Bahaya Asam Lambung Yang Berlebihan

bahaya-asam-lambung-yang-berlebihan

Saat asam lambung memiliki jumlah yang berlebihan, perut bisa terasa sangat panas dan terasa hingga ke dada. Bahaya asam lambung yang berlebihan ini dapat Anda rasakan jika Anda melakukan beberapa penyebabnya dan dibiarkan begitu saja tanpa penanganan yang tepat.

Ada banyak faktor yang dapat memicu terjadinya kelebihan asam lambung. Umumnya kelebihan asam lambung dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi makanan yang kurang serat, makanan yang terlalu halus serta makanan olahan.

Asam lambung memiliki fungsi yang sangat baik dalam proses pencernaan kita, yaitu sebagai fungsi penyerapan nutrisi seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B12 hingga untuk membunuh bakteri yang tertelan bersama makanan. Cairan ini sangat asam dan dapat berisiko mengikis dinding lambung karena terdapat kandungan asam klorida. Jika berlebihan dan didiamkan begitu saja, bahaya asam lambung bisa mengintai kesehatan tubuh.

Bahaya Asam Lambung Yang Berlebihan

1. GERD atau Penyakit Asam Lambung

Merupakan penyakit yang terjad ketika asam lambung atau isi perut naik kembali ke kerongkongan hingga mengiritasi lapisan kerongkongan. Gejala yang muncul biasanya nyeri dibagian dada atau ulu hati yang muncul lebih dari dua kali dalam seminggu. Cara menyembuhkan asam lambung naik bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah seperti kunyit.

2. Kerusakan Gigi

Naiknya asam lambung yang terjadi secara terus menerus/berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada gigi karena email gigi atau lapisan luar gigi yang keras secara bertahap dapat terkikis oleh cairan asam yang naik ke mulut.

3. Gangguan Pernafasan

Asam lambung yang berlebihan juga bisa mempengaruhi sistem pernafasan penderitanya yaitu berupa munculnya sesak napas hingga kesulitan bernafas. Kondisi tersebut akan semakin parah jika penderita memiliki riwayat asma atau pneumonia.

4. Kanker Kerongkongan

Dalam kasus yang lebih serius asam lambung yang berlebihan juga bisa menyebabkan kanker kerongkongan. Resiko tersebut bisa meningkat jika asam lambung dibiarkan selama bertahun tahun dan berusia 50 tahun.

4. Esofagus Barret

Bahaya asam lambung yang berlebihan ini merupakan komplikasi serius dari penyakit GERD. Pada esofagus barrett, jaringan normal yang melapisi esofagus berubah menjadi jaringan yang menyerupai lapisan usus. Jika kondisi ini dibiarkan secera terus menerus maka risiko terjadinya kanker esofagus akan semakin besar dan bahkan bisa mendekati pada kematian.

5. Radang Kerongkongan

Asam lambung yang berlebihan dan naik ke kerongkongan akan menyebabkan esofagitis yaitu kondisi cairan asam lambung mengiritasi lapisan esofagus hingga membengkak dan terasa nyeri saat menelan. Kemudian menimbulkan peradangan bahkan borok/luka di kerongkongan dan penyempitan kerongkongan.

Perubahan gaya hidup adalah tindakan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tingkat asam lambung agar tidak berlebihan dan naik ke kerongkongan ataupun menurunkan asam lambung yang berlebihan. Langkah yang pertama yaitu menjaga asupan makanan dengan nutrisi dan gizi yang seimbang. Seperti mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, serta susu rendah lemak.

Kemudian Anda juga harus menjaga berat badan agar tetap ideal. Caranya dengan mengatur pola makan serta melakukan kegiatan berolahraga secara teratur.

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan asupan kalori, untuk mengurangi resiko obesitas. Anda bisa mengecek label kandungan nutrisi dari produk-produk yang Anda beli. Semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *