimana terkumpulnya darah tidak normal di luar pembuluh darah. Banyak ragam jenis hematoma yang perlu Anda ketahui, tak hanya itu kumpulan darah yang diakibatkan oleh penyakit ini pun ukurannya sangat bervariasi.

jenis-hematoma

Hematoma dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, dan darah yang keluar dari pembuluh darah tersebut akan menimbulkan rasa nyeri di jaringan sekitar dan timbul berbagai gejala radang atau inflamasi lainnya.

Dinding pembuluh darah kita memiliki kemampuan untuk terus menerus memperbaiki diri bila terluka dan ini adalah kondisi normal. Jika lukanya kecil, maka perbaikan akan dilakukan dengan pembentukan bekuan darah dan jaringan fibrin (senyawa protein untuk menutup luka). Namun jika darah terkena tekanan hebat, dan kerusakan pembuluh arah luas maka darah akan selalu bocor melalui dinding yang rusak. Hal inilah yang disebut hematoma dan akan semakin membesar.

Jenis Hematoma Yang Perlu Anda Ketahui

  1. Hematoma subkutan, adalah lebam dan memar di kulit. Hal ini terjadi akibat cedera pada pembuluh darah di bawah kulit.
  2. Hematoma payudara, berkumpulnya darah di dalam payudara akibat perdarahan internal.
    Hematoma intra-abdominal, terjadi di bagian dalam perut. Hal ini bisa terjadi akibat beragam cedera atau kondisi medis tertentu.
  3. Hematoma epidural, adalah hematoma yang muncul karena cedera pada bagian kepala di mana terdapat pembuluh arteri meningeal tengah. Darah akan berkumpul pada ruang epidural, antara bagian luar selaput otak dengan tulang tengkorak.
  4. Hematoma telinga, muncul karena cedera yang mengakibatkan perdarahan di struktur tulang rawan telinga, persis di bawah kulit telinga.
  5. Hematoma septum, terjadi jika seseorang mengalami cedera hidung. Jika tidak segera diobati, tulang rawan akan rusak dan septum akan robek.
  6. Hematoma intramuskular, terjadi di dalam jaringan otot. Bisa menyebabkan terhambatnya suplai darah ke otot sehingga otot dan pembuluh darah di sekitarnya bisa rusak permanen.
  7. Hematoma subungual, biasanya hasil dari cedera pada jari tangan atau kaki. Darah akan berkumpul di bawah kuku, sehingga menyebabkan rasa nyeri.
  8. Hematoma perianal, terjadi pada batas luar anus.
  9. Hematoma subdural, hematoma yang muncul karena cedera pada bagian kepala. Namun, cederanya terjadi pada pembuluh darah vena di otak, sehingga kebocoran darah terjadi secara perlahan. Darah akan terkumpul pada ruang subdural (di bawah selaput otak) yang lebih luas dan butuh waktu lebih lama sebelum akhirnya gumpalan tersebut menekan jaringan otak.
  10. Hematoma intraserebral, terjadi pada jaringan otak sendiri. Salah satu penyebabnya adalah hipertensi tidak terkontrol.
  11. Hematoma scalp, hematoma yang terjadi di luar tengkorak di bawah kulit kepala dan kadang bisa dirasakan seperti benjol.

Itulah beberapa jenis hematoma yang patut Anda waspadai. Nah, untuk mencegah terjadinya hematoma, maka sebisa mungkin Anda menghindar risiko mengalami benturan keras.

Gejala yang ditimbulkan hematoma ini bergantung dari lokasi, ukuran dan juga apakah hematoma tersebut menimbulkan pembengkakan atau tidak. Gejala yang umum terjadi yaitu iritasi/radang, pembengkakan, kemerahan pada bagian yang tekena hematoma, dan sakit kepala.

Pengobatan hematoma tidak hanya dilakukan dengan mengunjungi dokter. Namun ada cara menyembuhkan hematoma lain yang bisa Anda lakukan jika hematoma yang muncul pada kulit dan jaringan lunak. Anda hanya cukup dengan istirahat, mengompres dengan es batu, pembalutan atau penekanan untuk menghentikan pendarahan, dan elevasi (mengangkat organ tubuh lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi aliran darah ke area yang mengalami pendarahan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *