Penyebab Anyang Anyangan Yang Berkepanjangan

penyebab-anyang-anyangan-yang-berkepanjangan

Anyang-anyangan dapat dialami oleh siapa saja secara mendadak. Gangguan kesehatan ini cukup dapat menganggu aktvitas penderitanya. Terlebih jika anyang anyangan terus bertahan lama dan tak kunjung sembuh. Lalu apa penyebab anyang anyangan yang berkepanjangan terjadi?

Dalam istilah medis, anyang-anyangan sendiri disebut dengan polakisuria, yakni suatu kondisi dimana kandung kemih tidak dapat menampung urin lebih dari 500ml. Hal tersebut lantarana lapisan mukosanya meradangan dan penderitanya menjadi lebih sering kencing. Selain itu air seni yang dikeluarkanpun sedikit-sedikit, yang disertai rasa sakit atau juga panas.

Anyang-anyangn ini dapat terjadi pada siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Namun dalam kasusnya kondisi ini 50% lebih banyak dialami oleh wanita dengan resiko mengalaminya secara berulang kali dan bahkan bisa berlangsung selama bertahun-tahun.

Tentunya bukan tanpa alasan mengapa wanita memiliki risiko paling tinggi dibanding pria. Menurut dari beberapa survey kebiasaan wanita membilas kemaluan dari belakangan ke depan setelah buang air menjadi salah satu faktornya, hal ini karena organ reproduksi wanita lebih pendek. Akibatnya bakteri dari usus besar yang keluar dari anus masuk ke saluran kencing sehingga menginfeksi kandung kemih dan semakin menjalar keatas.

Anyang-anyangan bisa terjadi hanya sementara saja , namun ada juga yang terjadi secara berkelanjutan atau berkepanjangan. Kondisi ini bisa jadi menandakan bahwa tubuh memili gangguan yang lebih serius.

Penyebab Anyang Anyangan Yang Berkepanjangan

Anyang anyangan sangat umum terjadi karena hasil infeksi bakteri E. coli. Dalam keadaan normal, hal itu tidak menimbulkan masalah. Namun, jika bakteri ini menemukan jalan keluar dari usus dan masuk ke saluran kemih, maka bisa menyebabkan infeksi.

Pada kebanyakan kasus, bakteri memasuki sistem urin melalui uretra, dan kemudian mereka berkembang biak di kandung kemih. Kondisi ini terjadi ketika kotoran masuk ke saluran kemih saat berhubungan seks yaitu beralih antara seks anal dan vagina tanpa membersihkannya terlebih dahulu.

Secara umum, anyang anyangan yang berkepanjangan terjadi pada orang yang sebelumnya pernah mengalaminya. Dan berikut adalah penyebab anyang anyangan yang berkepanjangan lainnya, yaitu :

  • Batu Ginjal

Sisa limbah di dalam darah yang mengendap dan membentuk kristal, atau umumnya disebut batu ginjal dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Kondisi ini terjadi, jika batu ginjal tidak diobati dengan segera. Kristal tersebut dapat menekan saluran kemih sehingga muncul keinginan berkemih tapi tidak dapat dikeluarkan karena tersumbat oleh kristal tersebut. Hal inilah yang sering memicu anyang-anyangan.

  • Kamar mandi yang kotor

Infeksi saluran kemih dapat disebabkan oleh kuman atau bakteri. Kuman dapat masuk pada saluran kemih ketika anda berada di dalam kamar mandi. Jadi, menjaga kebersihan lingkungan terutama kamar mandi sangat penting untuk dilakukan.

  • Usia kehamilan

Ibu hamil yang telah memasuki 6 bulan atau lebih dari masa kehamilan, biasanya rentan dengan gangguan berkemih. Ukuran janin yang makin besar, dapat menekan kandung kemih. Kondisi ini membuat ibu hamil selalu ingin berkemih, sehingga tidak jarang berakibat anyang-anyangan.

  • Kadar gula darah yang tinggi

Gangguan saat berkemih seperti anyang-anyangan, dapat dialami oleh seseorang akibat komplikasi penyakit lain seperti diabetes mellitus, dimana kadar gula darah mengalami lonjakan. Selain itu, anyang-anyang juga sering diderita oleh seseorang dengan kadar asam urat yang tinggi dan hipertensi.

  • Penggunaan produk pembersih

Faktanya, kebanyakan produk semacam ini mengandung bahan kimia berbahaya atau wewangian yang dapat meningkatkan resiko infeksi. Oleh sebab itu, kurangi penggunaannya. Ada baiknya Anda menggunakan rebusan daun sirih alami bila ingin membersihkan organ keintiman.

  • Menopause

Wanita yang telah mengalami masa menopause biasanya lebih rentan terkena anyang-anyangan. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon estrogen yang menurun, sehingga risiko terkena infeksi saluran kemih lebih tinggi.

Jika Anda mengalami anyang-anyangan solusi pertama yang perlu Anda lakukan adalah segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter. Dengan begitu, cara menyembuhkan anyang-anyangan yang tepat bisa segera Anda dapatkan.

Tips Meringankan atau Mencegah Gejala Anyang Anyangan

  1. Menggunakan celana dalam dari bahan katun
  2. Perbanyak konsumsi air putih
  3. Menjaga asupan makanan yang sehat
  4. Bersihkan/cebok dari arah bagian depan ke belakang setelah buang air kecil
  5. Hindari celana ketat
  6. Hindari konsumsi alkohol dan kafein
  7. Hindari mandi busa

Demikian informasi singkat penyebab anyang anyangan berkepanjangan dan cara pencegahannya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *