Kayu Manis Untuk Haid Berkepanjangan

Tahukah Anda, jika seluruh permukaan kayu manis mulai dari kulit sampai akarnya ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan? Salah satunya manfaat kayu manis untuk haid berkepanjangan, benarkah demikian?

kayu-manis-untuk-haid-berkepanjangan

Kayu manis (cinnamomum verum, sin. c. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis dan pedas. Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab perjanjian lama.

Kayu manis juga secara tradisional dijadikan bahan utama dalam obat-obatan terutama pengobatan herbal. Kandungan serat, protein, dan karbohidrat mampu melawan penyakit yang sangat sulit disembuhkan termasuk haid berkepanjangan.

Normalnya, wanita mengalami menstruasi berjarak 28 hari dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Wanita memiliki masalah haid berkepanjangan jika periode menstruasi lebih dari 7 hari bahkan sampai 2 minggu atau lebih. Peristiwa ini bisa terjadi pada wanita muda hingga 20% dari seluruh wanita muda, sedangkan 40% pada wanita yang berusia lebih dari 40 tahun.

Penelitian Kayu Manis Untuk Haid Berkepanjangan

Sebuah penelitian tentang pengaruh kayumanis pada masalah siklus menstruasi yang kacau pernah dilakukan di New York. Dr. Daniel Kort dari University Medical Centre memberikan 1.500 mg bubuk kayu manis pada 16 pasien yang mengalami masalah siklus menstruasi.

Ajaibnya, setelah 6 bulan konsumsi, siklus menstruasi para pasien tersebut semakin baik. dari pengamatan tersebut dapat menemukan fakta bahwa kayu manis bisa mengatasi masalah siklus menstruasi karena efeknya untuk menghangatkan tubuh. Saat tubuh hangat, aliran darah pun akan jadi lancar. Kayu manis juga mengandung hidroksikalkon yang bisa mengatur produksi insulin berlebih dalam tubuh penyebab haid berkepanjangan.

Selain itu kayu manis efektif dalam mengatasi pendarahan menstruasi berat yang terkait dengan endometrosis, fibroid rahim dan adenomiosis. Herba ini mengurangi pendarahan dengan merangsang aliran darah dari rahim. Selain itu sifat anti-inflamasi dan antispasmodicnya mampu memantu meredakan kram.

Lalu bagaimana cara mengolah kayu manis untuk haid berkepanjangan?

  • Cobalah mencampur satu cangkir air panas dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Didihkan selama beberapa menit. Tambahkan madu dan minum 2 kali sehari.
  • Cara lain, teteskan 3 tetes tingtur kulit kayu manis, 2 kali sehari.
  • Anda juga bisa meminum 15 sampai 30 tetes minyak esensial kayu manis yang diencerkan dengan ¼ cangkir air, hingga 3 kali per hari.

Manfaat Kayu Manis Lainnya

1. Mengurangi rasa nyeri saat haid

Kandungan protein dan serat yang sangat baik menjadikan kayu manis sebagai alternatif cara menyembuhkan haid berkepanjangan dan masalah seputar menstruasi lainnya seperti nyeri haid. Kayu manis juga dapat meningkatkan kesuburan bagi pasangan yang ingin memiliki anak.

2. Mencegah penggumpalan darah

Kayu manis juga bisa mencegah terjadinya penggumpalan pada darah. Sehingga ketika terjadi radang dan pembengkakan dengan mengonsumsi kayu manis secara rutin radang dan pembengkakan tersebut bisa diatasi.

3. Menyeimbangkan hormon

Cinnamaldehyde adalah salah satu senyawa kimia dalam kayu manis. Senyawa tersebut dapat membantu mengontrol atau menyeimbangkan hormnon-hormon dalam tubuh jika dikonsumsi secara teratur, misalnya menurunkan kadar hormon progetseron dan testosteron.

4. Mengurangi sakit akibat rematik

Sakit rematik juga bisa di obati dengan mengkonsumsi kayu manis. Kandungan zat gizi yang tinggi dalam kayu manis bisa mengurangi sitokin yang menyebabkan rematik terjadi sehingga rasa nyeri yang timbul dari sakit rematik yang sedang menyerang cepat teratasi.

Tidak hanya rematik, diabetes, dan lain-lain, penyakit yang mematikan seperti kanker juga bisa dibasmi dengan rajin mengkonsumsi kayu manis ini. Penderita yang mengidap kanker bisa sembuh dengan rutin makan kayu manis sehingga sel-sel kanker yang terdapat di dalam tubuhnya tidak menjalar ke tempat lain bahkan bisa mati.

Selain memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, kayu manis juga dapat memberikan efek samping bagi kesehatan tubuh. Penggunaan kayu manis yang salah atau terlalu berlebihan atau pada orang yang alergi, dapat menyebabkan iritasi pada mulut, bibir, dan bagian lainnya yang dapat menyebabkan luka. Biasanya akan menyebabkan kemerahan jika diaplikasikan pada kulit.

Memang sangat baik untuk pengobatan dan perawatan kesehatan, namun bukti keamanan kayu manis sebagai obat tradisional ini masih tergolong kurang, sehingga tidak direkomendasikan bagi anak-anak, atau bagi wanita yang sedang hamil serta sedang menyusui.

Dan juga bagi Anda yang sedang mengkonsumsi obat teratur, sebaiknya konsultasi dulu kepada dokter sebelum memanfaatkan kayu manis sebagai obat. Sebab, kayu manis dapat berinteraksi dengan antibiotik, obat diabetes, pengencer darah, obat jantung, dan lain sebagainya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *