Gerakan Yoga Untuk Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Yoga merupakan suatu olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya bagi keluhan sakit pinggang sebelah kiri. Gerakan yoga untuk sakit pinggang sebelah kiri ini dapat Anda lakukan di rumah dengan mudah.

Yoga sendiri sebenarnya sudah diperkenalkan sangat lama sekali, kira-kira 200 tahun sebelum masehi. Pada saat ini yoga merupakan salah satu alternatif olahraga yang banyak diminati, karena manfaatnya yang sangat banyak. Yoga juga tidak membutuhkan kekuatan fisik prima seperti olahraga lainnya.

Yoga cocok dilakukan oleh semua usia, jenis kelamin dan segala kondisi medis. Melakukan yoga sebagai olahraga sangatlah penting, ia efektif membantu para manula, ibu hamil, serta sebagai alternatif cara menyembuhkan sakit pinggang sebelah kiri dan keluhan kesehatan lainnya.

Banyak orang yang menganggap sakit pinggang hanya dapat menyerang orang yang sudah lanjut usia saja. Namun sebenarnya sakit pinggang juga dapat menyerang kalangan dewasa dan remaja lho! Selain faktor usia, sakit pinggang juga disebabkan oleh kolesterol, tekanan darah tinggi dan kurang berolahraga.

Sakit pinggang adalah masalah kesehatan yang cukup umum terjadi. Namun jenis sakit pinggang yang seringkali dijumpai diantara penderita yaitu sakit pinggang sebelah kiri. Penyebabnya sendiri bisa disebabkan oleh beberapa kondisi. Yang paling sering adalah akibat gerakan tiba-tiba atau posisi tubuh yang kurang baik saat mengangkat benda berat sehingga menyebabkan cedera.

Namun ada juga penyebab lain yang lebih seirus yaitu akibat penyempitan tulang belakang, otot tegang, dan gangguan pada ginjal. Kondisi ini akan sangat berbahaya jika dibiarkan tanpa pengobatan yang tepatt. Maka dari itu untuk membantu meringankan gejalanya, Anda bisa melakukan gerakan yoga di bawah ini.

Gerakan Yoga Untuk Sakit Pinggang Sebelah Kiri

1. Bow Pose

gerakan-yoga-untuk-sakit-pinggang-sebelah-kiri

Gerakan ini memang agak sulit tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kemampuan tubuh. Cara melakukannya, ambil posisi tengkurap kemudian bengkokan kedua lutut Anda ke atas, lalu pegang lutut dengan kedua tangan. Setelah itu, dengan keadaan lutut masih dipegang, tarik pelan-pelan lutut Anda kemudian regangkan kembali.

Posisi ini menggunakan perut sebagai tumpuannya sehingga bagian pinggang benar-benar seperti ditarik. Lakukan gerakan ini secara perlahan, ambil jeda sebentar, kemudian lanjutkan kembali. Dengan melakukan gerakan ini secara rutin maka sakit pinggang dapat teratasi.

2. Child Pose

gerakan-yoga-untuk-sakit-pinggang-sebelah-kiri

Ambil posisi layaknya Anda sedang bersujud dengan kedua tangan lurus ke depan. Setelah itu, tarik tangan ke depan dan punggung Anda ke belakang. Biasanya akan keluar bunyi pada bagian pinggang setelah melakukan ini. Tahan posisi ini kurang lebih 20 detik. Lakukan secara berulang agar sakit pinggang bisa segera hilang.

3. Boat Pose

gerakan-yoga-untuk-sakit-pinggang-sebelah-kiri

Ambil posisi dukud dengan posisi badan tegak dan kaki lurus ke depan. Kemudian angkat kaki hingga setinggi kening, luruskan kedua tangan ke arah kaki dengan posisi telapak tangan saling menempel. Tahan posisi ini selama 10 detik kemudian kembali lagi ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 3 kali.

4. Plank Pose

gerakan-yoga-untuk-sakit-pinggang-sebelah-kiri

Gerakan ini sama seperti ketika Anda berada di puncak posisi push-up, yaitu dengan menekan telapak tangan dan dada dibusungkan ke depan sampai bahu diatas pergelangan tangan.

5. Cat Pose

gerakan-yoga-untuk-sakit-pinggang-sebelah-kiri

Posisi ini sangat baik untuk kelenturan tulang punggung Anda dan tentunya untuk mengobati sakit pinggang. Posisi awalnya seperti merangkak dan luruskan pinggang Anda. Kemudian tekuk pinggang Anda keatas dan tahan selama 20 detik, lalu kembali lagi ke posisi awal. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 kali.

6. Cobra Pose

gerakan-yoga-untuk-sakit-pinggang-sebelah-kiri

Ambil posisi tengkurap, kemudian angkat tubuh bagian atas dengan posisi tangan lurus. Tahan posisi ini kurang lebih 20 detik, kemudian kembali lagi ke posisi awal. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali. Gerakan ini sangat bermanfaat untuk melatih otot lengan,pinggang, dan bahu. Sehingga jika pada ketiga bagian tersebut terasa kaku atau pegal dapat segera teratasi.

Lakukan yoga secara rutin, dan jangan sia-siakan manfaat yoga yang bisa Anda dapatkan. Yoga tidak hanya bisa berguna untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kiri tapi juga dapat menberikan ketenangan pikiran, dan dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *