Penyebab Keloid Membesar

Penyakit keloid memang bukanlah penyakit yang berbahaya, namun apa jadinya jika kondisi keloid semakin membesar dan malah menganggu penampilan Anda. Lalu apa penyebab keloid membesar?

penyebab-keloid-membesar

Keloid merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan pertumbuhan jaringan kulit yang tidak normal di bekas luka. Pertumbuhan jaringan kulit pada bekas luka yang terus berkembang menyebabkan penebalan pada kulit yang disebut dengan keloid.

Keloid biasanya tumbuh satu tahun setelah luka terjadi. Walaupun dapat tumbuh di semua bagian tubuh, keloid lebih sering ditemukan di bagian tubuh yang sering terkena tekanan seperti dada atas, lengan dan bagian depan leher. Keloid juga biasanya tumbuh ketika bekas luka ada di bagian tubuh yang melewati garis tekanan kulit.

Beberapa faktor lain seperti sistem hormon, sistem kekebalan tubuh, genetik juga memiliki pengaruh terhadap berkembangnya penyakit keloid ini. Timbulnya bekas luka berlebih pada permukaan kulit (keloid) dapat diakibatkan oleh beberapa faktor yang dapat Anda lihat dan ketahui, diantaranya adalah :

  • Jerawat pecah yang meninggalkan bekas
  • Luka bakar
  • Luka bekas cacar
  • Lubang tindikan di telinga
  • Luka akibat tergores benda tajam
  • Luka bedah (operasi)
  • Suntikan vaksinasi untuk mencegah suatu penyakit
  • Luka bekas jahitan
  • Genetika
  • Dan lain sebagainya

Keloid lebih banyak menimbulkan masalah penampilan dibanding kesehatan. Abda mungkin akan merasa terganggu dengan keloid yang besar dan berada tempat yang mudah terlihat orang, seperti wajah atau telinga. Lalu apa yang menyebabkan kondisi keloid semakin membesar?

Penyebab Keloid Membesar

1. Paparan Radiasi

Sebenarnya radiasi tidak hanya sebatas pada dunia medis saja, karena di lingkungan kita hidup sehari-haripun banyak sekali radiasi. Salah satunya radiasi sinar ultraviolet (UV). Sinar UV ini menjadi sangat berbahaya bagi penderita keloid karena dapat menyebabkan penyakit tersebut semakin membesar dan bahkan bisa menyebabkan munculnya penyakit berbahaya lainnya seperti tumor ataupun kanker.

2. Kurang berolahraga/aktivitas fisik

Olahraga sangatlah efektif agar tubuh mampu melakukan metabolisme secara maksimal. Akan tetapi jika tubuh tidak sering digunakan untuk berolahraga, maka akan menyebaban tubuh sulit melakukan metabolisme dan regenerasi sel baru. Terlebih pada area penyakit keloid, maka tak jarang banyak sekali penderita keloid yang mengalami pembesaran jaringan parut.

3. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat

Makanan ternyata juga menyumbang pengaruh yang besar terhadap pembesaran keloid. Sebaiknya jauhi makanan seperti makanan cepat saji, berlemak tinggi ataupun minuman beralkohol. Karena dapat menyebabkan keloid membesar bahkan menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit berbahaya lainnya.

4. Faktor lingkungan

Kondisi lingkungan pun dapat berpengaruh besar dalam pembesaran keloid. Biasanya jika lingkungan baik maka bisa mendukung untuk mempercepat proses penyembuhan keloid. Namun jika sebaliknya, terdapat banyak polusi dan lain sebagainya, maka akan menyebabkan keloid sulit sembuh bahkan bisa menyebabkan keloid semakin membesar.

Demikian penyebab keloid membesar yang sangat pengting diketahui agar bisa menghindari resiko terkena dampak buruk keloid yang bisa merugikan bahkan membahayakan tubuh.

Nah, jika Anda mempunyai keloid sebaiknya jangan biarkan dalam jangka waktu yang lama, karena bisa membesar atau menyebar, dan sangat menganggu kepercayaan diri Anda, terlebih bagi Anda yang memang menuntut penampilan untuk kegiatan setiap harinya.  Memang cara menyembuhkan keloid terbilang cukup sulit selain dengan obat keloid alami metode medis juga banyak ditawarkan mulai dari laser hingga operasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *