Cara Mengolah Tomat Untuk Radang Prostat

Buah tomat merupakan makanan sehat yang wajib dikonsumsi kaum pria. Pasalnya tomat ini memiliki khasiat luar biasa untuk radang prostat. Namun cara mengolah tomat untuk radang prostat haruslah tepat, agar kandungan didalamnya tidak berkurang atau hilang.

cara-mengolah-tomat-untuk-radang-prostat

Hampir semua orang yang menderita penyakit prostat telah mengetahui bahwa tomat adalah buah yang baik untuk atasi radang prostat. Tomat adalah buah yang kaya akan lycopene, antioksidan dan berbagai macam nutrisi lain yang sangat menguntungkan tubuh. Meskipun sebagian besar banyak yang menganggap tomat adalah kelompok sayur namun sebenarnya tomat adalah kelompok buah yang mirip dengan labu.

Tanpa kita sadari, penggunaan tomat dapat memberikan pengaruh yang cukup besar bagi kesehatan. Tomat adalah sumber yang baik dari antioksidan jenis karotenoid. Antioksidan ini memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan bayi dan dewasa.

Perlu diketahui, metabolisme tubuh yang dilakukan oleh manusia ternyata dapat meningkatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh kita. Hasilnya tubuh akan mengalami sejumlah kerusakan pada sel dan DNA. Namun antioksidan yang terkandung dalam tomat dapat mencegah mereka masuk kedalam tubuh dan membuangnya sejauh mungkin. Hal ini juga berlaku terhadap perlawanan untuk membunuh bakteri penyebab radang prostat.

Masalah kelenjar prostat menjadi hal yang umum saat ini. Umumnya masalah kesehatan ini terjadi karena peradangan pada kelenjar prostat yang disebabkan oleh infeksi, penularan bakteri, hingga pembesaran prostat. Tak jarang masalah kelenjar prostat berakhir dengan kanker prostat. Tentu saja hal tersebut sangat membahayakan bagi pria.

Bukan hanya mitos belaka ternyata ada banyak penelitian ilmiah yang menunjukan bahwa lycopene dalam buah tomat dapat mencegah perkembangan kanker prostat, paru-paru dan perut. Tim peneliti juga menemukan bahwa lycopene dapat merusak sel-sel kanker prostat dan menyebabkan mereka untuk tumbuh menjadi lebih lambat.

Cara Mengolah Tomat Untuk Radang Prostat

Cara mengolahnya tidaklah sulit. Tomat sendiri bisa langsung dimakan setelah dicuci bersih. Tomat yang digunakan sebaiknya tomat segar yang terbebas dari obat-obatan. Selain dimakan segar, tomat dapat dimasak seperti dibuat sambal, direbus, dipanggang atau dibuat jus tomat.

Tomat rebus sangatlah mudah dibuat. Cara mengolahnya yaitu dengan menyiapkan panci yang sudah diisi dengan air untuk direbus. Setelah itu nyalakan kompor dan masukan beberapa tomat kedalam panci. Tunggu sampai tomat menjadi lebih lunak atau setengah bubur. Tambahkan minyak sehat seperti zaitun dan kanola secukupnya, dan tomat rebus siap dinikmati.

Cara pengolahan yang terakhir yaitu dengan dibuat jus. Pertama siapkan 3-4 buah tomat segar. Potong-potong agar lebih mudah dihancurkan, lalu blender sampai halus dengan tambahan sedikit air. Namun sebelum diminum secara rutin ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter.

Selain itu, ada pula beberapa jenis jus lainnya yang disarankan untuk mengatasi masalah prostat, yaitu :

  • Veggie Blueberry – 1 buah apel, 1 cup blueberry, 1 brokoli, 6 wortel, 1 tomat. Haluskan semua bahan menggunakan blender, bisa menghilangkan 1 bahan seperti brokoli.
  • Liquid Pizza – basil kering, ½ kepala cauliflower, 1 ketimun, 1 bawang daun, 2 tomat cherry. Haluskan semua bahan menggunakan blender, rasa dari jus ini menyerupai pizza dan sebagian besar menyukai disajikan hangat.
  • Summer Melon – 1 buah tomat ukuran sedang dan 1 potong semangka (kira-kira 1/8 semangka utuh). Haluskan tomat dan semangka menggunakan blender lalu sajikan.
  • Pink Panther – 1 buah apel medium, 1 buah jeruk, 1 cup strawberry, 1 cup potongan semangka. Haluskan semua bahan yang disiapkan menggunakan blender kemudian sajikan.
  • Green Breakfast – 2 buah apel hijau, 1 paprika hijau, 3 wortel, 1 ketimun, 15 anggur, 2 cup bayam, 1 tomat. Haluskan semua bahan menggunakan blender lalu siap disajikan.

Itulah beberapa informasi jus buah yang bisa Anda konsumsi dengan cara pengolahannya. Terapi jus diatas bisa Anda jadikan sebagai referensi cara menyembuhan radang prostat dengan alami dan tentunya sangat lezat. Cara diatas juga bisa Anda jadikan sebagai tindakan pencegahan agar terhindar dari penyakit radang prostat. Namun tindakan pencegahan juga harus diimbangi dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *