Komplikasi Flu Tulang

Penyakit flu tulang bagi sebagian masyarakat awam mungkin akan terdengar begitu asing, padahal kondisi ini tergolong serius dan berbahaya. Resiko munculnya komplikasi flu tulang pun akan semakin besar dan mengerikan jika terus dibiarkan tanpa adanya pengobatan.

komplikasi-flu-tulang

Flu tulang atau chikungunya disebabkan oleh giitan nyamuk yang membawa virus parvovirus B19. Nyamuk yang menjadi media penginfeksian penyakit ini adalah nyamuk jenis Aedes albopictus dan Aedes aegypti. Gigitan umumnya terjadi di siang hari, dan puncaknya terjadi di pagi ataupun sore hari.

Penyakit flu tulang (chikungunya) ini bisa terjadi dan menimpa pada siapa serta tidak memandang usia, itu artinya dari mulai anak-anak hingga dewasa berpeluang mengalami kondisi yang satu ini.Meskipun memang gejala utamanya terjadi pada tulang dan perendian namun bukan berarrti tidak berbahaya, justru penyakit ini lebih berbahaya jika dibandingkan dengan penyakit persendian lainnya.

Gejala yang muncul biasanya terjadi dalam waktu 2-4 minggu setelah menderita flu biasa. Berikut beberapa gejalanya yaitu:

  • Demam tinggi dan menggigil
  • Sendi terasa kaku, terkadang memerah hingga membengkak
  • Batuk, pilek, sakit kepala seperti gejala flu pada umumnya
  • Nyeri otot
  • Rasa mual dan muntah
  • Badan terasa kelelahan
  • Munculnya ruam pada kulit
  • Terkadang juga disertai diare

Komplikasi Flu Tulang Jika Terus Dibiarkan

Flu tulang yang kronis akan mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit lain sebagai akibat dari komplikasi. Komplikasi tersebut diantaranya :

  1. Uveitis – pembengkakan lapisan di mata antara retina bagian dalam dan lapisan fibrosa luar yang tersusu dari sklera dan kornea.
  2. Retinitis – radang retina
  3. Miokarditis – radang otot jantung
  4. Hepatitis – radang hati
  5. Nefritis – Radang Ginjal
  6. Meningoencephalitis – pembengkakan selaput otak dan jaringan selebral yang berdampingan

Memang komplikasi dari penyakit flu tulang ini tidak akan mengakibatkan penderita sampai meninggal dunia. Akan tetapi, penyakit ini bisa mengakibatkan penderita mengalami kelumpuhan total. Hal itu terjadi karena penderita tidak mau berusaha atau tidak memaksakan diri untuk bergerak dikarenakan rasa nyeri yang sangat hebat dan ngilu yang mereka alami atau rasakan.

Cara menyembuhkan flu tulang sendiri dilakukan tergantung dari tingkat keparahan infeksi dan keadaan pasien. Dokter juga biasanya akan memberikan saran untuk beristirahat cukup dan minum banyak air mineral agar terhindar dari dehidrasi. Setelah pulih maka Anda bisa mencoba bergeraj lebih banyak mulai dari gerakan untuk sendi kaki, tangan dan bagian punggung. Jika tubuh tidak bisa bergerak maka sangat diperlukan latihan fisioterapi.

Tips Mencegah Flu Tulang

  1. Membersihkan lingkungan tempat tinggal secara rutin agar tidak ada nyamuk penyebab flu tulang yang berkembang.
  2. Melindungi rumah dengan obat nyamuk yang berbentuk krim atau obat nyamuk semprot.
  3. Membuang semua benda yang tidak terpakai dirumah terutama benda yang bisa menjadi tempat genangan air yang bisa menjadi sarang nyamuk.
  4. Selalu menjaga agar rumah tidak disukai oleh nyamuk seperti rumah yang bersih, tidak banyak memiliki benda-benda yang digantung pada dinding dan berbagai perlengkapan yang sering disukai oleh nyamuk.
  5. Biasakan tidur dengan jendela rumah atau kamar yang tertutup untuk menghindari agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah pada malam hari.
  6. Gunakan pakaian berlengan panjang terutama yang berwarna cerah karena nyamuk tidak suka dengan pakaian terang dan lebih banyak suka dengan pakaian berwarna gelap seperti coklat dan hitam.
  7. Kosongkan semua jenis tempat penyimpanan air di dalam rumah. Lebih baik jika Anda segera mengosongkan untuk menghindari agar nyamuk tidak masuk ke genangan air tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *