Cara Menjaga Usus Besar Agar Tetap Sehat

cara-menjaga-usus-besar-agar-tetap-sehat

Usus besar memiliki peranan besar dalam proses pencernaan manusia, dan menjaga kesehatan organ tersebut adalah penting. Lalu bagaimana cara menjaga usus besar agar tetap sehat dan terhindar dari beberapa masalah/gangguan yang dapat mengancam organ penting ini?

Usus besar memiliki fungsi sebagai tempat pengekstrasian garam, air dan berbagai penyerapan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Fungsi usus besar juga berperan sebagai pengolah atau melakukan penyerapan nutrisi makanan yang tidak dapat dilakukan di usus halus sehingga setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh akan diserap secara otomatis.

Akan tetapi jika kesehatan usus besar terganggu maka hal ini akan menyerap racun bukan menghilangkan racun. Nah, kondisi tersebut yang justru akan memicu timbulnya berbagai penyakit pada sistem pencernaan seperti sembelit, kembung dan bahkan penyakit kronis.

Masalah pada sistem pencernaan umumnya berawal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Makanan yang mengandung pengawet, pewarna makanan atu bahkan makanan yang mengandung bakteri akan mengakibatkan kinerja penyerapan usus besar terganggu. Jika knerja usus besar kita menurun maka bukan tidak mungkin kesehatan tubuh lainnya pun akan terganggu.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan usus besar agar terhindar dari penyakit-penyakit pencernaan yang berbahaya dan dapat menganggu aktivitas harian kita.

Cara Menjaga Usus Besar Agar Tetap Sehat

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Kebutuhan tubuh kita akan air putih merupakan hal pokok yang harus terpenuhi. Air putih dapat membantu menghilangkan racun-racun berbahaya dalam tubuh. Selain itu air juga berfungsi melarutkan nutrisi-nutrisi yang diserap tubuh seperti vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya agar nantinya mudah diserap oleh tinja.

Oleh karena itu biasakan untuk mengonsumsi air putih minimal 2 liter perhari untuk melumasi dan membersihkan usus.Tidak hanya menjaga kesehatan usus besar mengkonsumsi air putih secara rutin dan cukup dapat membantu kita terhindar dari masalah dehidrasi.

2. Mengonsumsi Makanan Dengan Kandungan Bakteri Baik

Bakteri baik didalam dunia medis dikenal sebagai istilah probiotik. Kandungan probiotik sangat baik untuk kesehatan usus besar karena bakteri aktif tersebut akan menjaga serta mengontrol kesehatan dari usus besar manusia. Salah satu jenis probiotik adalah Bifidobacteria dan biasanya paling banyak terkandung dalam yoghurt. Bakteri ini melepaskan senyawa kimia yang akan menciptakan habitat asam, yang tidak bisa ditembus bakteri jahat.

Selain itu ada juga Lactobacillus yang tidak hanya menjaga kesehatan usus tapi juga meningkatkan mood positif. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal ‘Gastroenterology’ menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 125 gram yoghurt dua kali sehari selama empat minggu, otaknya menjadi lebih tenang saat dihadapkan dengan situasi yang buruk.

3. Memperbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Ada banyak produk makanan yang lengkap dengan kandungan serat yang sangat tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran.Makanan berserat dapat membantu gerakan usus serta melancarkan pengeluaran sisa pencernakan, yaitu dalam bentuk feses. Kebiasaan ini akan melindungi tubuh dari penyakit wasir, sembelit, tukak lambung, kanker usus dan semua kondisi karena kekurangan serat.

4. Mengurangi Makanan yang Terlalu Pedas, Asam, dan Manis

Mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, asam, dan terlalu banyak mengandung gula dapat beresiko meningkatnya produksi asam lambung. Sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan empedu bekerja lebih keras. Selain itu juga dapat memicu pertumbuhan bakteri jahat yang ada dalam usus. Untuk itu, sebaiknya mulailah untuk mengurangi makanan yang terlalu pedas, asam, maupun terlalu manis agar kesehatan usus besar Anda tetap terjaga.

5. Mengunyah Makanan dengan Baik

Tujuannya adalah agar makanan yang kita makan telah lumat dengan sempurna sehingga usus halus dan usus besar tidak perlu bekerja lebih keras dalam mengolah atau melumat makanan tersebut. Terlebih jika kita memakan makanan dengan tekstur yang keras maka disarankan untuk mengunyah makanan dengan baik.

6. Berolahraga Secara Teratur

Kurangnya berolahraga akan meningkatkan resko munculnya gangguan sistem pencernaan seperti diare, nyeri perut, maupun terjadinya gangguan iritasi yang dialami oleh usus besar. Untuk itulah kita disarankan untuk melakukan olahraga rutin dan teratur. Berbagai gerakan olahraga akan sangat membantu dalam upaya mengurangi berbagai jenis gangguan pencernaan. Selain itu, dengan melakukan olahraga juga akan membuat tubuh lebih segar, bugar dan fresh.

7. Menghindari Makanan Cepat Saji

Makanana cepat saji umumnya mengandung tidak sedikit bahan tambahan seperti pengawet maupun MSG yang sangat berbahaya bagi sistem pencernaan khususnya usus besar.

8. Hindari Konsumsi Alkohol & Kafein

Alkohol bisa menyebabkan dehidrasi yang bisa memperlambat pergerakan usus. Berdasarkan peneliti Jerman Chritiane Bode, mengonsumsi terlalu banyak alkohol bisa memicu diare. Minum alkohol bisa mengurangi kontraksi usus yang membuat usus tak bisa bekerja dengan baik. Dengan alasan yang sama, Anda juga harus berhati-hati mengonsumsi makanan yang mengandung kafein. Karena kafein bisa menyerap air dari tubuh dan membuat kotoran menjadi keras dan kering.

Itulah beberapa cara menjaga usus besar agar tetap sehat. Kebiasaan lain yang juga dianjurkan adalah mencuci tangan sebelum makan hingga bersih.Jika tangan kita masih dalam keadaan kotor dan menyentuh makanan yang akan kita kosumsi ini akan memudahkan bakteri dan virus masuk bersama makanan kedalam usus kita.

Tak hanya itu sebaiknya Anda hindari hal-hal yang dapat memicu stress. Karena stress juga bisa berpengaruh pada kesehatan organ kesehatan kita. Hal tersebut telah dikemukanan oleh beberapa peneliti yang telah diterbitkan dalam jurnal kesehatan usus. Mereka berpendapat bahwa stress yang dialami seseorang akan dapat menimbulkan peradangan pada usus dan pada akhirnya akan menyebabkan terganggunya fungsi saraf parasimpatis yang merupakan saraf yang berfungsi untuk mengontrol gerakan pada usus.

Menjaga kesehatan usus sebaiknya diperhatikan sejak dini agar kita semua terhindar dari penyakit-penyakit pencernaan yang berbahaya. Semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *