Ciri Keputihan Tidak Normal

Meskipun keputihan merupakan hal yang wajar dan normal pada wanita, namun Anda perlu mewaspadai bagaimana ciri keputihan tidak normal yang mungkin dapat menandakan bahwa Anda mengalami kondisi masalah kesehatan yang lebih serius.

ciri-keputihan-tidak-normal

Munculnya keputihan pada wanita terkadang dapat membuat khawatir dan merasa bahwa dirinya mengalami kondisi yang tidak wajar. Padahal tidak semua kondisi keputihan merupakan kondisi yang tidak wajar.

Keputihan atau yang dikenal dengan sebutan fluor albus ini adalah keluarnya cairan yang berwarna putih pada vagina, karena kondisi hormonal pada tubuh wanita. Jika terjadi secara normal keputihan memiliki fungsi sebagai pembawa keluar sel-sel mati dan bakteri dalam organ kewanitaan sehingga terbebas dari infeksi serta kebersihan organ kewanitaan tetap terjaga.

Biasanya jumlah cairan pada keputihan normal akan meningkat ketika Anda sedang berolahraga, mengalami gairah seksual, pada masa ovulasi, mengonsumsi pil KB dan saat sedang stress.

Bagi wanita yang belum memasuki masa menopause, keluarnya lendir keputihan berwarna bening dan tidak berbau sekitar setengah sampai 1 sendok teh (2-5 ml) setiap hari adalah hal yang normal. Namun jumlah dan kentalnya keputihan pada setiap wanita bervariasi. Ada yang cair, ada yang lengket, elastis, ada pula yang kental. Namun, cairan keputihan yang normal biasanya berwarna jernih atau putih.

Seperti kondisi lainnya, keputihan juga dapat dikatakan tidak normal atau bahkan berbahaya dan harus segera diatasi. Lalu bagaimana ciri ciri keputihan tidak normal?

Gejala dan Ciri Keputihan Tidak Normal

  1. Keputihan berwarna putih, abu-abu atau kuning yang disertai bau amis, gatal, perih, kemerahan dan pembengkakan vagina atau vulva – akibat infeksi ringan oleh patogen.
  2. Keputihan berwarna putih kental disertai rasa gatal,bengkak dan nyeri di sekitar vagina utamanya pada saat berhubungan intim – akibat infeksi jamur pada organ kewanitaan
  3. Keputihan berwarna merah muda – akibat penumpahan lapisan rahim setelah melahirkan.
  4. Keputihan berwarna kuning atau kering disertai nyeri panggul, pendarahan di luar siklus haid, dan keluarnya urine tanpa disadari – akibat penyakit menular seksual
  5. Keputihan berwarna kuning atau kehijauan, berbusa dan berbau tidak sedap disertai gatal pada vagina dan nyeri saat buang air kecil- akibat infeksi mikroorganisme trichomonas vaginalis
  6. Keputihan berwarna coklat atau merah disertai dengan nyeri panggul dan pendarahan pada vagina – akibat kanker serviks dan kanker endometrium

Kebiasaan membersihkan vagna dengan produk pembersih berpewangi atau mengandung antiseptik juga bisa menjadi penyebab keputihan tidak normal. Begitu pula akibatnya jika suka menggunakn pantyliners setiap hari, memakai pakaian luar atau dalam yang ketat dan menggunakan produk mandi beraroma.

Jika Anda mengalami keputihan tidak normal, ada baiknya Anda bertanya dan konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Nantinya dokter akan mendeteksi riwayat kesehatan vagina Anda. Cara menyembuhkan keputihan tidak normal pada dasarnya dilakukan tergantung pada akar permasalahannya.

Jika Anda tidak ingin mengalami masalah tersebut, sebaiknya Anda harus cermat dan teliti dalam menjaga kesehatan organ reproduksi. Berikut beberapa cara mencegah infeksi penyebab keputihan tidak normal  yang bisa Anda lakukan diantaranya:

  • Jangan menggunakan produk douching (pembersih vagina) yang dapat menganggu keseimbangan bakteri di vagina Anda dan membuang bakteri baik yang seharusnya ada didalam vagina untuk melawan infeksi.
  • Gunakan celana dalam yang berbahan katun, karena dapat menyerap keringat dan tidak membuat area kewanitaan menjadi lembap.
  • Hindari berendam di bak air panas atau sangat panas
  • Perhatikan pakaian Anda, hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat, seperti celana jeans, celana ketat, celana yoga , rok dan lainnya.
  • Selalu membersihkan area vagian dari depan ke belakang, untuk menghindari bakteri berpindah dari anus ke vagina.

Demikian informasi ciri keputihan tidak normal dan cara pencegahannya. Segera lakukan pemerikaan untuk mendapatkan penganganan yang tepat dan cepat jika Anda mengalami gejala yang tidak normal. Semoga bermanfaat!

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *