Pantangan Ginjal Bengkak

Menghindari beberapa pantangan ginjal bengkak bagi penderitanya memang hal yang sangat penting dilakukan. Karena jika kondisi ginjal sudah mengalami pembengkakan semakin besar maka ginjal akan sangat rentan terhadap kerusakan yang lebih parah lagi.

pantangan-ginjal-bengkak

Kesehatan merupakan sesuatu yang tidak ternilai harganya. Ada sebuah ungkapan yang menyatakan bahwa kesehatan adalah mahkota yang hanya dapat dilihat oleh orang sakit, memanglah benar. Bukti bahwa kesehatan tiada terkira pentingnya adalah banyaknya biaya berobat yang harus dikeluarkan oleh orang-orang yang sedang sakit.

Begitupun bagi penderita ginjal bengkak, mau tidak mau selain berobat, mereka juga harus menghindari pantangan ginjal bengkak yang dapat memperburuk kondisi tubuh mereka.

Ginjal merupakan salah satu organ vital tubuh manusia. Fungsinya sendiri antara lain adalah mengatur keseimbangan eletrolit dalam darah, mengatur tingkat asam basa, dan mengatur keseimbangan cairan yang ada dalam tubuh. Selain itu ginjal juga membantu membuang sampah sisa metabolisme yang akan meracuni tubuh, membantu mengatur tekanan darah tubuh dan juga membantu menjaga kesehatan tulang.

Mengingat pentingnya fungsi ginjal dalam tubuh, maka ginjal rentan mengalami gangguan, salah satunya mengalami pembengkakan. Pada awalnya ginjal bengkak tidak akan dirasakan dengan jelas oleh penderitanya, akan tetapi lambat laun kinerja tubuh akan menurun drastis apabila pembengkakan telah parah. Ketika mengalami ginjal bengkak, selain berpotensi membuat terganggunya proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh, ginjal bengkak juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem metabolisme tubuh.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya ginjal bengkak pada ginjal bengkak seperti batu ginjal, infeksi ginjal, infeksi saluran kemih, dll. Cara menyembuhkan ginjal bengkak sendiri tidak cukup hanya dengan pengobatan medis saja, namun harus dibarengi dengan menghindari konsumsi makanan yang dapat memperparah kondisi ginjal bengkak agar penyakit tersebut dapat disembuhkan.

Pantangan Ginjal Bengkak Yang Harus Dihindari

1. Makanan dengan protein tinggi

Protein yang tinggi akan menyulitkan ginjal dalam menyaring kotoran dalam darah. Makanan tinggi kandungan protein yang perlu dihindari penderita ginjal bengkak diantaranya adalah daging ayam, daging kambing, ikan, udang, telur, hati dan keju. Sebaiknya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

2.Makanan yang mengandung garam tinggi

Hindari olahan makanan yang banyak mengnadung garam seperti makanan beku, sup kalengan, makanan cepat saji, cemilan asin dan sayuran dalam kelengan. Karena tidak baik untuk kesehatan ginjal.

3. Makanan dengan kandungan zat fosfor berlebih

Makanan yang mengandung zat fosfor berlebih juga tidak baik untuk penyakit ginjal bengkak. Contoh makanan yang mengandung fosfor tinggi adalah kacang-kacangan, kacang kering, susu dan keju.

4. Makanan dengan kalium tinggi

Makanan dengan kadar kalium yang tinggi akan memperberat kinerja ginjal sehingga membuat ginjal rentan terhadap kerusakan yang lebih parah. Makanan yang mengandung kalium tinggi diantaranya buah apel, alpukat, jeruk, pisang, anggur, kubis, dll.

5. Makanan dengan karbohidrat tinggi

Makanan dengan kadar karbohidrat yang tinggi akan membuat tubuh kita mensekresi banyak gula sehingga dapat berdampak pada kadar gula darah di dalam tubuh. Saat ginjal sedang bermasalah, salah satunya adalah sedang mengalami pembengkakan, maka tingginya kadar gula di dalam darah akan membuat banyak masalah bisa berpeluang untuk terjadi. Seperti nasi, jagung, ubi, kentang, gandum, pasta dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Itulah beberapa jenis pantangan ginjal bengkak yang perlu Anda hindari. Selain itu Anda juga harus menghilangkan kebiasaan buruk yang bisa membuat penyakit ginjal bengkak semakin parah. Beberapa kebiasaan buruk tersebut diantaranya adalah merokok, bergadang, kurang minum air putih, minum alkohol berlebih, sering mengonsumsi mie instan dan kurang berolahraga.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *