Daun Sirih Untuk Kencing Nanah

Daun sirih memang memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan salah satunya manfaat daun sirih untuk kencing nanah. Ramuan daun sirih sudah dipercaya sejak dulu dan sering digunakan hingga saat ini.

Kencing nanah, atau yang sering disebut dengan gonore adalah salah satu penyakit menular seksual yang bisa menginfeksi laki-laki dan wanita di segala usia. Seseorang akan lebih berisiko mengalami penyakit ini jika:

  • Melakukan hubungan seks yang tidak aman, misalnya tanpa kondom
  • Melakukan hubungan seks dengan seseorang yang sudah sering berganti-ganti pasangan
  • Gonta-ganti pasangan seks
  • Pernah terkena gonore sebelumnya
  • Pernah mengalami penyakit kelamin lain sebelumnya

Kencing nanah disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini tidak hanya memengaruhi saluran reproduksi, tapi juga bisa menyerang selaput lendir mulut, tenggorokan, mata, dan area dubur. Gonore bisa menyebar melalui aliran darah ke bagian tubuh lainnya, terutama kulit dan persendian. Pada wanita gonore ini bisa menjalar ke saluran kelamin dan menginfeksi selaput didalam pinggul sehingga timbul nyeri pinggul dan gangguan reproduksi.

Untuk menentukan diagnosis kencing nanah dapat dilakukan pemeriksaan dengan mengambil cairan atau nanah dari kelamin (vagina atau penis). Selanjutnya cairan tersebut akan diperiksa di laboratorium. Jika Anda posotif terkena kencing nanah, maka dokter akan melakukan cara menyembuhkan kencing nanah dengan pemberian antibiotik.

Perlu Anda ketahui ternyata ada bahan alami di sekitar kita yang memiliki manfaat dan khasiat baik dalam penyembuhan kencing nanah lho. Daun sirih, ya tanaman satu ini ternyata bisa dijadikan obat ataupun penunjang dalam penyembuhan kencing nanah.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kencing Nanah

daun-sirih-untuk-kencing-nanah

Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Minyak astiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betlephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi, fungisida dan anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri. Daun sirih juga bersifat menahan pendarahan, menyembuhkan luka pada kulit dan gangguan saluran pencernaan.

Sifat antiseptik dalam daun sirih ini juga mampu membunuh virus dan bakteri penyebab kencing nanah. Cara pengolahannya yaitu :

  1. Siapkan 2-3 genggam daun sirih
  2. Lalu blender bersama dengan 1 gelas air
  3. Tambahkan madu dan susu sesuai selera
  4. Lalu minum secara rutin seminggu sekali

Tidak hanya itu, terapi penyembuhan juga sebaiknya diimbangi dengan menjaga kebersihan organ intim. Satu-satunya cara pasti agar tidak terkena penyakit ini adalah dengan melakukan seks aman dan melakukan pemeriksaan rutin. Anda juga memiliki risiko lebih rendah jika melakukan hubungan seksual jangka panjang hanya dengan satu orang dan pastikan jika Anda adalah satu-satunya pasangan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *